Kembali

© .

.



Panduan Produk Berbahan Dasar Kayu

Posted by Nur Arinta on 05 December 2019
Author by .

Dalam segala sisi kehidupan, manusia tidak dapat lepas dari manfaat hutan dan hasil hutan berupa kayu. Pemanfaatan kayu dan produk kayu yang tidak jelas asal usulnya atau aspek legalitasnya dan secara tidak bertanggung jawab, dapat berpotensi dan berkontribusi pada rusaknya keseimbangan alam.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendukung pelestarian hutan dan lingkungan di Indonesia, di antaranya dengan menerapkan skema sertifikasi terhadap pengelolaan hutan dan pengolahan produk hasil hutan. Skema sertifikasi yang telah diterapkan, diharapkan dapat memberikan insentif kepada pelaku usaha berupa citra positif atas komitmennya yang tinggi terhadap keberlanjutan hutan. Penandaan/logo produk yang telah disertifikasi dapat menjadi pengenal bagi konsumen bahwa produk tersebut telah dikelola dan diproduksi secara legal, bertanggung jawab dan lestari.   

Sosialisasi dan edukasi terhadap produk kayu bersertifikat melalui panduan-panduan singkat yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat umum menjadi hal yang penting untuk dapat memberikan informasi kepada masyarakat/konsumen dalam memilih/membeli produk kayu dari sumber yang legal, bertanggung jawab, dan lestari.

Guideline for Domestic Market on How to Purchase Responsible Product merupakan buku panduan yang diharapkan mampu untuk memberikan panduan pada konsumen untuk dapat mengetahui asal usul produk kayu dengan cara yang mudah misalnya dengan melihat penandaan/logo sertifikasi pada produk. Dengan buku panduan diharapkan konsumen dapat mengetahui, memahami, dan mengalihkan pilihannya pada produk yang berasal dari sumber dan dikelola secara legal, bertanggung jawab dan lestari. Sehingga pada akhirnya konsumen dapat turut berkontribusi pada kelestarian alam Indonesia.


Cerita Terkini

Call Proposal! For Plastic Smart Cities Scoping/Assessment in Ciliwung

WWF’s No Plastic in Nature initiative (WWF NPIN) was founded in 2018 and its goal is to stop leakage of plastic ...

Ini Upaya Perbaikan Budi Daya Udang Vanamei Bersama PT Mega Marine Pri

Oleh: Firman (Aquaculture Local Facilitator)Sejak tahun 2017, PT Mega Marine Pride (PT MMP) bergabung de...

Peningkatan Kapasitas Unit Pengelola KKP di Flores Timur

Kupang, 15/08/2019, staf kantor cabang DKP Flores Timur yang membawahi KKPD Lembata, Flores Timur dan Sikka mengik...

Get the latest conservation news with email