Kembali

© Shutterstock / Soonthorn Wongsaita / WWF

.



Program Kelas Keuangan Berkelanjutan

Posted on 24 November 2020
Author by WWF-Indonesia

Cohort 1: Transisi Energi dan Investasi Energi Terbarukan

Guna menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor energi, Pemerintah Indonesia telah menerapkan Peraturan Pemerintah No. 79 tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, yang menargetkan, setidaknya, 23% porsi sumber energi primer berasal dari energi baru dan terbarukan pada tahun 2025. Namun, porsi pembangkit listrik energi terbarukan di Indonesia cenderung stagnan di kisaran 11-13% sejak tahun 2011 (BP Statistical Review dalam Our World in Data, n.d.), yang salah satu faktornya adalah terkendalanya akses pembiayaan pengembangan energi terbarukan dari lembaga jasa keuangan.

Sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan POJK/No. 51 tentang Keuangan Berkelanjutan dimandatkan bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) untuk meningkatkan portfolio energi terbarukan sebagai salah satu kegiatan usaha berkelanjutan. Hal tersebut tentunya diharapkan akan menyumbang pada pencapaian target bauran energi dari sumber energi terbarukan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Oleh karena itu, Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI), HSBC Indonesia, Yayasan WWF Indonesia didukung oleh International Climate Initiative (IKI) membuka “Program Kelas Keuangan Berkelanjutan – Cohort 1: Transisi Energi dan Investasi Energi Terbarukan”, yang akan diselenggarakan dalam jaringan/online. 

Kelas Keuangan Berkelanjutan akan menghadirkan para ahli di sektor energi dan keuangan baik di tingkat nasional maupun internasional dan terbuka untuk karyawan yang bekerja pada sektor LJK dan regulator terkait.

Silakan daftarkan diri Anda melalui https://bit.ly/sfcourseenergi hingga 30 November 2020. Keseluruhan biaya dari Kelas Keuangan Berkelanjutan ini akan ditanggung penyelenggara.

Untuk informasi lengkap terkait program ini, harap mengunduh booklet program melalui tautan berikut.


Cerita Terkini

Mangrove Brotherhood: Wadah Pertemuan Pegiat Lingkungan Pinrang

Pada 5 – 6 September 2020, sekitar 280 anak muda berkumpul di Dusun Tanroe, Desa Baba Binanga, Kecamatan Duampan...

Festival Subayang-Bio dan Inisiasi Subayang Bersih di Rimbang Baling

Festival Subayang – Bio kembali digelar pada akhir minggu lalu (30-31 Maret) di Desa Gema, Kampar Kiri Hulu, Kam...

BEEP - Seri Jejak Ekologis

Buku panduan ini disusun oleh tim WWF-Indonesia program pariwisata bahari yang bertanggung jawab (Responsible Mari...

Get the latest conservation news with email