Kembali

© Administrator

Administrator



WWF-Indonesia dan Provinsi Jawa Barat Bekerja Sama Mewujudkan Pembangunan Hijau dan Berkelanjutan

Posted on 09 September 2019
Author by WWF-Indonesia

Bandung, 6 September 2019 – Bertempat di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat WWF-Indonesia menandatangani Kesepakatan Bersama dengan Provinsi Jawa Barat untuk kerja sama konservasi lingkungan hidup. Penandatanganan tersebut diwakili oleh Rizal Malik, CEO WWF-Indonesia dan Ridwan Kamil, Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar), disaksikan oleh pimpinan dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jawa Barat serta beberapa pewakilan WWF-Indonesia, Thailand, Filipina, Jerman, dan Perancis.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama Kerja Sama Konservasi Lingkungan Hidup merupakan bentuk dukungan WWF-Indonesia terhadap Provinsi Jawa Barat yang telah menetapkan visi menjadi “Green Province”. Hal ini akan diwujudkan melalui pemerataan pembangunan wilayah berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan dengan menggunakan pendekatan manajemen lahan berbasis konservasi, pertanian ramah lingkungan, ecotourism, penggunaan produk-produk ramah lingkungan untuk meningkatkan produktivitas, dan daya saing ekonomi yang sejahtera, adil, dan berwawasan lingkungan.

CEO WWF-Indonesia Rizal Malik menjelaskan, “Sebagai lembaga dengan misi perlindungan keanekaragaman hayati di Indonesia, kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Jawa Barat atas visinya menjadi provinsi yang mengutamakan pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan lingkungan. Oleh karena itu, WWF-Indonesia ingin mendukung visi ini secara formal dan nyata dengan memanfaatkan pengetahuan, jaringan, kapasitas, dan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak.”

“Provinsi Jawa Barat menargetkan tercapainya pembangunan yang berkelanjutan hingga lima tahun mendatang, termasuk mewujudkan transisi gaya hidup dan budaya masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan. Kami mengharapkan Kesepakatan Bersama ini dapat segera ditindaklanjuti dengan perencanaan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang yang secara konkrit bisa mendukung upaya pembangunan berkelanjutan di Jawa Barat menuju realisasi ‘Green Province’, jelas Ridwan Kamil.

Selama Tiga tahun ke depan, WWF-Indonesia dengan Pemprov Jabar akan melakukan kegiatan dengan mencakup berbagai inisiatif seputar peningkatan kapasitas dan pendampingan untuk sertifikasi komoditas, sosialisasi, dan edukasi kebijakan pengurangan sampah plastik, kampanye penggunaan energi terbarukan, penanaman pohon untuk penghijauan wilayah kritis, implementasi prinsip-prinsip pariwisata bertanggung jawab, dan sejumlah kegiatan lain yang akan disepakati lebih lanjut.

                                                                                         -SELESAI-


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 Karina Lestiarsi | Media Relation Specialist, WWF-Indonesia | Email: [email protected] | +62 852-181-616-83


Cerita Terkini

Deklarasi Kembali ke Riau (Sungai) di Hari Sungai Nasional

Ketika 27 Juli ditetapkan sebagai Hari Sungai Nasional oleh pemerintah  pada tahun 2011 lalu, gempitanya tida...

PINGER KECIL SI PENYELAMAT PESUT

Pesut atau dikenal sebagai lumba-lumba air tawar, adalah genus (marga) mamalia air yang hingga saat ini tercatat d...

KUMBANG Earth Hour Indonesia 2019: Mari Jaga Bumi!

Kegiatan KUMBANG (Kumpul Belajar Bareng) Nasional Earth Hour kembali diadakan. Tahun ini, KUMBANG Nasional Earth H...

Get the latest conservation news with email