PERAYAAN HARI BUMI BERSAMA PANDA MOBILE
Oleh: Pratama Aditya Haryanto (Koordinator Panda Mobile)
Hari Bumi merupakan momentum bagi setiap orang untuk bersama-sama memulai meningkatkan kepedulian untuk lingkungan. Pada perayaan Hari Bumi tahun ini, Panda Mobile kembali mengunjungi salah satu sekolah yang hampir setiap tahunnya melibatkan Panda Mobile WWF-Indonesia dalam merayakan Hari Bumi, yaitu SD Al-Fath Cirendeu. Kunjungan yang berlangsung pada Kamis (06/04) silam itu mengusung tema “Save the Earth”.
Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan kali ini adalah storytelling, menonton film, games, dan kegiatan daur ulang. Para peserta yang terdiri dari murid kelas 3 SD berkumpul di aula sekolah untuk berkenalan dengan para volunteer dari Panda Mobile. Selanjutnya, mereka mendapatkan penjelasan mengenai sejarah WWF, upaya konservasi yang ada di Indonesia, dan tentang enam satwa payung.
Usai mendapat penjelasan, Kak Ryan mendongeng cerita berjudul “Pohon yang Sebatang Kara dan Teman-Teman Satwa”. Dongeng tersebut mampu menarik minat para peserta untuk membayangkan tentang kondisi hutan yang perlu dijaga kelestariannya. Masih dalam suasana penuh keceriaan, para siswa diajak melakukan permainan “Pemburu dan Harimau” serta “Chiki Chaka”. Mereka juga menonton film “Quartet at the Crossroads”, “Plastic Planet”, dan “Renewable Energy”.
Dari semua kegiatan tersebut, ada satu kegiatan yang menjadi sorotan para guru, yaitu mendaur ulang kaus bekas menjadi tas belanja. Kegiatan tersebut adalah bentuk dari Gerakan #SejutaAksi yang dinisiasi oleh Komunitas Earth Hour Indonesia dalam rangka mengurangi penggunaan kantong plastik. Para guru yang juga terlibat dalam kegiatan itu merasa bahwa murid-murid yang dilibatkan dalam aksi tersebut sangat antusias karena mereka bisa berkontribusi secara langsung terhadap lingkungan melalui sebuah aksi yang bahkan bisa mereka lakukan di rumah dengan orangtua. Hasil dari kegiatan tersebut akan diserahkan kepada Komunitas Earth Hour yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat luas.