BIODEGRADABLE BAG CENTRO LIFESTYLE DEPARTMENT STORE DUKUNG AKSI PERUBAHAN GAYA HIDUP WWF-INDONESIA
Jakarta (05/08): Tahun ini adalah momentum bagi Indonesia untuk turut menyuarakan dukungan dalam kampanye global perubahan iklim menuju UNFCCC ke-15 bulan Desember nanti di Copenhagen. Satu aksi bersama yang diusung oleh WWF-Indonesia adalah perubahan perilaku masyarakat urban untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari konsumsi sehari-hari. Menjamurnya pusat belanja dan pasar modern berkontribusi besar terhadap bertambahnya sampah plastik yang notabene baru dapat terurai 500 hingga 1000 tahun.
“Sebagai gambaran, di satu
Sudah waktunya publik bersama-sama mengurangi penggunaan kantong belanja plastik. Selain dengan memasyarakatkan kebiasaan membawa tas belanja sendiri, perubahan juga harus sudah dimulai dari produsen. Upaya Centro Lifestyle Department Store mengubah kantong belanja plastiknya menjadi biodegradable bag awal Agustus ini tentu saja turut mendukung kampanye aksi perubahan
Andrei Aksana, General Manager Corporate PR, Event, & Fashion Trend, Centro Lifestyle Department Store, mengatakan, “Centro sebagai retail sadar bahwa kami menggunakan kantong belanja plastik yang mengancam kelangsungan lingkungan hidup, maka kami mengubah kebijakan dengan biodegradable bag, supaya para customer bersama-sama dengan Centro paham bahaya plastik, benefit menggunakan biodegradable bag, dan mengubah gaya hidupnya dengan mengurangi penggunaan kantong belanja plastik.”
Beliau menambahkan, “Kebijakan ini serempak dilakukan Centro di kelima lokasinya, yaitu The Plaza Semanggi, MargoCity Depok, Mall Of Indonesia Kelapa Gading, Ambarukmo Plaza Yogya, dan Discovery Shopping Mall Bali.”
Tidak hanya itu, selain penanaman pohon dan acara “Bike for Earth” yang baru saja dilakukan, terhitung hari ini Centro meluncurkan Centro Go Green Activity bersama WWF-Indonesia berupa gerai khusus dengan t-shirt dan tote bag edisi khusus. Semua konsumen Centro diajak untuk berdonasi ke WWF-Indonesia karena 20% dari setiap pembelian produk-produk tersebut akan disumbangkan kepada WWF-Indonesia untuk mendukung kampanye perubahan iklim yang dilakukan organisasi konservasi keanekaragaman hayati terbesar di dunia ini.
Menanggapi perubahan yang dilakukan oleh Centro Lifestyle Department Store, Fitrian Ardiansyah berharap, “Kebijakan ini tidak hanya mengubah Centro secara internal dan konsumennya dari skala rumah tangga hingga perkantoran, tapi juga perubahan signifikan di industri sejenis atau sektor komersial lain. Tidak hanya menjadi sampah yang tak bisa dimusnahkan dalam 500 – 1000 tahun, plastik juga berpotensi menyumbat saluran air di sungai-sungai, dan membutuhkan energi besar yang menyumbangkan emisi gas rumah kaca dalam pembuatannya, sehingga melemahkan kemampuan kita menyesuaikan diri dari dampak perubahan iklim, yaitu banjir, kekeringan, dan lainnya.”
Aksi menolak kantong belanja plastik ini harus digulirkan menjadi gerakan publik karena tidak akan efektif bila dilakukan sporadis. Oleh karena itu, bersama-sama dengan Suporter Kehormatan WWF-Indonesia, Nadine Chandrawinata dan Davina, dan para suporter WWF-Indonesia lain, kontribusi positif kita akan membuktikan bahwa kita tidak hanya menjadi bagian dari permasalahan perubahan iklim dan lingkungan, tapi juga menjadi bagian solusi.