CENDERAWASIH

(Paradisaea minor)

Overview

Burung cenderawasih diberi julukan burung dari surga berkat kecantikannya. Diduga terdapat 30 jenis Cenderawasih yang ada di Indonesia dan 28 jenis di antaranya dapat ditemukan di Papua. Semua spesies tersebut berstatus dilindungi dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Itu artinya spesies-spesies ini tidak boleh diburu, disakiti, dibunuh, dan diperdagangkan. Bila ada pihak yang melanggar undang-undang tersebut, akan menerima hukuman 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp.100 juta. Salah satu spesies yang paling sering kita lihat adalah cenderawasih kuning kecil (Paradisaea minor). Pemanfaatan bulu burung cenderawasih masih diperbolehkan hanya untuk kepentingan masyarakat lokal dalam menghiasi pakaian adat mereka, tentunya tidak secara berlebihan dan untungnya masyarakat Papua memiliki kearifan lokal dan adat untuk turut menjaga kelestarian burung ini. 


MENGAPA SPESIES INI PENTING

Di Indonesia sendiri, beberapa jenis cenderawasih di antaranya cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cenderawasih merah, dan toowa telah masuk dalam daftar jenis satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 106 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri LHK Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Pemanfaatan bulu burung cenderawasih masih diperbolehkan hanya untuk kepentingan masyarakat lokal dalam menghiasi pakaian adat mereka. Itu pun tentu tidak secara berlebihan dan untungnya masyarakat Papua memiliki kearifan lokal dan adat untuk turut menjaga kelestarian burung ini.

Ancaman

Status

Total Populasi

Ancaman Kerusakan

Perburuan Liar

Burung cantik yang menjadi ciri khas tanah Papua ini sayangnya masih menjadi target perburuan dan perdagangan spesies ini masih sangat marak. Burung cendrawasih masih banyak diperjualbelikan dan dijadikan souvenir, baik dalam bentuk hidup atau pun yang sudah diawetkan. Ini jelas merupakan tindak kejahatan lingkungan dan melanggar hukum yang berlaku di Indonesia dan harus segera kita hentikan. Bukan tidak mungkin bila rantai perburuan dan perdagangan cenderawasih terus terjadi, kita akan kehilangan spesies cantik ini.


BAGAIMANA BISA MEMBANTU

  • Pelajari dan sebarkan informasi tentang cenderawasih untuk tingkatkan kepedulian orang-orang di sekitar
  • Laporkan jika menemukan kejadian terkait cenderawasih ke aparat setempat
  • Dukung upaya konservasi yang dilakukan baik oleh pemerintah Indonesia, WWF-Indonesia ataupun badan-badan konservasi lainnya

Apa yang WWF lakukan?


BERITA & CERITA TERKAIT

Panduan Lapangan, Buku Pedoman untuk Pemandu Ekowisata Pengamatan Buru

Universitas Cenderawasih meluncurkan buku “Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Pengamatan Burung di Papua’’, di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Pengamatan Burung di Papua

Inisiasi penyusunan buku panduan ini berawal dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh Program Studi Biologi Universitas Cenderawasih bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia dalam rentang tahun 2016 - 2019

Call for Proposal Consultant to Gain Commitment from Downstream Compan

Through ASPOL project, funded by HSBC, WWF Indonesia aims to gain commitment from downstream companies, including consumer goods manufacturers, retailers, hotels, and restaurants, to source sustainable palm oil for domestic consumers

Merayakan Hari Cinta Puspa Satwa Nasional melalui Gameday

Komunitas Earth Hour Indonesia dan Marine Buddies tentunya merayakan HCPSN 2021 dengan caranya tersendiri, yaitu Game Day.

Kolaborasi untuk Melindungi Hutan dan Keanekaragaman Hayati

Pigeon dan Yayasan WWF Indonesia bermitra bersama untuk mendukung upaya rehabilitasi/restorasi hutan di Nagari Muaro Sungai Lolo, Provinsi Sumatera Barat dan meningkatkan kesadaran akan konservasi hutan.

Kampanye #SaveCenderawasih Earth Hour Indonesia: Menjaga Cenderawasih

Earth Hour Indonesia dengan Earth Hour Jayapura menjalankan kegiatan penyuluhan preventif dan penyadartauan akan pentingnya keberadaan Cenderawasih untuk ekosistem dengan kampanye Save Cenderawasih.

#Race4HuluCiliwung

Kawasan Hulu Ciliwung merupakan salah satu ekosistem penyangga kehidupan di mana banyak makhluk hidup, termasuk manusia bergantung padanya. Ayo ikut bersama kami dalam #Race4HuluCiliwung dan ambil bagian dalam upaya melestarikan salah satu ekosistem kunci ini!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email