RSPO MENDUKUNG KAMPANYE #BELIYANGBAIK
Jakarta (10/06) – RSPO mendukung kampanye #BeliYangBaik untuk mendorong kehadiran produk-produk berbasis minyak sawit berkelanjutan di pasar Indonesia. Kampanye ini mengajak publik untuk lebih bijak dalam memainkan perannya sebagai konsumen dengan mengkonsumsi produk ramah lingkungan dan melakukan perubahan gaya hidup.
Minyak sawit merupakan komoditas penting dan sangat populer digunakan dalam banyak produk-produk konsumen, antara lain minyak goreng, margarin, cokelat, es krim, sabun, kosmetik, serta bahan bakar kendaraan dan pembangkit listrik. Namun, produksi minyak sawit seringkali dikaitkan dengan isu lingkungan dan konflik sosial terkait dengan pembukaan lahan untuk budidaya kelapa sawit.
Melalui langkah-langkah edukasi dan promosi terhadap praktek-praktek berkelanjutan, semakin banyak pemain di industri kelapa sawit telah berkomitmen untuk mengadopsi praktek-praktek yang lebih berkelanjutan yang memperhatikan aspek lingkungan, sosial, ekonomi dan legalitas dalam praktek produksinya. Di RSPO praktek-praktek tersebut terakumulasi dalam Prinsip dan Kriteria yang wajib dijalankan oleh perusahaan perkebunan anggota RSPO.
RSPO mendukung aksi #BeliYangBaik, khususnya untuk mendorong kehadiran dan konsumsi produk-produk ramah lingkungan berbasis minyak sawit berkelanjutan di pasar Indonesia, yang juga merupakan konsumen terbesar minyak sawit di dunia. Desi Kusumadewi, Direktur RSPO Indonesia mengatakan “Selain sebagai produsen minyak kelapa sawit berkelanjutan terbesar di dunia, Indonesia juga dapat mengambil peran untuk mengkonsumsi produk-produk ramah lingkungan dan berbasis minyak sawit berkelanjutan.”
“Inisiatif #BeliYangBaik akan memungkinkan konsumen berkontribusi terhadap perekonomian, kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial yang lebih baik bagi Indonesia sebagai dampak manfaat dari praktek-praktek berkelanjutan di perkebunan, serta dapat mendorong lebih banyak produsen untuk menyediakan produk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Hal ini diharapkan dapat membantu pencapaian transformasi pasar agar minyak sawit berkelanjutan menjadi norma,” Desi menambahkan.
Putra Agung, Sustainable Palm Oil Manager WWF-Indonesia, menjelaskan alasan kampanye #BeliYangBaik ini diluncurkan adalah untuk mendorong apresiasi publik pada produk-produk yang ramah lingkungan. “#BeliYangBaik sejalan dengan pesan global World Enviroment Day tahun ini, yaitu 7 Billion Dreams, One Planet, Consume with Care. Bumi kita hanya satu, kita tidak punya sumber daya lain, sementara jumlah penduduk dunia terus bertambah. Jadi kita harus lebih hati-hati dalam memilih produk yang mau kita beli.”