UNSEEN, KAMPANYE DIGITAL TERKAIT KONSUMSI MINYAK SAWIT
“Ada es krim dari minyak sawit yang lestari?”
“Lestari… apa?”
Itu sepotong percakapan antara Jack Crawford dengan penjaga toko dalam cuplikan “UNSEEN” yang diluncurkan secara serentak tanggal 13 Januari 2014 lalu oleh jaringan WWF Global.
Video “UNSEEN” dibuat dalam bentuk trailer sepanjang 2:40 menit. Diproduksi oleh Palm Oil Team WWF Internasional untuk mempromosikan penggunaan minyak sawit bersertifikat lestari yang terkandung di dalam produk yang dikonsumsi sehari-hari. Dalam video tersebut diceritakan Jack melakukan berbagai upaya untuk menemukan produk minyak sawit yang tidak berdampak negatif pada lingkungan. Namun proses itu tidak mudah. Seperti si penjaga toko, masih banyak orang yang tidak tahu apa itu sawit lestari walaupun minyak sawit terkandung di sekitar 50% produk yang kita gunakan sehari-hari.
Video ini merupakan strategi lanjutan dari Laporan Palm Oil Buyers Score Card 2013 dengan tujuan mengajak masyarakat/konsumen produk berbahan dasar minyak sawit untuk secara aktif meminta perusahaan besar di dunia untuk meningkatkkan penyerapan sawit lestari serta memenuhi komitmen mereka untuk menggunakan 100% minyak sawit lestari (CSPO/Certified Sustainable Palm Oil) pada 2015.
Saat ini Industri sawit Indonesia telah berkontribusi sebesar 48% dari total kelapa sawit bersertifikat lestari (Certified Sustainable Palm Oil/CSPO) dan menjadi negara dengan keanggotaan terbesar di RSPO (Roundtable of Sustainable Palm Oil). Hanya saja kinerja baik ini belum memperoleh respon yang setimpal dari pasar, dimana hanya 52% dari pasokan minyak sawit lestari di dunia diserap oleh perusahaan dan produsen produk sawit.
Dalam konteks Indonesia, berdasarkan hasil survey AC Nielsen yang diadakan bulan Juni 2013 lalu diperoleh gambaran bahwa konsumen Indonesia masih memiliki kesadaran/pemahaman yang rendah mengenai produk ramah lingkungan serta proses sertifikasi. Oleh karena itu di Indonesia kampanye yang dilakukan bertujuan memberikan penyadartahuan (awereness campaign) mengenai produk apa saja yang mengandung minyak sawit dan dampak negatif apa yang bisa ditimbulkan oleh perkebunan dan proses produksi minyak sawit yang tidak lestari.
Melalui peluncuran video Unseen dan situs mikro-nya, WWF-Indonesia ingin meningkatkan kesadaran publik mengenai sisi positif dan negatif industri minyak sawit serta mengajak mereka untuk berperan aktif dalam mendorong perusahaan untuk menyerap CSPO yang tersedia di pasar global. Diharapkan melalui kampanye UNSEEN, permintaan konsumsi dan penawaran pasokan CSPO di pasar Indonesia secara bertahap akan terbentuk.