Kembali

© Bjorn Holland / Getty Images / WWF

.



PRESS RELEASE

HSBC BERMITRA DENGAN WRI DAN WWF KEMBANGKAN SOLUSI TERKINI UNTUK PERUBAHAN IKLIM

Posted on 10 August 2021

  • Ketiga institusi ini umumkan program transisi lima tahun untuk mendukung inisiatif efisiensi energi dan mendorong perubahan menuju energi terbarukan, dengan fokus pada sektor komersial dan industri.
  • Program percontohan ini merupakan bagian dari inisiatif global HSBC Climate Solutions Partnership senilai US$100 juta untuk mempercepat perubahan menuju perekonomian tanpa karbon.

Jakarta, August 10th, 2021 - HSBC, bekerja sama dengan World Resources Institute (WRI) dan WWF, hari ini meluncurkan proyek proyek lima tahun guna mempercepat penggunaan energi terbarukan dan mendorong investasi sektor swasta guna mendukung transisi menuju energi terbarukan, dengan fokus pada sektor komersial dan industri di Indonesia. Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif global HSBC, Climate Solutions Partnership senilai $100 juta, untuk mengatasi hambatan pembiayaan bagi perusahaan dan proyek yang bertujuan untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

Di Indonesia, program ini akan mendukung proyek-proyek berkelanjutan yang seringkali mengalami hambatan untuk mendapatkan pembiayaan akibat belum adanya kerangka kebijakan, kesenjangan antara permintaan dan suplai, atau kurangnya perangkat pengukuran dan business case. Selama lima tahun kedepan, kemitraan ini akan berfokus pada meningkatkan ketersediaan solusi pembiayaan yang dapat menumbuhkan permintaan akan energi terbarukan; mendukung pengembangan kebijakan dan peraturan yang mendorong komersialisasi energi terbarukan; dan mengembangkan akses terhadap solusi pembiayaan bagi inisiatif efisiensi energi di sektor komersial dan industri.

“Memenuhi target penurunan emisi karbon membutuhkan pemikiran dan teknologi terkini, dan sektor keuangan memiliki peran yang penting dalam perjalanan ini. Walaupun Indonesia sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim, namun banyak juga solusi yang muncul di negara ini. Melalui program percontohan ini kami bangga dapat membuka peluang untuk mendukung transisi menuju energi terbarukan dan mengembangkan inisiatif efisiensi energi bersama dengan mitra kami WRI dan WWF,” ungkap Francois de Maricourt, President Director, PT Bank HSBC Indonesia.

Nirarta Samadhi, Direktur WRI Indonesia, menyatakan, “Transisi energi terbarukan adalah inisiatif yang telah lama ditunggu-tunggu di Indonesia untuk memastikan bahwa Indonesia dapat memenuhi komitmen kepada dunia untuk memitigasi dampak krisis iklim. Selain itu, kolaborasi antara HSBC, WRI, dan WWF akan memungkinkan kami untuk bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah Indonesia dan sektor komersial dan industri, untuk memastikan bahwa setiap orang dapat memperoleh manfaat dari transisi energi terbarukan.

Alexander Rusli, Ketua Badan Pengurus, Yayasan WWF Indonesia mengatakan, “Inisiatif ini membuka peluang bagi sektor keuangan dan industri untuk bekerja sama dalam mendukung terbentuknya ekosistem yang dapat mendorong pertumbuhan permintaan akan proyek-proyek energi terbarukan di Indonesia guna mendukung target penurunan emisi karbon Pemerintah Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan di Indonesia.”

Menurut HSBC Global Research, perubahan iklim merupakan krisis besar bagi Indonesia. Meningkatnya tinggi permukaan air laut telah berdampak pada kota-kota besar di Asia, seperti Bangkok, Jakarta dan Mumbai. Selain itu, perubahan cuaca yang drastic juga membahayakan keamanan pangan di kawasan Asia. Peningkatan satu derajat suhu bumi saja akan berdampak sangat buruk bagi 1.800 km garis pantai di Indonesia, keamanan pangan, kesehatan, serta perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, jika kita mengabaikan dampak perubahan iklim bagi masyarakat, maka pertubuhan perekonomian yang berkelanjutan di Indonesia juga akan terhambat.

