Kembali

© Yayasan WWF Indonesia / Tri Wibawanto

 



PEDULI TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN, ALAM SUTERA AJAK PUBLIK LAKUKAN AKSI NYATA #RENOVASIUDARA

Posted on 07 November 2022
Author by Sani Firmansyah

Tak bisa dipungkiri, kondisi lingkungan di sekitar kita terus mengalami penurunan. Pola konsumi, gaya hidup serta beragam aktivitas manusia memberikan tantangan nyata terhadap kelestarian alam. Beragam dampak negatif pun kemudian dirasakan oleh kita semua, banjir, kekeringan, kehilangan sumber pangan dan pencaharian, serta perubahan iklim secara global dan banyak hal lainnya, mempengaruhi produktifitas dan kesehatan alam manusia.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kondisi lingkungan, dan  Seyogyanya aksi-aksi nyata itu  perlu dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat dunia dengan segera.

Banyak pihak kini mulai bergerak bersama masyarakat untuk ikut serta ambil bagian dalam gerakan-gerakan yang bertujuan untuk mengurangi dampak buruk pada lingkungan dan manusia. Salah satunya dilakukan Alam Sutra melalui proyek terbarunya yaitu ELEVEE.

Melalui ELEVEE Alam Sutera ikut ambil bagian dengan membuat kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertema “RENOVASI UDARA”. Alam Sutra bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia dan masyarakat di area Hulu Ciliwung melakukan penanaman 2.000 pohon di Blok Telaga Saat-Sub DAS (Daerah Aliran Sungai) Ciliwung, di Jawa Barat.

Ada  3 jenis pohon yang ditanaman melalui kemitraan dengan Kelompok Tani Tunas Kaliwung Kalimuncar, masyarkat lokal di area penanaman, yaitu Pohon Nangka, Pohon Damar, dan Pohon Suren. Harapannya penanaman pohon ini juga dapat memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Seperti pohon Nangka yang dipilih salah satunya agar dapat menjadi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat, ketika nantinya pepohonan tersebut sudah berbuah dapat dimanfaatkan baik dikonsumsi atau untuk dijual kembali hasilnya oleh masyarakat. 

“Suatu kehormatan bagi kami dapat berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan hidup khususnya dengan penyelenggaraan program CSR ini bersama Yayasan WWF Indonesia dan masyarakat di Hulu Ciliwung. Sejalan dengan visi misi dari PT Alam Sutera Realty Tbk. yang selalu memerhatikan aspek lingkungan/alam dalam mengembangkan sebuah kawasan, kami akan selalu mendukung kegiatan yang bermanfaat bagi kehidupan yang lebih berkualitas, nyaman, aman dan sehat.” ujar Kristien Andriani Wibowo, Sales & Marketing Division Head Elevee Project Alam Sutera. 

Harapannya dengan terjalin kerja sama penanaman pohon ini, ketersediaan air bersih dapat meningkat dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar hingga masyarakat di Jakarta. Selain itu area ini bisa menjadi daerah tangkapan air yang baik, sehingga aliran air Sungai Ciliwung tetap terkendali, sehingga dapat terhindar dari banjir atau kekeringan.



Cerita Terkini

Keterbatasan Fisik Bukan Halangan dalam Menjaga Laut

Rasanya tidak ada manusia di dunia ini yang ingin terlahir tidak sempurna. Semua orang berharap dilahirkan dengan ...

Seafood Savers Dorong Peran Pebisnis Seafood Sulawesi Utara dalam Peri

Sejak disahkan melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014, tanggal 21 November kini di...

Grant Specialist - Jakarta

If you care about the environment and want to contribute to conservation efforts in Indonesia, this is the opportu...

Get the latest conservation news with email