MERAJUT KEBERSAMAAN PEREMPUAN DEMI MASA DEPAN
Di tengah tantangan global saat ini, perempuan menjadi salah satu kelompok rentan yang akan terdampak banyak hal. Melansir dari Kompas, perubahan iklim berdampak signifikan bagi perempuan di Indonesia terutama yang tinggal di daerah rawan bencana dan lingkungan rentan.
Berbagai dampak perubahan iklim memengaruhi perempuan mulai dari krisis pangan, kesehatan dan sanitasi air bersih, hingga migrasi dan konflik, sosial ekonomi, serta kerentanan terhadap kekerasan berbasis jender.
Untuk itu perlu adanya penguatan kepada perempuan guna mempercepat adaptasi dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, dan di satu sisi juga untuk memperjuangkan kesetaraan jender sehingga perempuan dapat lebih berkembang.
Perempuan di tanah Papua dengan segala peluang dan tantangannya, adalah subjek utama dalam pembangunan bangsa dan pilar penting dalam keberlanjutan masa depan. Mereka tidak tampil di depan, tetapi berperan sebagai penentu kehidupan generasi ke generasi. Konstruksi budaya belum menempatkan perempuan dalam ruang-ruang karya namun perempuan adalah sutradara dari setiap makna cerita. Ketika perempuan diam bukan berarti mereka baik-baik saja namun mereka sedang bergumul agar mereka kuat menopang yang lain.
Pada momen yang luar biasa di tanggal 7 Maret 2024 lalu, WWF-Indonesia dan Papua Courses berkolaborasi bersama Agatha Beauty Store, I.kal, Amaterasun, Avoskin, Hint, Somethinc dan Perspirex menyelenggarakan kelas kepribadian yang mengusung 3 (tiga) pilar menata diri, diantara nya: kecantikan berbusana, kecantikan rambut, dan kecantikan “make up” kepada 50 perempuan yang berhasil terpilih dari lebih 108 perempuan yang mendaftar.
Kesempatan berbagi pembelajaran memberikan ruang dan kesempatan para perempuan untuk mendapatkan informasi, tips, pengetahuan dan keterampilan dalam mengasah kemampuan untuk menjadi cantik. Pemahaman tentang “cantik” bukan saja sesuatu yang dilihat dari luar saja atau secara penampilan fisik namun cantik yang dimaksud yaitu cantik dari dalam yaitu kepercayaan diri, integritas dan bermatabat.
Para sponsor dalam kegiatan kelas kepribadian ini memiliki motivasi dan tujuan yang mulia yang diungkapkan secara nyata pada event ini melalui dukungan pada penyelenggaraan kegiatan, selain materi pembelajaran juga dibagikan lebih dari 50 goody bag paket produk komestik rambut, badan, dan wajah untuk masing-masing peserta perempuan.
Dalam kesempatan diskusi bersama Somethinc, Hint, dan Amaterasun disampaikan bahwa PT.ROYAL PESONA INDONESIA (Somethinc, Hint dan Amatersun) sangat mendukung untuk kemajuan perempuan di Papua terutama tentang menata diri. Dan juga selain itu PT.ROYAL PESONA INDONESIA (Somethinc, Hint dan Amatersun) dengan mendukung acara ini bisa lebih mengenalkan produk kita tentang brand Somethinc untuk Skincare dan Decorative, Brand Amataersun untuk tabir suryanya dan Brand Hint untuk Parfume-nya. Serta, berharap untuk perempuan Papua lebih berkembang dari segi pendidikan dan terutama tentang menata diri sesuai dari tema acara ini.
Sedangkan pihak Perspirex menyadari bahwa masyarakat di Papua, khususnya perempuan dalam konteks ini masih membutuhkan dukungan, tidak hanya secara finansial, melainkan juga secara personal. Oleh karena itu, kami hadir untuk berpartisipasi dalam inisiatif ini yang sejalan dengan misi kami, yakni agar perempuan di Papua menjadi lebih percaya diri dan mewakili keberagaman Indonesia. Harapan Perpirex adalah agar masyarakat di Papua, terutama perempuan dalam konteks ini, dapat menjadi lebih baik dalam segala hal, termasuk dalam menata diri sendiri. Karena hal ini dianggap sebagai awal dari perkembangan individu dan juga Papua secara keseluruhan.
i.kal & Agatha Beauty Store menekankan beberapa kali dalam kesempatan ini, dukungan Ikal sesuai dengan motto, yaitu Curly & Proud berusaha untuk membantu perempuan papua untuk bangga dengan diri mereka terutama, rambut mereka lalu bereksplorasi dengan semua keunikan dan keistimewaan yang mereka miliki sehingga mereka semakin berkembang menjadi wanita-wanita yang mempunyai kepercayaan diri yang kuat dan dapat memberikan pengaruh yg baik untuk perempuan papua generasi selanjutnya. i.kal berharap ke depannya Perempuan Papua semakin maju, percaya diri dan bisa eksis di semua bidang yg mereka sukai, mempunyai self worthy dan bisa dikenal di Indonesia dan dunia.
Lalu, Avoskin memperkuat motivasi nya untuk menjadi selaras dengan komitmen Avoskin yang concern pada women empowerment. Harapannya para perempuan papua mendapatkan insight baru melalui kelas ini sehingga bisa lebih percaya diri untuk embrace diri sendiri karena setiap perempuan punya keunikan dan cantiknya masing-masing dan mengenal lebih dekat Avoskin.
WWF-Indonesia mengapresiasi para sponsor dengan menguatkan narasi tentang produk komestik yang ramah lingkungan, natural dengan bahan-bahan alami, dan tidak menggunakan banyak pengawet seperti produk i.kal. Semoga kerjasama ini dapat berlanjut dengan kerja-kerja nyata bersama perempuan untuk kebaikan dan kemajuan diri dan semesta.