Kembali

© WWF-Indonesia

Memperkaya Wawasan Tentang Air Bersama Panda Mobile & HSBC



Memperkaya Wawasan Tentang Air Bersama Panda Mobile & HSBC

Posted on 04 June 2020
Author by Nabila Batari (Volunteer Panda Mobile)

Air digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seiring berjalannya waktu, sumber pasokan air mengalami pencemaran yang disebabkan oleh berbagai faktor. Pencemaran air merupakan salah satu hal yang paling menakutkan karena berdampak negatif bagi kelangsungan hidup manusia dan rantai ekosistem di dalamnya. Saat ini, banyak wilayah yang belum memiliki akses untuk mendapat air bersih. Hal tersebut menggerakkan PT Bank HSBC Indonesia dan WWF-Indonesia untuk melanjutkan program kerja sama dalam memberikan edukasi tentang air kepada publik.

  

Salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan pesan tentang konservasi air kepada publik adalah melalui kegiatan laboratorium air yang dimiliki oleh Panda Mobile WWF-Indonesia. Pada Sabtu (14/04) silam, Panda Mobile WWF-Indonesia mengunjungi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amanah Bunda, Tanjung Duren, Jakarta Barat. Ini merupakan RPTRA pertama yang dikunjungi oleh Panda Mobile dalam rangkaian kerja sama dengan HSBC untuk memberikan edukasi kepada warga sekitar Tanjung Duren tentang air.

 

Kegiatan yang berlangsung sore hari tersebut mengundang minat anak-anak yang sedang asyik bermain di RPTRA Amanah Bunda. Selain anak-anak, warga sekitar juga terlihat antusias berkumpul untuk mengikuti acara. Dongeng menjadi kegiatan pertama untuk membuka acara. Dongeng yang dibawakan oleh Kak Ryan bertema air. Setelah itu, anak-anak dan warga sekitar diajak menonton bersama. Film yang ditayangkan ialah film “Petualangan Banyu bersama Titik Air” yang menarik perhatian anak-anak maupun orangtuanya. Dari film tersebut, mereka menjadi tahu tentang proses air, fungsi air, dan akibat air yang tercemar.

 

Kegiatan lain yang tidak kalah serunya adalah laboratorium air dan permainan edukatif. Melalui kegiatan laboratorium air, anak-anak jadi mengetahui bahwa ada makhluk hidup yang terkandung dalam air. Bila sumber air tercemar, dapat membahayakan bagi kesehatan. Anak-anak juga mengetahui tentang cara membedakan air bersih dan kotor. Melalui kegiatan laboratorium air, mereka dapat mengetahui fungsi air bagi satwa. Bukan hanya anak-anak yang mendapat edukasi tentang air, orang tuanya pun diajak berdiskusi tentang penggunaan air secara bijak.

 

Kegiatan edukasi tentang air yang dilakukan oleh HSBC dan WWF-Indonesia langsung kepada masyarakat tersebut bertujuan untuk melindungi sumber-sumber air. Dengan menginformasikan dan mendidik masyarakat tentang air, harapannya dapat mengurangi terjadinya pencemaran air di lingkungan sekitar.



Cerita Terkini

Diskusi Konservasi: How are (Hi)U?

Indonesia memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut yang tinggi. Semua makhluk hidup yang ada di dalam laut men...

Panduan Pengadaan Berkelanjutan

Pengadaan berkelanjutan merupakan terminologi mengenai mekanisme pengadaan sebuah produk dalam suatu rantai suplai...

Yuk, Berwisata Sambil Jaga Lingkungan di 3 Desa Ekowisata Alor Ini!

Ada yang istimewa dari ajang pameran pariwisata Expo Alor tahun ini (20/09/2018). Alor memperkenalkan 3 destinasi...

Get the latest conservation news with email