Kembali

© WWF-Indonesia

.



Mengenal Keanekaragaman Hayati di Indonesia Bersama Panda Mobile

Posted on 18 November 2020
Author by Alvira Azzahra dan Syifa Putri

Pada Rabu (3/10) lalu, WWF-Indonesia kembali menggelar Panda Mobile Virtual Class bersama siswa-siswi SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Virtual class kali ini bertema “Keanekaragaman Hayati di Indonesia”. 

Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.00, diawali dengan pembukaan oleh perwakilan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengenalan singkat mengenai Panda Mobile oleh Kak Sani. Aktivitas selanjutnya dipandu volunteer yang bertugas, yaitu Syifa dan Alvira.

Pada sesi presentasi, peserta diajak untuk mengenali keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia, dimulai dengan informasi mengenai hutan dan manfaatnya bagi manusia Kemudian, disambung dengan penjelasan mengenai satwa payung yang menjadi fokus konservasi WWF-Indonesia seperti, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Orangutan Kalimantan dan Orangutan Sumatera, Badak Jawa, Hiu Paus dan Penyu. 

Pemaparan materi diselingi dengan tebak-tebakan tentang satwa payung. Permainan dimulai dari volunteer yang menyebutkan ciri-ciri fauna tertentu. Lalu, para peserta ditantang untuk bisa menerka hewan apa yang dimaksud. Ternyata, banyak siswa yang bisa menjawab dengan tepat. Artinya, metode interaksi seperti ini memang cocok untuk peserta agar bisa menyerap informasi lebih baik.

Setelah materi satwa payung, volunteer memberi penjelasan tentang gaya hidup hijau yang dapat dilakukan oleh siswa-siswi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan perilaku yang ramah lingkungan, maka generasi muda dapat ikut melestarikan alam yang menjadi habitat satwa. Sementara hewan yang ada di hutan pun menjalankan fungsi ekologisnya sehingga ketersediaan udara bersih, air jernih, dan sumber daya alam untuk semua makhluk hidup tetap terjaga.

Selama sesi pemaparan materi, siswa-siswi SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta menunjukkan antusiasme yang besar. Mereka aktif menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh volunteer Panda Mobile melalui fitur chat atau suara. Maka, tak heran jika kegiatan ini terasa begitu cepat.

Di penghujung acara, Tim Panda Mobile mengucapkan terima kasih kepada peserta dan pihak sekolah yang telah berkontribusi. Tim Panda Mobile berharap para siswa menjadi pribadi yang lebih peduli lingkungan dengan menjaga dan melindungi kelestarian satwa payung dan alam agar tetap lestari.


Cerita Terkini

Bersama Menyelamatkan Gambut untuk Kita Gambut, Harapan Akhir Cegah Ke

Oleh: Syamsidar Siang hari tapi gelap, hidung dan dada terasa sesak, mata perih, jalan terhalang kabut; itula...

Menjadi Pahlawan Lingkungan Dimulai dari Dirimu Sendiri!

BE WARRIORS!BE WARRIORS!BE WARRIORS!Be warriors, menjadi jargon Bina Bangsa School (BBS) Bandung dalam mengajak ma...

Nelayan Pengguna Kompresor Gale-Gale Jadi Pejuang Laut

Suasana malam masih begitu gelap, masih terlalu dingin untuk beranjak, tapi tidak demikian untuk Usman Kader (39 t...

Get the latest conservation news with email