Tentang Kami

Ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia terjaga dan dikelola secara berkelanjutan dan merata, untuk kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang.

Visi

WWF-Indonesia memiliki visi untuk konservasi yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di Indonesia, dengan berfokus pada tata kelola sumber daya alam yang adil untuk menjamin manfaat konservasi di masa depan: 

“Ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia lestari, berkelanjutan dan terkelola secara adil, untuk kesejahteraan generasi kini dan nanti” 

Misi

Untuk mewujudkan visi ini, WWF-Indonesia menetapkan misi berikut ini: 

“Mewujudkan tata kelola ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia yang adil dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, melalui: 

  • Mengimplementasikan dan mendorong praktik konservasi berdasakan ilmu pengetahuan, inovasi, dan kearifan lokal; 
  • Membangun koalisi dan kemitraan dengan masyarakat sipil, bekerja bersama pemerintah dan swasta untuk pembangunan berkelanjutan; 
  • Mendorong nilai-nilai konservasi lingkungan hidup dengan meningkatkan kesadartahuan dan aksi konservasi di tengah masyarakat; 
  • Mengadvokasi dan memengaruhi kebijakan dan mendorong penegakan hukum di institusi yang bertanggung jawab guna terlaksananya tata kelola lingkungan yang baik.” 


Makna Nilai Integratif

We will strive to work towards an integrated approach.

Dengan visi “Ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia terjaga dan dikelola secara berkelanjutan dan merata, untuk kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang” kita menyadari bahwa kesejahteraan manusia, suaka margasatwa, dan lingkungan hidup saling berkaitan erat. Itulah mengapa kita semua bekerja melalui pendekatan-pendekatan yang terintegrasi untuk mencapai visi tersebut.

Nilai Integratif di WWF-Indonesia bisa ditampilkan dengan perilaku dalam bekerja sebagai berikut:

  • Perencanaan dan rencana implementasi dilakukan dengan mempertimbangkan dan menyelaraskan target global dan kebutuhan lokal dengan melibatkan berbagai keahlian
  • Membangun sinergitas antar program, peran antar pihak yang saling mendukung
  • Berorientasi pada hasil yang memberikan dampak dan berkelanjutan positif terhadap ekologi, ekonomi, dan sosial di skala global dan lokal
  • Perancangan dan rencana impelementasi program dilakukan dengan mempertimbangkan dan menyelaraskan target global dan kebutuhan lokal dengan melibatkan berbagai keahlian
  • Membangun pemahaman bersama dan sinergitas antar divisi program melalui pembagian peran yang saling mendukung 

Pentingnya Nilai Integratif di WWF-Indonesia

WWF-Indonesia saat ini bekerja di sekitar 32 wilayah dengan sekitar 127 proyek untuk melestarikan, merestorasi serta mengelola ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia secara berkeadilan, baik di terrestrial maupun di perairan, termasuk didalamnya mencegah climate change dan degradasi kualitas air bersih, pengelolaan pariwisata yang bertanggungjawab, dan sebagainya melalui:


  • Menerapkan dan mempromosikan praktik-praktik konservasi terbaik yang berbasis sains, inovasi dan kearifan tradisional
  • Memfasilitasi pemberdayaan kelompok-kelompok yang rentan, membangun koalisi dan bermitra dengan masyarakat madani, dan bekerjasama dengan pemerintah dan sektor swasta
  • Mempromosikan etika pelestarian yang kuat, kesadaran serta aksi konservasi di kalangan masyarakat Indonesia
  • Melakukan advokasi dan mempengaruhi kebijakan, hukum, dan institusi terkait untuk mendorong tata kelola lingkungan yang lebih baik
  • Dengan bekerja bersama pemerintah, tokoh politik, pebisnis, LSM, publik, anak usia sekolah, institusi pendidikan, perusahaan swasta, dan masyarakat madani.

Kita harus mulai bekerja dengan membuka pikiran kita akan adaanya factor serta pendekatan lain yang mempengaruhi/berkontribusi terhadap apa yang kita kerjakan, misalnya politik, ekonomi, masalah budaya dan sebagainya dan kita integrasikan untuk mencapai target organisasi. Dengan bekerja dengan pendekatan yang intergtaif, kita bisa berinovasi dan hasil kerja kita akan lebih berdampak pada alam, lingkungan hidup dan pada kesejahteraan manusia, mencapai visi WWF-Indonesia.


Makna Nilai Kolaboratif 

We will work together with key stakeholders towards sustainable natural resources management.

Kolaboratif merupakan hubungan antara dua orang/pihak atau lebih yang memiliki tujuan/makna dimana masing-masing pihak memilih untuk bekerjasama secara strategis untuk mencapai target bersama/yang sama. Kolaborasi hampir mirip dengan kerja sama namun hubungan/ikatan antar pihaknya lebih dekat.

Di WWF-Indonesia sendiri, kolaborasi bukanlah suatu hal yang baru. Setiap saat, setiap hari kita bersama-sama membentuk hubungan yang lebih dari sekedar bekerja sama untuk mengusahakan kelestarian lingkungan kita demi generasi yang akan datang.

