WWF PANDA MOBILE DILUNCURKAN, ANGKAT TEMA PELESTARIAN HARIMAU SUMATERA
Oleh: Masayu Yulien Vinanda
Jakarta (31/01)-Bertepatan dengan acara Supporter Gathering”Do Better for Earth” pada hari Minggu, 31 Januari 2010, WWF-Indonesia meluncurkan kendaraan edukasi ”WWF Panda Mobile” di Plaza Semanggi, Jakarta. Isu pelestarian harimau menjadi tema perdana yang diusung ”WWF Panda Mobile” tersebut mengingat pada 14 Februari mendatang kampanye Year of Tiger (YOT) akan dimulai secara serentak secara global.
Truk enam roda ini merupakan donasi PT Hino Motors Sales Indonesia dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia. Hadir pada acara tersebut, Direktur Hino Motor Sales Indonesia (HSMI) Satoshi Suzuki beserta Direktur PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) Jayashree Ralhan yang menyerahkan secara simbolik truk Hino Dutro tersebut kepada Ketua Dewan Pengurus WWF-Indonesia Kemal Stamboel.
Dalam pidato singkatnya, Ralhan mengatakan, ”Isu lingkungan memang mendapat perhatian khusus bagi program Corporate Social Responsibility (CSR) Hino Indonesia. Pada dasarnya kebijakan kami adalah memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia di bidang pendidikan, kesehatan, maupun lingkungan hidup, khususnya mereka yang kurang beruntung. Melalui donasi ini, Hino berharap akan mampu meningkatkan pendidikan bagi anak-anak maupun publik mengenai konservasi lingkungan.”
Kemal menyambut baik donasi Hino berupa truk multiguna tersebut. Diharapkannya, wujud komitmen Hino terhadap upaya penyelamatan lingkungan dapat memberikan inspirasi bagi korporasi lainnya karena dukungan dari seluruh pihak baik individu, pemerintah, maupun korporasi merupakan suntikan energi yang sangat besar bagi upaya konservasi yang dilakukan WWF.
Dalam rangka menyelaraskan mobil tersebut dengan tema kampanye WWF-Indonesia, , WWF Panda Mobile dihias sedemikian rupa dengan stiker besar bergambar harimau dan pesan kampanye yang bertuliskan ”Saking cepatnya populasi harimau berkurang, suatu saat truk ini mampu mengangkut semuanya...Lindungi Harimau Sumatera dan habitatnya.” Kampanye jaringan global WWF selama enam bulan mendatang memang akan difokuskan pada konservasi harimau.
”Truk ini akan kami gunakan untuk aktivitas kampanye maupun edukasi yaitu dengan membuat mobile library, dan juga untuk kepentingan penggalangan dana. Pada intinya WWF ingin memanfaatkan Panda Mobile ini untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan publik mengenai isu lingkungan,” jelas Direktur Marketing dan Komunikasi WWF-Indonesia Devy Suradji.
Untuk mendukung fungsi edukasinya sebagai perpustakaan keliling, WWF Panda Mobile memuat 150 judul buku lingkungan dan fasilitas multimedia seperti televisi dan DVD player. Bagian belakang WWF Panda Mobile juga dapat dibuka sehingga bisa disulap menjadi panggung kecil lengkap dengan layar LCD projector yang dapat digunakan sebagai teater mini dan panggung untuk menampilkan film dan pagelaran bertema lingkungan.