APRESIASI SUPORTER, WWF-INDONESIA GELAR “DO BETTER FOR EARTH”
Sebagai bentuk apresiasi pada supporter-nya, WWF-Indonesia kembali menyelenggarakan Supporter Gathering “Do Better For Earth” di Ecopark Ancol, Minggu, 13 November 2011. Suporter WWF adalah sebutan bagi individu-individu yang mendukung kerja konservasi WWF melalui donasi tetap setiap bulannya. Sampai saat ini, jumlah suporter WWF telah melampaui angka lebih dari 40.000.
Mengikuti kesuksesan dua Supporter Gathering sebelumnya, Do better for Earth 2011 mengangkat tema Hutanmu, Hutanku, Hutan Kita. Selain mengajak suporter mengenal WWF lebih dekat, ajang ini juga ditujukan untuk membangun kesadaran publik secara luas tentang pentingnya upaya konservasi dilakukan di berbagai level.
Tema hutan dipilih sejalan dengan dicanangkannya International Year of Forest 2011 oleh PBB. Selain itu, hutan juga memegang peranan penting dalam siklus ketersediaan oksigen, air, serta sumber daya lainnya bagi manusia. Hutan adalah tempat bagi 80% keanekaragaman hayati sekaligus tempat tinggal bagi 300 juta penduduk dan tumpuan hidup 1,6 miliar orang. Menyelamatkan hutan berarti menyelamatkan udara yang kita hirup, makanan, air dan obat-obatan yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup.
“Masyarakat di kota besar terkadang sulit membayangkan kondisi dan peran hutan yang sesungguhnya karena tidak bersentuhan langsung. Padahal, keberadaan hutan dan lingkungan yang sehat selalu kembali untuk kebaikan manusia, termasuk masyarakat urban. Melalui kegiatan ini, kami berharap semua pihak semakin menyadari pentingnya upaya konservasi dan turut berpartisipasi bagi upaya penyelamatan lingkungan dengan cara masing-masing. Partisipasi masyarakat tidak selalu dalam bentuk donasi, yang lebih penting justru perubahan gaya hidup serta perilaku konsumsi yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Dalam kesempatan ini, kami juga berterima kasih kepada seluruh mitra yang telah mendukung kerja konservasi WWF di Indonesia,” jelas Direktur Pemasaran WWF-Indonesia, Devy Suradji.
Kali ini, ajang tahunan suporter diselenggarakan atas kerjasama WWF dan PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk, selaku pengembang dan pengelola kawasan wisata Ancol Taman Impian yang menyediakan ruang kegiatan pengembangan kawasan rekreasi terbaru Ocean Ecopark.
Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk mengatakan bahwa Ancol mendukung upaya edukasi lingkungan yang diadakan oleh WWF-Indonesia karena hal ini sejalan dengan misi Ancol untuk meningkatkan kesadartahuan publik akan pentingnya pelestarian lingkungan. Ecopark sendiri merupakan upaya Ancol dalam menyediakan sebuah taman kota bagi masyarakat luas di tengah-tengah ibukota DKI Jakarta.
Budi Karya menambahkan bahwa Ocean Ecopark adalah theme park terbaru seluas 33,6 ha yang dipersiapkan menjadi sebuah fasilitas outdoor terlengkap di Asia berbasis green lifestyle sebagai sarana pendidikan lingkungan hidup. Strategi penataan Ocean Ecopark dibagi ke dalam 4 (empat) zona yaitu Eco-Care, Eco-Energy, Eco-Art dan Eco-Nature; yang seluruhnya merupakan representasi dari pengembangan unsur-unsur ekowisata.
Ocean Ecopark juga akan memperkaya lingkungan alam dengan menambah 'paru-paru hijau' di kawasan DKI Jakarta. Dengan pembangunan kanal seluas 20% , maka Ocean Ecopark turut mendukung waterfront management sebagai drainase untuk mengantisipasi air pasang, gelombang laut dan curah hujan yang tinggi.
Di seluruh area Ecopark, terdapat beberapa pos yang diisi oleh mitra-mitra WWF serta simulasi kegiatan staf lapangan WWF. Misalnya, Kedai Daur Ulang Pak Salam dan Kaleng Lani yang memanfaatkan barang bekas menjadi komoditi bernilai seni dan ekonomi, atau booth yang mendemonstrasikan cara kerja kamera jebak, perlengkapan dokumentasi yang digunakan untuk kegiatan survei dan monitoring harimau di wilayah kerja WWF . Di sini, semua pengunjung bisa berpura-pura menjadi harimau liar. Semua kegiatan yang disiapkan oleh WWF bernilai edukasi lingkungan dan mendorong partisipasi publik yang ingin memahami kegiatan konservasi lebih lanjut.
Hari ini, publik juga mendapat kesempatan menjadi Ranger Orangutan yang pertama. Ranger Orangutan adalah paket edukasi lingkungan WWF yang berisi boneka orangutan dan factsheet orangutan. Program donasi ini memberi peluang bagi individu yang ingin ikut ambil bagian dalam upaya konservasi orangutan yang digiatkan WWF. Sebagai salah satu satwa dilindungi, jumlah orangutan di alam kini hanya tersisa 60.000 individu di seluruh dunia. Seluruh hasil yang didapat dari penjualan Ranger Orangutan akan ditujukan bagi upaya konservasi orangutan di sejumlah wilayah kerja WWF.
Acara Do Better For Earth kali ini menjadi langkah awal dari rangkaian perayaan 50 tahun WWF-Indonesia yang akan digenapi pada September 2012 mendatang. Dengan berpartisipasi pada kegiatan Do Better For Earth, peserta telah mendukung program konservasi di salah satu lokasi kerja WWF, yaitu Taman Nasional Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pasalnya, hasil penjualan tiket akan disumbangkan bagi upaya reforestasi Taman Nasional Danau Sentarum. Sebagai puncaknya, WWF-Indonesia juga menyediakan door prize berupa dua paket perjalanan ke kawasan konservasi tersebut bagi dua suporter yang beruntung.
Tentang WWF
WWF adalah salah satu organisasi konservasi independen yang didukung oleh lebih dari 5 juta supporter di seluruh dunia dan memiliki jaringan global yang aktif di lebih dari 100 negara. Misi WWF adalah untuk menghentikan degradasi alam serta membangun masa depan dimana manusia bisa hidup secara harmonis dengan alam melalui upaya konservasi keragaman hayati, mendorong pemanfaatan secara lestari sumberdaya alam terbarukan dan mendukung pengurangan polusi dan konsumsi berlebihan. Kunjungi www.wwf.or.id untuk berita dan informasi terbaru.
Tentang PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk.
PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis rekreasi, resor dan properti; yang merupakan pengelola dan pengembang Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol. Sejak didirikan tahun 1966 sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol, perkembangan perusahaan semakin meningkat sehingga padatahun 1992 statusnya diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol. Dalam penerapan strategi bisnis, Ancol menerapkan Good Corporate Governance untuk akuntabilitas dan transparansi publik serta Ancol Green Company yang menjalankan program Community Development dan pengembangan kawasan Ancol secara terintegrasi. Kunjungi www.ancol.com untuk informasi selengkapnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi
- WWF-Indonesia
Shintya Kurniawan. Media Development Officer. skurniawan@wwf.or.id, HP: 08121188082 - PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk
- Metty Yan Harahap, Kabid Corporate Communication, HP : 0818767595
- Nicke Putri, Kabag. Hubungan Media, HP : 08119690580