Kembali

© Administrator

Administrator



Nature X Youth: Ajak Milenials Bersuara untuk Alam

Posted on 01 April 2019
Author by

Oleh: Nur Arinta

Milenials adalah kelompok yang penting untuk didengar suaranya. Milenials adalah generasi penentu yang selanjutnya akan menjadi pemimpin dan menjadi pengelola negara ini dan dalam lima tahun ke depan. Mereka juga yang akan menentukan bagaimana sumber daya alam akan dikelola sesuai kebutuhan mereka. Mengingat pentingnya kelompok usia muda ini, WWF-Indonesia merangkul dan mengajak milenials agar memiliki kepedulian dan pemahaman mengenai pengelolaan sumber daya alam secara lestari. WWF berusaha menyediakan informasi dan solusi untuk pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan dan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s)

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini, WWF mengidentifikasi bahwa kanal digital menjadi pilihan media yang tepat untuk memberikan pesan kepada generasi muda, guna meningkatkan kesadartahuan mereka agar dapat mempertahankan kelestarian keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia. Untuk itu, pentingnya kanal digital menjadi alasan utama WWF-Indonesia meluncurkan situs web baru www.wwf.id dan memperkenalkan kanal media sosial kepada publik dalam acara bertajuk “Nature X Youth”.

Acara ini memiliki beberapa tujuan, yakni: (1) Mengajak publik untuk menyampaikan aspirasi terkait lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam  kepada pemerintah melalui kanal digital, sebagai sarana kampanye bagi milenials untuk mengambil bagian dalam menyuarakan alam; (2) Memperkenalkan gagasan-gagasan WWF dalam konservasi alam dan pemanfaatan berkelanjutan untuk meningkatkan tentang keanekaragaman hayati dan pengelolaan sumber daya alam; (3) Menentukan agenda publik untuk membahas isu lingkungan tentang sumber daya alam menjelang debat calon presiden; (4) Memperkenalkan kanal digital WWF-Indonesia sebagai media utama untuk menyampaikan pesan kepada publik. Dengan adanya kanal digital ini, WWF-Indonesia diharapkan dapat menjangkau publik dan milenial di Indonesia.

“Nature X Youth” diselenggarakan pada 16 Maret 2019 di Ice Palace, Lotte Avenue Jakarta. Acara ini turut dimeriahkan oleh para pendukung yang hadir dari berbagai kalangan dan latar belakang, di antaranya musisi kebanggaan Indonesia seperti Nugie, Tanita, Nona Ria, dan Figura Renata, komedian Adinegoro Natsir, aktivis lingkungan Davina Veronica, Gede Robi, Nadine Alexandra, Gita Syahrani, dan desainer ternama Kleting Titis Wigati. Tak hanya para figur bertalenta ini, para ahli dari WWF-Indonesia juga hadir untuk berbagi cerita inspiratif dari pengalaman mereka selama memperjuangkan konservasi dan kelestarian alam Indonesia bersama WWF. Pada perhelatan “Nature X Youth”, publik juga mendapatkan pengalaman dan cerita tentang upaya pelestarian alam Indonesia dari para pejuang konservasi dari berbagai bidang, di antaranya adalah Konsorsium Panen Raya Nusantara, Hutan Itu Indonesia, Youth Leader in Sustainability, Marine Buddies, dan Earth Hour.

Selain kelompok milenials, WWF juga melibatkan sebanyak mungkin publik, dan secara khusus mitra-mitra, champion, volunteer, duta, serta para supporter WWF dalam melakukan sebuah aksi bersama yang dapat menginspirasi khalayak luas, untuk bersama-sama mencari solusi terbaik bagi permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia.

“Masa depan manusia dan alam ada di tangan sobat-sobat muda. Upaya-upaya yang dilakukan WWF tidak akan berarti banyak tanpa peran serta publik, khususnya para sobat millenials yang akan mendominasi berbagai peran di pemerintahan, bisnis, maupun gerakan komunitas dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang,” ungkap CEO WWF-Indonesia Rizal Malik.

Tidak berhenti di situ, WWF-Indonesia juga mengajak publik, khususnya milenials untuk menyampaikan aspirasi, pendapat, dan harapan mereka tentang alam Indonesia pada akun media sosial personal melalui gerakan #SepekanUntukAlam yang mengusung tema #NatureMatters. Gerakan ini diharapkan mampu mendorong pemerintah untuk memperkuat komitmen mereka dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, mempertahankan keanekaragaman hayati, dan melakukan mitigasi perubahan iklim untuk memastikan kesejahteraan generasi kini dan mendatang.

Beberapa figur publik turut berpartisipasi dalam gerakan #NatureMatters ini, di antaranya adalah Nugie, Jefri Nichol, Davina Veronica, Putri Marino, Chicco Jerikho, Ari Irham dan akan masih banyak lagi figur publik yang akan turut berpartisipasi. “Kondisi laut Indonesia kondisinya menyedihkan, di sana banyak banget sampah terutama sampah plastik. Saya mau kondisi laut Indonesia lima tahun ke depan tidak ada lagi sampah plastik,” ucap Jefri Nichol dalam videonya. Para figur publik lainnya juga menyampaikan aspirasi dan harapan mereka tentang kondisi alam Indonesia, setidaknya untuk lima tahun ke mendatang.

Secara tidak sadar, kita sebenarnya memiliki hubungan erat dengan alam. Inilah saatnya kita semua membangun konektivitas dengan alam dan bersama bersuara untuk mempertahankan keanekaragaman hayati Indonesia. Demi kehidupan yang sejahtera untuk generasi kini dan mendatang.



Cerita Terkini

Gunakan Transportasi Publik untuk Bumi yang Lebih Sehat

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$news_body

Filename: wwf/article.php

Line Number: 211

Backtrace:

File: /var/www/html/www/themes/wwf/article.php
Line: 211
Function: _error_handler

File: /var/www/html/www/app/helpers/config_helper.php
Line: 167
Function: view

File: /var/www/html/www/app/controllers/Content.php
Line: 70
Function: WPLoadTheme

File: /var/www/html/www/index.php
Line: 294
Function: require_once

...

Manisnya Madu ‘Odeng’ Ujung Kulon

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$news_body

Filename: wwf/article.php

Line Number: 211

Backtrace:

File: /var/www/html/www/themes/wwf/article.php
Line: 211
Function: _error_handler

File: /var/www/html/www/app/helpers/config_helper.php
Line: 167
Function: view

File: /var/www/html/www/app/controllers/Content.php
Line: 70
Function: WPLoadTheme

File: /var/www/html/www/index.php
Line: 294
Function: require_once

...

Get the latest conservation news with email