#DOUBLETIGERS MEMENANGKAN CAMPAIGN OF THE YEAR 2017
Oleh: Natalia Trita Agnika
“Dalam merencanakan campaign, kita membutuhkan kerja sama tim (teamwork) dari berbagai pihak. Lalu ada engagement, proses mengajak bersama-sama, bekerja bersama-sama sehingga semua orang mempunyai rasa ingin memiliki campaign yang kita buat. Yang ketiga adalah learn. Keep on learning. Selalu belajar karena segala sesuatu terus berubah. Ketiganya disingkat menjadi TEL (Teamwork-Engagement-Learning),” jelas Sunarto, Ekolog Satwa dan Lanskap WWF-Indonesia, ketika ditanya bagaimana cara membuat sebuah kampanye berhasil dalam talkshow “How to Organize Better Campaigns #ForChange” yang diselenggarakan oleh campaign.com pada Selasa (04/04) di @America, Pasific Place, Jakarta.
Dalam kesempatan tersebut, WWF-Indonesia juga menerima penghargaan dari campaign.com sebagai pemenang Campaign of The Year 2017 untuk Kampanye #DoubleTigers. Kampanye ini mulai diluncurkan pada tanggal 29 Juli 2016 bersamaan dengan peringatan Global Tiger Day. Publik diajak untuk mendukung konservasi harimau dengan tagar #DoubleTigers baik dalam bentuk foto atau kalimat yang menginspirasi. “Kampanye #DoubleTigers diawali dari kekhawatiran akan punahnya harimau. WWF sudah melakukan survei harimau sejak tahun 1970-an. Angka populasinya terus menurun, habitatnya berkurang. Kami di lapangan sudah bekerja untuk konservasi harimau sejak lama. Namun kami merasa bahwa apa yang kami lakukan tidak cukup bila kami bekerja sendiri. Kita perlu engage lebih banyak orang, support dari publik, kebijakan dari pemerintah,” terang Sunarto tentang latar belakang Kampanye #DoubleTigers.
Kampanye tersebut melibatkan 30 public figure dan menggandeng berbagai mitra strategis dengan melakukan aktivasi secara offline dan online. Gaung kampanye #DoubleTigers juga masih berlangsung hingga saat ini melalui aktivitas goes to school , Run For Tiger, dan aktivasi lainnya yang mendukung kampanye #DoubleTigers.
Talkshow yang dihadiri oleh para changemaker tersebut ditutup dengan peluncuran aplikasi campaign.com oleh William Gondokusumo, CEO campaign.com. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di App Store dan Play Store ini menjadi sarana bagi organisasi maupun individu yang ingin membuat kampanye demi perubahan yang lebih baik. Salah satu kampanye WWF-Indonesia yang baru saja diluncurkan dan dapat diikuti perkembangannya melalui aplikasi ini adalah Kampanye #30ClapsChallenge.
Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung kampanye #DoubleTigers. Amplifikasi dari kampanye ini telah membuahkan hal-hal positif, diantaranya menjadi salah satu langkah proses menuju perubahan yang lebih baik terkait konservasi harimau, meningkatnya kesadaran publik tentang kelestarian harimau, serta mendapatkan support dari publik untuk menyuarakan ke pemerintah terkait pendanaan yang lebih besar dan peningkatan status kawasan.