Kembali

© Victor Fidelis Sentosa

Generation M for Mangrove



Generation M for Mangrove

Posted on 05 October 2020
Author by WWF-Indonesia

Foto karya Victor Fidelis Sentosa ini mendapat penghargaan kategori the Best of Mangroves & Communities pada kompetisi global Mangrove Photography Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mangrove Action Project. Kompetisi ini diikuti oleh fotografer amatir dan profesional dari 70 negara dan para pemenang dinilai oleh empat juri khusus, yakni Cristina Mittermeier, Steve Winter, Octavio Aburto, dan Jennifer Hayes.

Foto diambil pada salah satu kegiatan restorasi mangrove yang dilakukan Mempawah Mangrove Conservation (MMC). MMC merupakan entitas lokal yang sejak tahun 2011 bekerjasama dengan Pemerintah pusat dan daerah, Bank Indonesia, Universitas, WWF-Indonesia serta Mangrove Volunteers, mengusung “INISIASI PERISAI HIJAU PESISIR UTARA KALIMANTAN BARAT”, sebuah gerakan restorasi mangrove untuk mengembalikan fungsi kawasan pesisir sebagai ekosistem penunjang kehidupan. 

Mangrove merupakan habitat penting bagi perkembangbiakan dan pertumbuhan beragam spesies darat, laut dan burung-burung. Selain melindungi pantai dari abrasi dan mencegah intrusi air laut ke daratan, mangrove juga mendukung perekonomian dan kesejahteraan manusia, baik melalui pemanfaatan secara langsung maupun sebagai objek pariwisata.


Cerita Terkini

Pentingnya Areal Konservasi Kelola Masyarakat Bagi Masyarakat Adat

Alam dan konservasi merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat Papua. Persoalan pengelolaan wilayah adat d...

Pahlawan Konservasi dari Pesisir Barat

Oleh: Hijrah NasirTak banyak yang tahu jika kiprahnya dalam memperkenalkan teknik pertanian berkelanjutan kepada ...

Wisata Dataran Tinggi yang Eksotis dan Murni di Krayan

Di balik area berbukit-bukit, berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia, tersimpan Krayan. Wilayah dataran tinggi...

Get the latest conservation news with email