Kembali

© Yayasan WWF Indonesia/Ade Sangadji

Penandatanganan MoU Yayasan WWF Indonesia dan UNIPA



Membangun Generasi Muda Mandiri yang Siap Pakai dan Berwawasan Konservasi

Posted on 20 April 2021
Author by Ade Sangadji

Universitas Papua (UNIPA) bersama dengan Yayasan WWF Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama dalam lima tahun kedepan terhitung tanggal 16 April 2021. Penandatanganan yang dilakukan di ruang rapat Rektorat  oleh Rektor UNIPA, Dr. Ir. Meky Sagrim, SP., M.Si. dan Direktur Eksekutif  Yayasan WWF Indonesia Dr. Dicky Simorangkir.

Kerjasama yang tertuang meliputi pengembangan kegiatan penelitian, pertukaran informasi, pengembangan sumber daya masyarakat, pengembangan inovasi dalam praktek-praktek pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan dan publikasi, serta fasilitasi mahasiwa dalam mendukung Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. 

“Saya sangat menyambut baik kerjasama ini karena merupakan langkah UNIPA dalam memenuhi 8 Indikator Kinerja Utama perguruan tinggi yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” demikian Rektor UNIPA membuka sambutannya. Beliau melanjutkan mahasiswa dapat mendukung melalui LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat – redaksi).  

Indikator-indikator yang disebutkan di antaranya kualitas lulusan, jumlah mahasiswa yang mendapat pengalaman di luar kampus melalui project based learning, magang, mengajar, riset, proyek sosial dan wirausaha. 

Beliau juga menyampaikan program mengundang praktisi untuk mengajar mata kuliah di kampus sebagai bagian kerjasama dengan mitra. Harapan ke depan melalui kerja sama ini dapat membentuk mahasiswa menjadi generasi yang mandiri, memiliki kapasitas sumber daya manusia yang mumpuni untuk berwirausaha dan mengembangkan desa. Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka memungkinkan mahasiswa untuk mengambil peran tersebut di lokasi dampingan Yayasan WWF Indonesia. 

Direktur Eksekutif Yayasan WWF Indonesia mengatakan, “saat ini WWF sedang mengembangkan strategi organisasi dan kerja sama dengan universitas, seperti dengan UNIPA menjadi salah satu strategi penting.”Kolaborasi ke depan sangat penting dan krusial karena WWF merupakan organisasi yang mengutamakan science based. Ruang lingkup kerjasama sangat komprehensif bukan saja program penelitian tetapi diharapkan mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang implementatif di masyarakat."

Beliau juga menyampaikan ke depannya, publikasi-publikas penelitian yang dilakukan dengan dukungan universitas perlu disebarluaskan. Tujuan dan orientasinya pada pembentukan generasi muda yang berwawasan konservasi. Kerjasama ini diharapkan berkontribusi pada program pembangunan berkelanjutan di Tanah Papua. 

Penandatanganan ini merupakan titik awal dan dalam waktu dekat UNIPA dan Yayasan WWF Indonesia akan menindaklanjutinya dengan beberapa Perjanjian Kerjasama yang lebih menitikberatkan pada pelaksanaan kegiatan.


Cerita Terkini

Menanam Pohon, Memupuk Harapan Tuk Masa Depan

Hidup di negara dengan julukan Mega-biodiversity Country – yang berarti negara dengan kekayaan keaneka...

Deklarasi Pengurangan Sampah Plastik Kabupaten Alor

Fokus dalam pembangunan Kabupaten Alor adalah visi Alor Sehat, Alor Kenyang dan Alor Pintar tahun 2019-2024, Bupat...

Gelang Harapan Dukung WWF-Indonesia Melestarikan Gajah Sumatera Melalu

Oleh: Natalia Trita Agnika Mengusung HOPE for LIFE, Gelang Harapan ingin mengajak masyarakat luas u...

Get the latest conservation news with email