Kembali

© Administrator

Administrator



Mamalia Laut

Posted by Administrator on 02 November 2018
Author by

Satwa-satwa yang masuk ke dalam kategori mamalia laut di antaranya adalah jenis-jenis paus dan lumba-lumba. Laut Indonesia menjadi rumah dari beberapa jenis paus dan lumba-lumba, dan semua spesies tersebut dilindungi.

 

Salah satu spesies mamalia laut yang umum kita temui adalah Lumba-lumba Hidung-botol (Tursiops truncatus), ini adalah spesies Lumba-lumba yang paling sering ditemukan pada sirkus lumba-lumba. Hingga saat ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang masih memperbolehkan adanya praktik sirkus lumba-lumba, padahal spesies ini dilindungi secara hukum dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

 

Tidak hanya itu, praktik perburuan lumba-lumba dan paus untuk diambil dari diperdagangkan taring, tulang, daging, dan minyak lemaknya juga masih kerap terjadi. Hal ini merupakan ancaman serius bagi populasi mamalia laut di alam dan harus dihentikan, sebelum mamalia laut yang hidup di lautan Indonesia punah dan menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu.


Cerita Terkini

Nasib Pilu Burung Eksotis yang Setia

Indonesia adalah rumah bagi 13 spesies burung rangkong, dan tiga jenis di antaranya adalah spesies endemik, yakni ...

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di DAS Koto Panjang

Oleh: Doni Susanto (Education and Water Lab Subayang) Seorang guru menjelaskan bagaimana ia terpilih oleh kom...

Selamatkan Hutan, Selamatkan Masa Depan

Jakarta, 30 Agustus 2019 - WWF-Indonesia dan pekerja seni tanah air didukung oleh Plaza Indonesia dan kitabisa.com...

Get the latest conservation news with email