Kembali

© Yayasan WWF Indonesia / Arief Dharmawan

 



PRESS RELEASE

Kota Probolinggo Pemenang Global We Love Cities (WLC) 2022

Posted on 21 November 2022
Author by Yayasan WWF Indonesia

Jakarta, 21 November 2022 – Kota Probolinggo, Jawa Timur terpilih menjadi pemenang global atau ‘Global Winner’ dalam ajang kompetisi We Love Cities (WLC) 2022. Kota Probolinggo sukses mengalahkan 63 kota dari 27 negara di dunia peserta WLC, dengan jumlah suara dukungan publik sebanyak 820.000 dan 80.000 saran perbaikan dari warga Kota Probolinggo untuk pengelolaan kota yang lebih baik dan berkelanjutan. Kampanye We Love Cities telah berlangsung pada 19 September–31 Oktober 2022. 

WLC adalah sebuah kampanye global dengan partisipasi aktif publik melalui media sosial yang bertujuan mendorong masyarakat di seluruh dunia untuk menyatakan dukungannya bagi pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Kampanye ini juga bertujuan menggali masukan dan solusi dari para warganya demi terciptanya kota yang berkelanjutan dan nyaman ditinggali.

Beberapa kota di Indonesia yang telah berhasil memenangkan WLC secara global, yakni Kota Balikpapan (2015), Kota Bogor (2016), dan Provinsi DKI Jakarta (2018). Sementara itu, Kota Probolinggo sendiri, ini merupakan kali pertama berhasil menjadi partisipan WLC. 

Untuk masuk sebagai peserta WLC, setiap kota harus terpilih sebagai finalis di kompetisi One Planet City Challenge (OPCC). OPCC merupakan kompetisi persahabatan global antarkota di seluruh dunia dalam menanggulangi perubahan iklim, melalui aksi dan ambisi iklim masing-masing. Selain Probolinggo, pada OPCC 2021–2022 Balikpapan dan Jakarta juga merupakan finalis nasional OPCC. 

”Kami melibatkan seluruh perangkat daerah dalam kampanye ini dan menyosialisasikan program lingkungan hidup Kota Probolinggo dan mengajak masyarakat untuk memberi dukungan baik melalui voting, saran dan masukan, hingga interaksi di media sosial. Mudah-mudahan tidak menjadi euforia semata. Namun, kecintaan kita pada Kota Probolinggo harus tampak dari apa yang kita perbuat, demi menciptakan kota yang nyaman untuk ditinggali,” tutur Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

Kota berada di garda terdepan dalam upaya menjaga suhu global di bawah 1,5 derajat celcius. Upaya pemerintah kota untuk mencapai target iklim tidak akan tercapai tanpa peran serta aktif dari seluruh lapisan penduduknya. Pemerintah Kota Probolinggo telah menunjukkan keberhasilannya dalam mengajak warganya untuk peduli pada isu pembangunan berkelanjutan di kotanya.

Aditya Bayunanda, CEO Yayasan WWF Indonesia mengatakan, “Yayasan WWF Indonesia mengucapkan selamat kepada Kota Probolinggo sebagai pemenang Global We Love Cities 2022 dan berharap keberhasilan Kota Probolinggo dapat menginspirasi pemerintah daerah lainnya untuk turut berpartisipasi dalam kompetisi ini pada edisi berikutnya dan berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan rendah emisi.” 

Data United Nations Habitat menunjukkan, sebanyak 70% emisi gas rumah kaca berasal dari aktivitas perkotaan sehingga kota berperan penting dalam pencapaian target nasional untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang tercantum dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia. Perlu dukungan kota-kota lain di Indonesia untuk berperan nyata dan berkontribusi aktif dalam target nasional menuju netral karbon. 


Cerita Terkini

Tarik Pedati: Diskusi Pangan Lokal dan Peningkatan Konsumsi Olahan Ped

Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia yang wilayahnya dikelilingi oleh lautan. Dengan ke...

Maluku Tenggara Memerangi Sampah dengan Plastik Free Network

Oleh: Mentari Astried Mahakena/Marine Ecotourism Development Specialist IBAS Maluku tenggara memiliki pesona ...

Get the latest conservation news with email