Kembali

© WWF-Indonesia

Panda Mobile Virtual Class megajak SMP Tara Salvia mengenal penyu.



SMP Tara Salvia Mengenal Penyu Bersama Panda Mobile

Posted on 15 October 2020
Author by Volunteer Panda Mobile

Pada Kamis (08/10) lalu, WWF-Indonesia mengadakan Panda Mobile Virtual Class bertema penyu bersama siswa-siswi SMP Tara Salvia. Virtual class bertajuk "Adventurtle" tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom. Metode ini dipakai untuk menyampaikan pesan konservasi selama pandemi. 

Kegiatan dimulai pada pukul 08.30, dibuka dengan briefing para anggota volunteer Panda Mobile. Para volunteer yang terlibat mendapat tugas berbeda, ada yang berperan sebagai pemateri, moderator, operator, dan host games. Sesi pertama yang berlangsung selama satu jam, dipandu oleh Sophie, Mecca, dan Niken.

Setelah pembukaan oleh moderator dari Panda Mobile dan perwakilan sekolah, volunteer mengajak siswa-siswi SMP Tara Salvia untuk bermain games di sesi. Sesi ini merupakan pengantar sebelum materi mengenai spesies payung. Selepas ice-breaking, peserta baru diajak untuk mengikuti pemaparan tentang karakteristik penyu, fakta unik tentang penyu, spesies penyu yang ada di dunia dan di Indonesia, peran penyu dalam ekosistem, penyebab kepunahan penyu, dan cara untuk melindungi. Materi disampaikan secara bergantian oleh dua pemateri pada setiap sesinya. 

Di tengah materi tim Panda Mobile menyisipkan mini quiz agar audiens tetap fokus selama acara berlangsung dan agar acara tidak membosankan. Dalam segmen ini, siswa-siswi diberi beberapa pertanyaan yang terkait pembahasan utama tentang penyu. Siswa-siswi SMP Tara Salvia tampak antusias dalam menjawab pertanyaan menggunakan fitur chat di aplikasi Zoom.

Usai pemaparan materi, para peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dalam segmen tanya-jawab. Siswa-siswi SMP Tara Salvia tampak sangat aktif dalam sesi ini. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan sangat menarik dan menunjukkan antusiasme, serta kepedulian kepada penyu dan program WWF-Indonesia. Seluruh pertanyaan pun ditanggapi dengan baik oleh para pemateri. Tim Panda Mobile berharap jawaban yang disampaikan bisa memuaskan rasa ingin tahu dan menambah wawasan peserta.

Antusiasme murid-murid SMP Tara Salvia membuat acara yang berlangsung selama satu jam itu terasa singkat. Tim Panda Mobile menyampaikan terima kasih kepada para peserta serta pihak sekolah yang telah berkontribusi pada acara sehingga berjalan lancar dan kondusif. Dengan mengikuti virtual class, tim Panda Mobile berharap penyebaran pesan konservasi akan semakin luas. Tim Panda Mobile akan terus menjalankan kegiatan edukasi masyarakat, demi Bumi yang lebih baik.


Cerita Terkini

Maluku Tenggara Memerangi Sampah dengan Plastik Free Network

Oleh: Mentari Astried Mahakena/Marine Ecotourism Development Specialist IBAS Maluku tenggara memiliki pesona ...

Waktunya Hentikan Wildlife Crime Bersama, Mulai Sekarang!

Oleh: Renny Widyanti Indonesia adalah rumah bagi banyak spesies satwa, mulai dari di darat hingga ke dasar la...

Stop Perdagangan Satwa Dilindungi, Amankan Keberlanjutan Pangan

Jakarta, 5 November 2018. Mengambil momen Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) para pemangku kepentingan k...

Get the latest conservation news with email