CONSUMER INFORMATION WORKSHOP: LOKAKARYA MULTIPIHAK RUMUSKAN KOMUNIKASI STRATEGIS ‘BELI YANG BAIK’
Oleh: Margareth Meutia
Dalam rangka penyempurnaan strategi kampanye konsumen ‘Beli Yang Baik’ di bawah pelaksanaan proyek ‘Sustainable Consumption and Production – Thailand, Indonesia, Philippine’ (SCP-TIP), WWF-Indonesia menggandeng konsultan komunikasi strategis, Catalyze Communications untuk menganalisa efektifitas kampanye Beli Yang Baik sekaligus merumuskan materi komunikasi yang secara efektif mampu membangun pemahaman konsumen yang benar mengenai praktik produksi dan konsumsi berkelanjutan. Sebagai bagian dari proses perumusan tersebut dilaksanakan kegiatan Consumer Information Workshop yang mengundang keterlibatan influencers, perusahaan, komunitas dan lembaga non pemerintah.
Kegiatan lokakarya sehari yang berlangsung pada pada tanggal 12 Desember 2017 di restoran Kembang Goela Jakarta ini bertujuan menghasilkan rumusan gagasan bentuk materi informasi yang efektif untuk mengkomunikasikan perihal konsumsi dan produksi berkelanjutan kepada konsumen. Lokakarya dilakukan dengan metode diskusi kelompok yang dibagi berdasarkan kategori produk yang berbeda-beda, yaitu makanan segar, makanan kemasan, produk elektronik, perabot kayu (mebel), produk perawatan pribadi dan produk sanitasi. Proses diskusi berlangsung dengan pengawalan sejumlah fasilitator yang mendampingi masing-masing kelompok untuk melalui consumer journey, mengidentifikasi kesempatan-kesempatan strategis dalam consumer journey untuk mengedukasi konsumen mengenai konsumsi dan produksi berkelanjutan, hingga merumuskan prototipe materi informasi yang dianggap efektif untuk memberikan pemahaman kepada konsumen mengenai konsumsi dan produksi berkelanjutan.
Setiap kelompok kategori produk menghasilkan gagasan menarik mengenai bentuk-bentuk komunikasi dan penyampaian informasi mengenai produksi dan konsumsi berkelanjutan yang mengikuti karakter asli masing-masing kategori produk. Untuk produk perabot kayu, elektronik dan perawatan pribadi, prototipe komunikasi yang dihasilkan fokus pada perilaku konsumsi berhemat dan mengurangi produksi limbah. Sementara untuk kategori produk makanan segar, makanan kemasan dan produk sanitasi, hasil diskusi kelompok menghasilkan prototipe komunikasi yang berupaya mengajak konsumen mengenali aspek produksi suatu produk yang berdampak pada kesehatan manusia dan keberlanjutan sumber daya alam.
Hingga artikel ini diterbitkan, pihak Catalyze Communication tengah menjalani proses formulasi lebih lanjut untuk menghasilkan rumusan akhir bentuk materi komunikasi yang paling efektif mengenai konsumsi dan produksi berkelanjutan yang merangkum poin-poin utama dari enam prototipe yang dihasilkan. Tunggu hasil akhirnya di Kampanye #BeliYangBaik 2018!