Kembali

© Administrator

Administrator



Perjalanan Khoetiem Dalam Konservasi Orangutan

Posted on 16 August 2019
Author by Ismu Wijaya

“Setiap makhluk hidup yang diciptakan memiliki peran dan tugasnya masing-masing, dan semuanya saling terhubung dan membutuhkan satu sama lain”

Pengalaman berinteraksi langsung dengan alam sejak kecil membuat Mochammad Khoetiem, Species & Habitat Officer WWF-Indonesia, menyadari pentingnya upaya konservasi alam. Ketertarikan Khoetiem terhadap alam dan satwa liar juga membuatnya tergerak untuk berkontribusi lebih di dunia konservasi.

Pria yang berasal dari Desa Alur Bandung, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat ini mengawali kontribusinya sejak menjadi mahasiswa Biologi di Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura. Selama berkuliah, Khoetiem aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan dan sosial masyarakat, serta kegiatan penelitian laboratorium maupun lapangan.

Selama tiga tahun dari masa kuliahnya, Khoetiem sering meluangkan waktu untuk terlibat dalam penelitian Orangutan. Hal ini membuatnya mendapatkan beasiswa tugas akhir kuliah dari salah satu BUMN untuk menyelesaikan penelitian terkait sarang Orangutan.

Aktivitasnya semasa kuliah tersebut juga mempertemukan Khoetiem dengan WWF-Indonesia dan menjadi awal mula keikutsertaannya sebagai volunteer. Ia pernah terlibat dalam beberapa kegiatan kampanye lingkungan, program pendidikan berkelanjutan, hingga penelitian satwa liar seperti Penyu, Bekantan, dan Orangutan. Kini Khoetiem menjadi bagian dari WWF-Indonesia di lanskap Hulu Kapuas untuk mendukung konservasi berbagai spesies, salah satunya adalah Orangutan.

Khoetiem mengakui jika upaya konservasi Orangutan tidak selalu mudah dilakukan. Ia dan rekan-rekannya harus melalui perjalanan panjang untuk bisa mencapai habitat Orangutan, area yang tentunya jarang dikunjungi manusia. Tak jarang pula ia harus mengarungi riam deras dan jurang bukit terjal untuk mencapai lokasi tujuan penelitiannya. Ia juga dituntut untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat di pinggiran hutan, atau berhadapan langsung dengan para pemburu bersenjata tajam.  Semuanya Khoetiem lakukan untuk mengumpulkan fakta dan data lapangan terkait populasi serta distribusi Orangutan.

Seringkali muncul pertanyaan dari orang-orang di sekitar Khoetiem. Mengapa ia begitu peduli terhadap upaya konservasi Orangutan? Mengapa ia mau terlibat? Apa keuntungannya? Khoetiem berpendapat bahwa perannya dalam upaya konservasi Orangutan telah menjadi kebanggaan tersendiri baginya. 

“Melakukan penelitian, menghadirkan fakta dari lapangan, memperkaya informasi dan mengedukasi publik adalah peran yang sejauh ini dapat saya lakukan demi menjaga dan melindungi Orangutan dan habitatnya. Bagi saya, melaksanakan konservasi alam bukan hanya sebatas suatu tugas, namun ada nilai lebih yang dapat saya berikan bagi kehidupan di bumi dan patut untuk terus diperjuangkan.”


Cerita Terkini

Seafood Savers Dorong Kontribusi Asosiasi Chef Indonesia

Buyer (wholesaler, retailer, hotel and restaurant) sebagai pelaku dalam penyediaan hidangan boga bahari dalam usah...

Api Semangat Kaum Muda Tanah Air Indonesia di KATA Indonesia

Kaum Muda Tanah Air (KATA) Indonesia merupakan suatu ruang bagi kaum muda di seluruh Indonesia dimana diperbincang...

Moke Womom

....

Get the latest conservation news with email