Kembali

© Administrator

Administrator



Pesut

Posted by Administrator on 15 March 2019
Author by

Pesut (Orcaella brevirostris) adalah spesies mamalia air yang menghuni wilayah perairan tropis dan sub-tropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara hingga bagian utara Australia. Di perairan Pulau Kalimantan, spesies ini dapat ditemukan di perairan air tawar Sungai Mahakam hingga pesisir pantai di Sabah, Sarawak, Kalimantan Timur, dan sejak 2011 ditemukan di perairan Kalimantan Barat.

 

Pada tahun 2000, Pesut diklasifikasikan ke dalam Daftar Merah IUCN, sebagai salah satu spesies yang sangat terancam punah dan dilindungi oleh perundang-undangan di Indonesia. Jumlah spesies ini di Sungai Mahakam Kalimantan Timur hanya tersisa sekitar 50-70 ekor sehingga dikategorikan sebagai spesies yang berada dalam kondisi sangat kritis (Critically Endangered/CR).

 

Perusakan habitat seperti pembangunan bendungan, pertambangan, perusakan hutan untuk pendirian industri kayu arang dan bahan baku pulp oleh perusahaan komersial, penangkapan Pesut untuk pertunjukan sirkus, dan aktivitas lalu lintas yang tinggi di perairan tersebut diduga merupakan ancaman utama menurunnya populasi Pesut di habitat aslinya.


Cerita Terkini

Siswa Sekolah Nasional Alamanda Belajar Hidroponik Bersama Panda Mobil

Oleh: Mecca Verdiano (Volunteer Panda Mobile) & Eka Utami Aprilia Rabu pagi, 23 Januari 2019, cuaca ...

Mitra Signing Blue Perhatikan Aspek Lingkungan dalam Operasional Wisat

Oleh: Luh Putu Sugiari & Wahyu Ardianta (Pewarta Warga, BaleBengong) Griya Santrian Rekanan Signing...

Sosok dibalik Penyelamatan Badak Sumatera di Taman Nasional Bukit Bari

Oleh: Dedi Kurnia Putra, Irfan Nurarifin, dan Hijrah Nasir Nyanyian serangga mewarnai perjalanan tim pagi ini...

Get the latest conservation news with email