Kembali

© Administrator

Administrator



FORMADAT mengajak para petualang di seluruh dunia untuk ikut Eco Challenge!

Posted on 23 November 2018
Author by

Forum Masyarakat Adat Dataran Tinggi Borneo (FORMADAT) kembali menggelar Heart of Borneo Highlands Eco Challenge (HoBHEC), yang akan diselenggarakan pada 27 Juni hingga 10 Juli tahun depan.

 

Edisi ketiga dari acara dua tahunan ini akan diadakan di dataran tinggi Sabah dan Sarawak (Malaysia), hingga Kalimantan (Indonesia).

 

HoBHEC diselenggarakan pertama kali pada tahun 2015 oleh FORMADAT, sebuah forum akar rumput lintas batas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat adat dataran tinggi di kawasan Heart of Borneo.

 

Tujuan acara ini adalah untuk mempromosikan konservasi di dataran tinggi Maligan dan Kelabit dan untuk menghidupkan kembali sejarah, budaya, dan pengelolaan alam. Dengan demikian, konsep "tidak mengambil apa pun kecuali foto, tidak meninggalkan apa pun kecuali jejak kaki" merupakan bagian integral dari penyelenggara dan pesertanya.

 

Pendaftaran saat ini sudah dibuka hingga 31 Mei 2019 dan panitia mengundang para petualang di seluruh dunia untuk ikut bergabung di acara yang menarik dan unik ini. Bagi peserta yang mendaftar sebelum 30 April 2019 akan mendapat diskon sebesar 5%.

 

Wakil ketua FORMADAT Sarawak yang juga merupakan ketua panitia, John Tarawe mengatakan, “Acara ini bertujuan untuk mempromosikan ekowisata sebagai industri rumahan yang berkelanjutan bagi masyarakat yang tinggal di dataran tinggi Sarawak, Sabah dan Kalimantan Utara - semuanya terletak di dalam kawasan Heart of Borneo (HoB). Ini adalah acara yang didukung oleh World Wide Fund for Nature Malaysia (WWF-Malaysia), Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS), Departemen Kepariwisataan dan Task Force Ekowisata Heart of Borneo dan beberapa organisasi lainnya,”

 

“Kami juga berharap untuk dapat membangun sarana pemasukan alternatif yang berkelanjutan bagi masyarakat lokal melalui acara ekowisata ini dan meningkatkan rasa penghargaan terhadap lingkungan diantara masyarakat lokal dan peserta.”

 


Cerita Terkini

Melestarikan Lahan Basah DAS Mahakam Bersama BTPN Syariah

Apa yang terbayang ketika mendengar ‘Lahan Basah?’ Lahan basah merupakan lahan di mana air bertemu dengan tana...

Stop Perdagangan Satwa Dilindungi, Amankan Keberlanjutan Pangan

Jakarta, 5 November 2018. Mengambil momen Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) para pemangku kepentingan k...

Ari Meididit untuk Kelestarian Orangutan

“Tetap fokus, terus bersabar dan berusaha. Karena kepedulian belum cukup dalam mengungkapkan rasa sayang bagi se...

Get the latest conservation news with email