Kembali

© Marine Buddies

Keseruan Marine Buddies dan Jaeminnesia



Connect with Marine Buddies: Bagaimana Komunitas KPop Berperan dalam Aksi Iklim

Posted on 08 October 2021
Author by Youth and Education Team

Pada 26 September 2021 lalu, komunitas Marine Buddies melaksanakan kegiatan diskusi Connect with Marine Buddies dengan tema “How Kpopers are Saving the Planet”, yang berkolaborasi dengan fanbase idol KPop NCT Dream Jaemin, yaitu Jaeminnesia. Diskusi ini membahas bentuk upaya yang telah dilakukan oleh KPopers dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Diskusi dimoderatori oleh Felipa Kissa selaku koordinator nasional Marine Buddies, dan mengundang pembicara yaitu Okky Alifka selaku inisiator Jaeminnesia. 

Fanbase dari Jaemin Na yang baru aktif berkegiatan pada Februari 2021 ini melaksanakan program yang difokuskan terhadap 4 lini kehidupan, yaitu isu sosial, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Sejak awal terbentuk hingga saat ini, Jaeminnesia telah melaksanakan 11 projek, termasuk program adopsi 7 individu orangutan, adopsi bibit karang, dan petisi terhadap e-commerce untuk menggunakan energi terbarukan. Seluruh program yang dilaksanakan adalah dalam rangka perayaan ulang tahun Jaemin, hingga perayaan debut Jaemin dalam grup NCT Dream. 

Berdirinya fanbase ini, serta kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Jaeminnesia ternyata sangat dipengaruhi oleh idolanya. Disampaikan oleh Okky bahwa Jaemin merupakan sosok idola yang sangat berjiwa sosial, dimana ia telah berpartisipasi dalam banyak kegiatan sukarelawan. Mulai dari tahun 2019 saat Jaemin mengunjungi Bantar Gebang di salah satu proyek NGO Korea Selatan, Good Neighbors, hingga Jaemin yang  “dilamar” oleh agensi tempat ia bernaung sekarang ketika ia melakukan kegiatan clean-up bersama ibunya. Partisipasi Jaemin dalam kegiatan sosial yang cukup sering menjadikan Jaemin salah satu duta UNICEF dalam kampanye “For Every Child”. Tidak hanya itu, Jaemin juga ikut berpartisipasi dalam diskusi mengenai dampak perubahan iklim dengan Ratu Mathilde dari Belgia. 

Dalam diskusi ini, peserta diskusi menunjukkan antusiasme mereka terhadap program-program yang dilaksanakan oleh Jaeminnesia dalam sesi tanya jawab. Mulai dari pertanyaan kapan dan apa program sosial yang akan dilaksanakan selanjutnya hingga apa saja tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan program-program sosial tersebut. Okky dan Jaeminnesia telah membuktikan kerja kerasnya untuk turut serta menjaga lingkungan sekitar, dan memberikan dampak yang baik serta berkelanjutan bagi lingkungan. 

Secara umum, komunitas KPop dan KPopers dewasa ini telah banyak berpartisipasi dan melaksanakan aksi iklim. Mulai dari terpilihnya berbagai musisi KPop sebagai duta kampanye lingkungan (contoh: Blackpink sebagai duta COP26 dan BTS sebagai duta Formula E), hingga terbentuknya proyek KPop4Planet, sebuah platform bagi penggemar KPop yang mendorong agensi-agensi KPop untuk beralih ke praktik baik yang lebih ramah lingkungan. Diungkapkan Okky di akhir diskusi bahwa sebagai penggemar KPop, banyak hal baik yang dapat dilakukan untuk lingkungan. Salah satunya dengan bersuara dan terlibat dalam aksi iklim, serta saling mendukung antar fanbase dalam program sosial yang dilaksanakan.


Cerita Terkini

FB Live Streaming IPA: Ajakan untuk Generasi Zaman Kiwari Supaya Jaga

Siapa yang bisa hidup tanpa air? Tak ada satu pun makhluk hidup di dunia ini yang bisa hidup tanpa air. Namun kele...

Tim SAR Hentikan Pencarian Surya, Peneliti yang Hilang di Gili Tepekon

Karangasem, Bali - Jumat, 18 Desember 2020, Pencarian I Gede Surya Risuana (Surya), perwakilan Dinas Kelautan dan ...

Jumpa Panda Mobile Perdana di Udara!

“Selamat datang dan selamat bergabung di keluarga besar Panda Mobile WWF-Indonesia”, sapa Kak Hanna sebagai sa...

Get the latest conservation news with email