KOLABORASI HIJAU CENTRO DEPARTMENT STORE DAN WWF-INDONESIA DIMULAI
Oleh: Masayu Yulien Vinanda
Jakarta (05/08)-Mengingat besarnya dampak penggunaan kantong plastik terhadap emisi gas rumah kaca, CENTRO Department Store, awal Agustus ini mengubah kantong belanja plastiknya menjadi biodegradable bag. Mereka juga menggandeng WWF-Indonesia sebagai mitra dalam program ""Green Corner"".
Dalam konferensi pers yang digelar di CENTRO Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (05/08), General Manager Corporate PR, Event, and Fashion Trend CENTRO, Andrei Aksana, mengemukakan alasan pihaknya beralih ke biodegradable bag.
Menurut Andre, biodegradable bag yang digunakan hanya membutuhkan waktu 2 tahun untuk terurai, sementara tas plastik biasa waktu penguraiannya mencapai 100 hingga ribuan tahun. “Ada dua jenis bioredegradable. Pertama ada oxobiodegradable, dan kemudian ada juga hydro-biodegradable. Nah, oxo-biodegradable ini adalah yang paling aman untuk lingkungan karena dia mempunyai sifat yang mudah dicerna oleh mikroorganisme,” ungkap Andre.
WWF-Indonesia menyambut baik inisiatif CENTRO memasyarakatkan tas plastik ramah lingkungan tersebut. Direktur Program Iklim dan Energi WWF-Indonesia, Fitrian Ardiansyah, menyatakan terobosan itu bisa menjadi teladan bagi industri-industri lainnya. Selain itu dalam jangka panjangnya, transformasi plastik menjadi biodegradable juga merupakan investasi yang sangat penting bagi keberlanjutan alam.
Lebih jauh diungkapkan Fitrian, program biodegradable bag juga diharapkan mampu mengubah perilaku masyarakat urban, khusunya konsumen Ibukota untuk berperilaku hijau:“ Saya harap, apa yang dilakukan CENTRO ini juga bisa diikuti oleh seluruh mitranya. Saya pikir mal- mal yang lain, ada atau tidak ada Centro juga bisa melalukan hal serupa.”
Dua Supporter Kehormatan WWF-Indonesia yang juga hadir dalam acara tersebut, Nadine Chandrawinata dan Davina Hariadi, mendukung pendapat Firian. Menurut mereka aksi menolak tas plastik yang selama ini mereka lakukan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya mengatasi dampak perubahan iklim dan lingkungan.
Tidak hanya sosialisasi biodegradable bag, gerakan peduli lingkungan juga direalisasikan dengan peluncuran CENTRO Go Green Activity bersama WWF-Indonesia berupa gerai khusus yang menjual t-shirt dan tote bag edisi khusus. Semua konsumen Centro yang membeli produk di green corner tersebut, akan diajak untuk berdonasi ke WWF-Indonesia. Dalam program itu, sebesar 20 persen dari setiap pembelian akan disumbangkan kepada WWF-Indonesia untuk mendukung upaya konservasi.