Kembali

© WWF-Indonesia

Kegiatan Panda Mobile Virtual Class bersama SDK Penabur Gading Serpong.



SDK Penabur Gading Serpong Mengenal Morfologi dan Habitat Hewan melalui Panda Mobile Virtual Class

Posted on 06 October 2020
Author by Rafika Rosmalida

Awal Januari lalu menjadi awal merebak virus SARS-CoV-2 dengan tingkat penyebaran yang tinggi di berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Tingginya tingkat penularan melalui interaksi langsung antara satu individu dengan individu lain, memulai adanya lockdown yang dilakukan oleh beberapa negara sebagai upaya pencegahan penyebaran dengan melakukan pembatasan terhadap masuknya satu orang dari negara lain menuju ke negaranya. Tidak terkecuali Indonesia yang pada akhir bulan Maret mulai memberlakukan adanya karantina wilayah. Hal ini menghentikan kegiatan masyarakat untuk bepergian dari satu daerah ke daerah lain, beberapa aktivitas pun terpaksa harus dihentikan seperti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka pada seluruh jenjang pendidikan.

Berhentinya kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan terbatasnya kegiatan dengan interaksi langsung dalam mentransfer suatu ilmu, tidak membatasi ruang gerak Panda Mobile WWF-Indonesia dalam menyebarkan pesan konservasi perlindungan alam dan green lifestyle. Keadaan yang berubah memunculkan satu inovasi adanya Panda Mobile Virtual Class. Pelaksanaannya dilakukan secara online, tanpa adanya interaksi langsung yang memungkinkan terciptanya cluster baru penyebaran virus corona. Salah satu materi yang dibawakan oleh Panda Mobile Virtual Class mengenai keanekaragaman hayati dengan selipan informasi pola hidup yang ramah lingkungan. Peserta Panda Mobile Virtual Class juga dapat mengikuti virtual tour ke Rimbang Baling yang merupakan “rumah” salah satu satwa payung Indonesia yaitu Harimau Sumatra yang terletak di Provinsi Riau.

Rabu (12/08) lalu menjadi pengalaman baru bagi adik-adik kelas 4 SDK Penabur Gading Serpong dalam mengenal keragaman alam Indonesia dan hal apa saja yang dapat dilakukan untuk ikut serta melindungi keadaannya agar tetap lestari. Dilaksanakan dalam dua sesi, adik-adik kelas 4A-4E sedari awal telah bersemangat mengikuti kegiatan Panda Mobile Virtual Class. Kegiatan presentasi diawali dengan pengenalan mengenai Panda Mobile, seputar hal-hal yang biasa dilakukan sebelum virus corona menyebar dan mengenalkan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam Panda Mobile Virtual Class. Setelah adik-adik kelas 4 SDK Penabur Gading Serpong mengenal Panda Mobile, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai keanekaragaman hayati seputar satwa payung Indonesia. Kakak-kakak volunteer Panda Mobile menyampaikan fakta-fakta dari hewan tertentu sebagai clue untuk mereka jawab dalam gambar. Cara ini digunakan untuk mengenalkan morfologi hewan dari satwa payung. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai tindakan apa saja yang dapat dilakukan untuk membantu kelestarian alam agar senantiasa terjaga melalui pola hidup ramah lingkungan. 

Presentasi mengenai keanekaragaman hayati tadi menjadi gerbang awal untuk melakukan virtual tour. Adik-adik kelas 4 SDK Penabur Gading Serpong dapat melihat langsung seperti apa habitat dari salah satu satwa payung Indonesia, yakni Harimau Sumatra. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kita harus terus menjaga kelestarian alam, sebagaimana disampaikan pada presentasi sebelumnya. Alam Rimbang Baling yang asri cukup memukau adik-adik kelas 4 SD ini, sebuah wilayah yang jauh dari hiruk pikuk kota, daerah yang hijau dan asri dengan hutan hujan tropis yang menutupi datarannya. Mereka juga dapat melihat Sungai Subayang yang mengalir di wilayah Bukit Rimbang dan Bukit Baling, sebuah sungai yang berbudaya dengan adanya Lubuk Larangan dan piyau (perahu) sebagai transportasi di sekitar Rimbang Baling. Dalam virtual class, peserta dapat melihat jejak satwa eksotis Indonesia melalui kamera trap. Hal ini menjadi pengalaman yang menyenangkan. 

Antusiasme adik-adik kelas 4 SDK Penabur Gading Serpong dalam kegiatan Panda Mobile Virtual Class menjadi semangat bagi para volunteer Panda Mobile WWF-Indonesia untuk terus menyampaikan pengetahuan terkait konservasi lingkungan, dengan harapan apa yang disampaikan senantiasa tertanam di benak para peserta, serta menjadi satu hal yang ikut tumbuh dalam perjalanan pendewasaan dan menjadi kebiasaan.

Salam Lestari!


Cerita Terkini

WWF-Indonesia Kampanyekan Konservasi Gajah Kalimantan di Malinau

Salah satu penyebab terjadinya masalah lingkungan adalah faktor ketidaktahuan masyarakat mengenai kekayaan alam ya...

Macan Tutul

Macan Tutul (Panthera pardus melas) adalah kucing besar yang masih dalam keluarga Panthera. Macan Tutul memiliki ...

WWF Goes To School – SMAN 1 Bukit Batu Berani Melawan Perubahan Ikli

Asap tebal akibat kebakaran lahan dan hutan yang menyelimuti Desa Sejangat, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis tidak ...

Get the latest conservation news with email