Kembali

© Administrator

Administrator



Sekolah Tzu Chi dan Panda Mobile Ajak Siswa Dukung Pelestarian Alam

Posted on 23 July 2019
Author by Sani Firmansyah

Senin, 15 Juli 2019 adalah hari pertama sekolah bagi sebagian besar siswa di seluruh Indonesia. Biasanya, sekolah-sekolah mengadakan Masa Orientasi Siswa (MOS) untuk menyambut kedatangan murid baru. Hal ini juga dilakukan di Sekolah Tzu Chi, Cengkareng.

Pada MOS yang berlangsung di awal tahun ajaran tersebut, sekolah memperkenalkan lingkungan dan norma yang berlaku di tempat belajar. Namun, kali ini Sekolah Tzu Chi juga ingin menyelipkan pesan lingkungan kepada siswa-siswi yang baru bergabung. Maka, pihak sekolah menggandeng Panda Mobile WWF-Indonesia untuk menyampaikan informasi tentang upaya pelestarian alam. “Saat ini alam butuh pertolongan. Kita sebagai generasi muda yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang harus mengetahui dan memahami kekayaan alam Indonesia,” demikian pesan Hanna, Engagement Activation Officer WWF-Indonesia kepada para siswa baru.

Lebih lanjut, Hanna mencontohkan berbagai langkah sederhana untuk menjaga lingkungan. “Misalnya membawa tempat makan dan minum sendiri, mengurangi pemakaian tisu dan kertas, dan menggunakan energi listrik dan air bersih dengan bijak,” tambah Hanna. Selain itu, Hanna juga meminta masyarakat, termasuk anak muda, untuk terlibat dalam upaya pengawasan terhadap kejahatan perdagangan hewan dilindungi. “Jika kalian mengetahui ada hewan yang terancam punah sedang diperjualbelikan, silahkan laporkan kepada pihak berwajib,” kata Hanna.

Pada kesempatan MOS ini,  Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng menyampaikan program unggulan sekolah Competition of Sport and Academic (COSPORTA) Cinta Kasih Tzu Chi. Pada acara ini, pihak sekolah juga mengundang siswa sekolah tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas serta Sekolah Menengah Kejuruan se-Jakarta untuk mengikuti berbagai lomba. Para peserta ditantang untuk menunjukkan bakat di bidang akademik dan non-akademik, seperti pertandingan olahraga sepak bola, bulu tangkis dan basket.

Menariknya, tema yang diangkat pada COSPORTA kali ini adalah “Go Green Everywhere”. Artinya, sekolah ingin menanamkan rasa cinta pada bumi di dalam diri siswa-siswi bimbingannya. Untuk itu, sekolah kembali meminta tim Panda Mobile untuk terlibat dalam acara tersebut.

Perwakilan sekolah Tzu Chi berterima kasih atas partisipasi Panda Mobile dalam setiap acara sekolah. “Harapannya, pesan terkait pelestarian alam dapat diamalkan dalam kehidupan mereka sehari-hari,” tutur Pak Nur, salah satu guru di Sekolah Tzu Chi.



Cerita Terkini

WWF dan James Cook University Luncurkan Pedoman Praktik Perancangan da

Jumlah hiu dan pari menurun secara global, dan sejak 2014, seperempatnya berstatus terancam punah dan sebagian bes...

Wisata Dataran Tinggi yang Eksotis dan Murni di Krayan

Di balik area berbukit-bukit, berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia, tersimpan Krayan. Wilayah dataran tinggi...

Akademi Komunitas Kelautan & Perikanan, Calon Citizen Scientist Pendat

Oleh: Hasanul Adha Fauzi (Intern, WWF-Indonesia Southern Eastern Subseascape, Universitas Brawijaya)Pendataan sam...

Get the latest conservation news with email