MULAILAH DARI DIRI SENDIRI
Oleh: Dewi Satriani
‘Mulailah Dari Diri Sendiri,’ ajak Nugie lewat lagunya. Penyanyi dan musisi senior yang dikenal sangat peduli pada lingkungan ini, mengajak masyarakat untuk ikut peduli dan membantu lingkungan dimulai dari diri kita sendiri. Ajakan ini menjadi judul lagu terbarunya yang diluncurkan hari Sabtu, 8 Agustus 2015 dalam rangka kampanye #BeliYangBaik bersama WWF-Indonesia di Bintaro Xchange Mall Tangerang Selatan.
“Saya sudah 6 tahun lebih kemana-mana naik sepeda,” ujar Nugie. Selain sehat, menurutnya bersepeda itu lebih hemat. “Hemat waktu, karena lebih cepat dan tidak terkendala macet. Hemat biaya, karena saya tidak perlu beli BBM. Yang pasti emisi karbon saya berkurang banyak,” tambahnya.
Bukan hanya sepeda, Nugie juga selalu membawa botol minum sendiri dan menolak kantung plastik setiap belanja. Ia menghitung dengan cermat berapa sampah yang dihasilkan dirinya sendiri setiap hari. “Sebisa mungkin saya tidak menghasilkan sampah dari kemasan produk-produk sekali pakai. Memang belum bisa menghindari limbah sama sekali, tapi setidaknya sudah berkurang hampir 70%,” jelasnya.
Nugie sangat mendukung kampanye #BeliYangBaik, yaitu kampanye untuk mengajak masyarakat mengubah pola konsumsi dan perilaku belanja menjadi lebih bertanggung jawab dan bergaya hidup ramah lingkungan. “Cobalah untuk naik sepeda, membawa sendiri tas belanja. Dan jadilah Green Consumer, membeli yang baik yang berlabel ramah lingkungan! Itu sebagian lirik lagu saya. Saya mengajak semua orang untuk jadi konsumen yang peduli, mulai dari diri sendiri!” tambah Nugie.
Video klip dan lagu ‘Mulailah Dari Diri Sendiri’ merupakan kerja sama Nugie dan WWF, yang didukung oleh selebriti Indonesia, antara lain Davina Hariadi, Nadine Chandrawinata, Jamaica Cafe, Bastian Bintang, The Dance Company, Sophia Latjuba, dan lain-lain. Videonya dapat dilihat di kanal Youtube.
Kampanye #BeliYangBaik juga didukung oleh mitra-mitra perusahaan yaitu produsen produk-produk berlabel ramah lingkungan, antara lain Forest Stewardship Council, Roundtable Sustainable Palm Oil, Mother’s Choice, Tissue Tessa, Lock&Lock, Toyota, Faber Castell dan Tetra Pak.