Nilai Kolaboratif  di WWF-Indonesia

  • Mampu berkomunikasi efektif dan bekerjasama dengan pihak terkait dalam memastikan langkah-langkah dan strategi untuk pencapaian tujuan bersama
  • Memiliki semangat berbagi sumber daya & pengetahuan serta terbuka dalam menerima masukan dan kritik dari pihak lain
  • Membangun proses yang partisipatif dalam setiap proses pelaksanaan siklus program (perencanaan, impelementasi, monitoring, dan evaluasi).

Pentingnya Nilai Kolaboratif di WWF-Indonesia

Saat ini, WWF-Indonesia bekerja di 32 kantor wilayah di 17 propinsi di Indonesia, Didukung oleh lebih dari 500 personil. Sejak tahun 2006, WWF-Indonesia mendapatkan dukungan lebih dari 64,000 supporter yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Dengan sekitar 127 proyek yang kita kerjakan, tidak mungkin kita bekerja seorang diri, maka kita menjalin kerjasama dan bermitra dengan masyarakat, LSM, media, dunia usaha, universitas, serta pemerintah baik di daerah maupun pusat. Dengan demikian apa yang kita kerjakan akan berdampak besar bagi lingkungan dan visi WWF-ID "Ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia terjaga dan dikelola secara berkelanjutan dan merata, untuk kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang” dapat tercapai.


Makna Nilai Trustworthy

Trustworthy dalam bahas Indonesia artinya kurang lebih “Dapat Dipercaya”. Artinya, kami akan berusaha menghormati mandat dari para stakeholder dan donor kami, menjaga apa yang sudah dipercayakan kepada kami dan mempertanggungjawabkan penggunaannya sehingga WWF-Indonesia dapat terus dipercaya.  (We will strive to honor the mandate from our stakeholders and safe guard what is entrusted in our custody).

Trustworthy bisa terlihat dari perilaku antara lain sebagai berikut:

  • Setiap orang wajib bertindak sesuai dengan SOP yang berlaku dalam organisasi WWF
  • Mampu mengelola sumber daya finansial yang dipercayakan untuk mencapai tujuan konservasi yang disepakati secara efektif, efisien, dan akuntabel.
  • Mencapai target konservasi melalui cara-cara yang adaptif, mempraktekkan contoh-contoh terbaik berdasarkan pengetahuan dalam pengelolaan SDA yang lestari.

Pentingnya Nilai Kepercayaan (Trustworthy) di WWF-Indonesia

Sebagai organisasi nirlaba yang aktivitasnya menggunakan dana-dana dari donor, besar maupun kecil, dan kerja sama dengan berbagai pihak, penting sekali untuk mempertahankan kepercayaan donor dan stakeholder lainnya sehingga kerja sama bisa berlanjut. Maka dari itu Trustworthy harus menjadi nilai penting yang diyakini oleh semua orang yang bekerja di organisasi ini. Nama besar, logo Panda yang punya pengaruh yang besar ini kita harus sama-sama jaga dengan bekerja secara berhati-hati dan bertanggungjawab.

Makna Passionate

Passionate dalam Bahasa Indonesia kira-kira artinya bergairah, bersemangat, bersungguh-sungguh. Passion merupakan perasaan yang kuat tentang sesuatu atau seseorang. Passion merupakan rasa yang intens, mendorong kita untuk antusias atau bergairah terhadap sesuatu.

Bekerja untuk sebuah organisasi non-profit seperti WWF-Indonesia adalah sebuah pilihan, pilihan yang didorong oleh sebuah kecintaan, cinta pada lingkungan dan bumi sehingga kita semua yang ada disini, apapaun posisinya, sungguh mengupayakan kelestarian lingkungan alam kita khususnya di Indonesia. 

Dengan kondisi organisasi non-profit yang dinamis, passion merupakan satu hal yang memampukan kita untuk bergabung dengan organisasi ini dan secara terus-menerus bekerja untuk konservasi di bumi Indonesia. Hal ini juga yang membuat staf WWF-ID unik, berbeda dari staf organisasi lainnya.

Nilai Passionate di WWF-Indonesia

Di WWF-ID, nilai passionate bisa ditunjukkan oleh perilaku sebagai berikut:

  • Fokus dalam  melakukan aktivitas agar dapat mencapai melebihi target yang ditetapkan
  • Memberikan ruang untuk lahirnya ide dan inovasi serta terlibat aktif ketika mengimplementasikannya
  • Dapat bekerja di semua kondisi dan situasi dalam menginplementasikan program & kegiatan organisasi 
  • Memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai target secara optimal
  • Berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif, serta terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan
  • Tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan pekerjaan, sesuai dengan aturan yang berlaku dalam organisasi.

Pentingnya Nilai Passionate di WWF-Indonesia

Nilai ini penting dalam menjaga WWF-ID tetap berjalan bahkan berlari bersama dengan tujuan yang sama, yaitu Ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia terjaga dan dikelola secara berkelanjutan dan merata, untuk kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang.

Untuk Gajah

Rasa sedih dan prihatin bergejolak dalam diri Chicco Jerikho, Elephant Warrior WWF. Merasa tak bisa tinggal diam melihat kenyataan itu, ia mencari jawaban tentang solusi apa yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan gajah - gajah sumatera di Aceh dan mencegah konflik gajah - manusia.

Donasi Sekarang



Get the latest conservation news with email

iv class="col-md-6 align-right">