HIU DAN PARI

(Elasmobranchii)

Overview

Hiu dan pari di Indonesia saat ini berada dalam kondisi yang kritis, baik spesies yang hidup daerah terumbu karang atau di wilayah samudera karena mengalami penurunan populasi yang signifikan. Spesies hiu, pari, dan chimera terancam punah karena penangkapan ikan yang berlebihan, baik dengan sengaja maupun tidak. Setidaknya, ditemukan 118 jenis hiu di Indonesia, dimana seperempatnya diberi status Terancam Punah oleh IUCN. Satwa ini juga dikenal bereproduksi secara lambat.

Ancaman

Status

Total Populasi

Ancaman Kerusakan

Kerusakan Habitat
Perburuan Liar
Perubahan Iklim

Saat ini, jumlah populasi hiu di Indonesia tengah mengalami penurunan. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2016, Indonesia merupakan negara produsen hiu terbesar di dunia, dengan kontribusi sebesar 16,8% dari total tangkapan dunia. Tidak hanya ancaman tangkapan sampingan (satwa yang tertangkap secara tidak sengaja), penurunan populasi hiu juga terjadi akibat eksploitasi berlebihan yang didorong oleh tingginya permintaan akan produk-produk satwa tersebut (seperti sirip, daging, dan lain sebagainya).

Pemanfaatan dan eksploitasi hiu dan pari (Elasmobranchii) secara global sangat mengkhawatirkan. Tingginya jumlah permintaan sirip hiu dan insang pari manta di pasar internasional, mendorong tanda-tanda eksploitasi berlebih dengan adanya penangkapan hiu dan pari di banyak negara.


Apa yang WWF lakukan?

Untuk menjaga habitat penting dan populasi hiu di Indonesia, WWF-Indonesia melakukan upaya konservasi melalui strategi - strategi berikut: 

  • Pengumpulan Enumerasi: Pendataan pendaratan hiu dan pari di beberapa lokasi di Indonesia
  • Kampanye Perlindungan Hiu: Menurunkan tingkat konsumsi lokal dengan memberikan pemahaman kepada publik mengenai ancaman penurunan populasi hiu dan mendorong para pelaku usaha untuk menghentikan perdagangan produk hiu
  • Perlindungan Habitat Penting Hiu (MPA for Sharks): Mendukung pengelolaan habitat hiu yang berkelanjutan
  • Advokasi Kebijakan: Mendorong pengelolaan hiu yang bertanggung jawab dan berkelanjutan


BAGAIMANA BISA MEMBANTU

  • Pelajari dan sebarkan informasi tentang hiu dan pari untuk tingkatkan kepedulian orang-orang di sekitar
  • Laporkan kematian hiu dan pari ke aparat setempat
  • Dukung upaya konservasi yang dilakukan baik oleh pemerintah Indonesia, WWF-Indonesia ataupun badan-badan konservasi lainnya

BERITA & CERITA TERKAIT

Nelayan Desa Seraya Marannu Suplai Komoditas Perikanan Karang Ramah Li

Untuk membina nelayan dalam menerapkan kegiatan penangkapan ikan yang ramah lingkungan, WWF-Indonesia mendampingi kelompok dalam pelatihan Better Management Practices (BMP) Perikanan Kerapu dan Kakap dan BMP Penanganan Bycacth Hiu.

Peran Aktif Masyarakat Dukung Keberlangsungan Hidup Hiu di Laut Mangga

Dalam rangka perlindungan hiu dan pari manta, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 18 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keanekaragaman Hayati Ikan Hiu dan Pari Manta sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Manggarai Barat.

Jalan Berliku Menuju Penetapan Kawasan Konservasi Perairan Taman Pesis

Upaya memberikan perlindungan mangrove, tuntong laut dan udang windu alam di Kabupaten Aceh Tamiang memasuki babak baru. Tantangan ke depan adalah bagaimana memastikan efektifitas pengelolaan KKP3K Taman Pesisir Aceh Tamiang.

Diskusi Konservasi: How are (Hi)U?

Menyadari peran hiu yang begitu besar bagi kelestarian laut, maka pada Jumat 22, September 2020 WWF-Indonesia kembali mengadakan Diskusi Konservasi (DisKo) dengan tema “How are (H)iu?” secara daring.

Menjadi Pahlawan Lingkungan Dimulai dari Dirimu Sendiri!

Beraktivitas bersama Panda Mobile Virtual Class adalah langkah awal yang dipilih Bina Bangsa School untuk mengajak para muridnya menjadi pahlawan lingkungan di masa depan.

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email