Program Climate Solutions Partnership merupakan bagian dari strategi iklim HSBC yang diumumkan di bulan Oktober 2020. HSBC berkomitmen untuk menyelaraskan strategi pembiayaan menuju net-zero di tahun 2050, sesuai dengan komitmen Paris Agreement, dan berkomitmen untuk memberikan hingga US$1 triliyun dalam pembiayaan dan investasi hingga 2030 untuk mendukung nasabah dalam bertransisi menjadi net-zero. HSBC juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan sektor keuangan dan lainnya untuk mempercepat solusi yang dapat mengurangi dampak katastropik dari perubahan iklim. Program Climate Solutions merupakan bagian penting dari strategi ini.

Di Asia Pasifik, kemitraan HSBC, WRI dan WWF berjalan di 14 negara, antara lain: Australia, India, Indonesia, Hong Kong, Japan, Tiongkok, Korea Selatan dan Vietnam.

--- SELESAI ---

Catatan untuk editor:

  1. Sumber: HSBC Global Research
  2. Sumber: IPCC Report
  3. Ikuti perkembangan program ini di: HSBC Climate Solutions page

Pertanyaan Media:


About The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited

The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited is the founding member of the HSBC Group. HSBC serves customers worldwide from offices in 64 countries and territories in its geographical regions: Europe, Asia, North America, Latin America, and the Middle East, and North Africa. With assets of $2,976bn on 30 June 2021, HSBC is one of the world’s largest banking and financial services organizations.

About PT Bank HSBC Indonesia

HSBC has operated in Indonesia since 1884 and now the Bank serves its customer throughout Indonesia. Today PT Bank HSBC Indonesia is a member of HSBC Group, offering services in Commercial Banking and Global Banking for Corporate and Institutional Banking, Global Markets for treasury Capital Markets as well as Wealth and Personal Banking.

Tentang keberlanjutan PT Bank HSBC Indonesia

Di HSBC, keberlanjutan diartikan sebagai upaya membangun bisnis jangka panjang dengan senantiasa memperhatikan pertimbangan sosial, lingkungan dan ekonomi dalam berbisnis. Hal ini turut memacu kegiatan usaha seraya berkontribusi bagi pertumbuhan serta kelestarian masyarakat. HSBC turut berkontribusi untuk berbagai program kemasyarakatan di dunia dan melibatkan ribuan karyawan di seluruh dunia untuk menyumbangkan waktu dan keterampilan mereka dalam program relawan. Titik berat investasi kemasyarakatan PT Bank HSBC Indonesia adalah program keterampilan kerja, kelestarian lingkungan dan serta keuangan yang berkelanjutan. Untuk keterangan lebih lanjut klik di sini.

World Resources Insitute (WRI)

WRI is a global research organization that spans more than 60 countries, with international offices in Brazil, China, India, Indonesia, Mexico, and the United States, regional offices in Ethiopia (for Africa) and the Netherlands (for Europe), and program offices in the Democratic Republic of Congo, Turkey, and the United Kingdom. Our more than 1,400 experts and staff turn big ideas into action at the nexus of environment, economic opportunity, and human well-being. More information at www.wri.org

World Wide Fund for Nature (WWF)

WWF is one of the world’s largest independent conservation organizations, active in nearly 100 countries. Our supporters – more than five million of them – are helping us to restore nature and to tackle the main causes of nature’s decline, particularly the food system and climate change. We’re fighting to ensure a world with thriving habitats and species and to change hearts and minds so it becomes unacceptable to overuse our planet’s resources. WWF. For your world. For wildlife, for people, for nature. www.wwf.org.uk


Cerita Terkini

Memelihara Koridor Bukit Tiga Puluh

Oleh: Nety SariPejamkan matamu dan bayangkan saja: Bukit Tigapuluh. Mungkin yang terlihat dalam pikiranmu adalah b...

Menjelajah Virtual ke Desa-desa Surga Tersembunyi: Kepulauan Kei

Pandemi Covid-19 telah menjadi mimpi buruk bagi berbagai sektor di Indonesia, upaya-upaya pembatasan sosial demi m...

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di DAS Koto Panjang

Oleh: Doni Susanto (Education and Water Lab Subayang) Seorang guru menjelaskan bagaimana ia terpilih oleh kom...

Get the latest conservation news with email