Kembali

© Administrator

Administrator



Panda Mobile Ajak Siswa Springfield International School Jaga Laut

Posted on 05 September 2019
Author by Oleh: Raisha Safira (Volunteer Panda Mobile WWF-Indonesia)

Laut adalah badan air asin besar yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Laut saling berhubungan dan menutupi 70% permukaan Bumi. Di dalam laut yang luas itu tersimpan ikan yang menjadi salah satu sumber makanan untuk manusia. Laut juga berperan sebagai pengendali iklim dunia agar tidak terlalu panas atau dingin.

Indonesia boleh berbangga karena memiliki area laut yang luas di dalam wilayah negara. Laut Indonesia terkenal akan keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang tersimpan di dalamnya. Namun, sayangnya kita lupa bahwa sumber daya laut tidak hanya untuk dieksploitasi tetapi juga harus dijaga. 

Sekarang,  kondisi laut Indonesia memprihatinkan. Pada awal 2019, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) mencatat sekitar 7,1 hektare terumbu karang mengalangi kerusakan cukup parah. Selain itu, laut Indonesia juga sudah tercemar berbagai jenis sampah.

Menyadari pentingnya kelestarian laut, tim Panda Mobile WWF-Indonesia bergerak untuk menyebarkan informasi tentang kondisi laut terkini kepada generasi muda. Maka, pada Jumat (30/08) yang lalu, Panda Mobile WWF-Indonesia mengunjungi Springfield International School untuk menyampaikan isu tentang laut kepada 108 siswa kelas 3 Sekolah Dasar. 

[Baca juga: Cara Mengundang Panda Mobile]

Kampanye untuk siswa sekolah dasar ini tentu dikemas dengan cara yang menarik.  Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah water lab atau pengujian air. Pada sesi ini, para siswa diajak untuk belajar tentang asal-muasal air yang mereka gunakan sehari-hari, siklus air, dan alasan menjaga air. Selain itu, para siswa diajak untuk menguji kandungan kimiawi yang ada dalam sampel air menggunakan alat elektrolisa. Dari kegiatan tersebut, para siswa menyadari pentingnya menjaga air. Peserta juga mendapat pengetahuan baru bahwa tidak semua air yang terlihat bersih layak untuk dikonsumsi. 

Selain water lab, Panda Mobile juga mengajak peserta mengikuti kegiatan seru lainnya seperti games, nonton video, membuat prakarya 3R (Reuse, Reduce, Recycle), serta dongeng. Seluruh aktivitas hari itu diselaraskan agar peserta bisa menangkap pengetahuan baru mengenai kondisi alam, khususnya laut, ancaman terhadap lingkungan, serta cara pencegahannya.

Di akhir kegiatan, perwakilan siswa menyerahkan kenang-kenangan kepada tim WWF berupa karya lukis bertuliskan “Stop buang sampah di laut!”. Tim Panda Mobile menerima pemberian itu dengan sukacita. Cendera mata tersebut menunjukkan semangat dan dukungan terhadap konservasi alam Indonesia.

Tim Panda Mobile mengucapkan terima kasih kepada adik-adik di Springfield International School. Sampai bertemu di kegiatan berikutnya, ya!



Cerita Terkini

Waktunya Hentikan Wildlife Crime Bersama, Mulai Sekarang!

Oleh: Renny Widyanti Indonesia adalah rumah bagi banyak spesies satwa, mulai dari di darat hingga ke dasar la...

Pelatihan Pengelolaan KKP di Koon

Cuaca yang cukup terik dan udara panas menghinggapi langit Petuanan Adat Kataloka pada hari itu. Terlihat sekelomp...

Konsultas Publik Rencana Pengelolaan dan Zonasi Laut di Sorong Selatan

10-15 Februari 2020, melalui dukungan Proyek USAID Sustainable Ecosystems Advanced (USAID SEA), WWF-Indonesia beke...

Get the latest conservation news with email