Kembali

© WWF-Indonesia/Pambayun S. Wiguno

.



PRESS RELEASE

CEO WWF-Indonesia Menjadi Pimpinan Inisiatif WWF di Asia Pasifik

Posted by Nur Arinta on 17 December 2019
Author by .

WWF-Indonesia Antusias Atas Penunjukan Rizal Malik sebagai Pimpinan Inisiatif Global “New Deal for Nature dan People” untuk Asia-Pasifik

Jakarta, 17 Desember 2019 – Direktur Jenderal WWF Internasional, Marco Lambertini mengumumkan pengangkatan Rizal Malik sebagai pimpinan inisiatif global “New Deal for Nature and People” tingkat Asia-Pasifik, pada Selasa, 17 Desember 2019.

“New Deal for Nature and People” adalah inisiatif WWF untuk melindungi dan memulihkan alam demi kepentingan makhluk hidup dan planet. Sebagai pemimpin tingkat Asia-Pasifik, efektif per 1 Januari 2020, Rizal Malik akan mengemban tugas mendorong kesepakatan dan komitmen negara-negara Asia-Pasifik di tingkat pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat sipil untuk segera bertindak mengatasi hilangnya habitat dan keanekaragaman hayati dunia. Kesepakatan baru ini sangat penting untuk memastikan keberlangsungan dan ketersediaan bahan baku alamiah yang penting bagi kehidupan umat manusia di seluruh dunia.

Tahun 2020 dicanangkan sebagai tonggak untuk mengawal pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan agenda global terkait keanekaragaman hayati alam, perubahan iklim, dan tujuan pembangunan berkelanjutan. WWF akan memanfaatkan setidaknya empat momen penting forum global di tahun 2020 yaitu International Union for Conservation of Nature and Natural Resources World Conservation Congress (IUCN WCC) di Juli, United Nation General Assembly (UNGA-75) di September, The Convention on Biological Diversity – Conference of the Parties (CBD COP) di Oktober, dan The United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCCC-26) di Desember untuk meraih dukungan dan komitmen dari para pimpinan negara.

Marco Lambertini menyampaikan, “Kita menghadapi tantangan besar untuk menghentikan dan mengembalikan hilangnya keanekaragaman hayati di tengah krisis iklim global ini. Oleh karenanya, dengan penuh pertimbangan kami menunjuk Rizal Malik untuk memimpin peran yang penting ini.  Rizal Malik akan melakukan advokasi-advokasi kunci untuk inisiatif ‘New Deal for People and Nature’ di bagian dunia yang paling dinamis dan menentukan. Masyarakat dunia perlu segera merapatkan barisan untuk mengamankan masa depan. Saya sangat yakin pengalaman dan semangat Rizal mampu merealisasikan kontribusi WWF dalam mencapai ambisi ini."

Ketua Badan Pengurus Yayasan WWF Indonesia, Alexander Rusli, menyampaikan antusiasmenya dengan pengangkatan ini. “Sebagai organisasi, WWF-Indonesia tentu akan kehilangan. Namun demikian, kami pun berbangga hati karena Rizal diberi kepercayaan memimpin pada tingkat regional yang berkontribusi langsung pada sebuah misi untuk dunia dalam mencapai masa depan yang lebih baik.”

“Amanah yang diemban Rizal adalah tugas mulia mengingat urgensi tantangan kepunahan keanekaragaman hayati terjadi di hampir seluruh muka bumi. Kami berterima kasih kepada Rizal atas dedikasi dan komitmennya pada WWF-Indonesia. Selanjutnya, WWF-Indonesia akan segera mempersiapkan proses suksesi pemimpin baru di awal tahun depan,” tutup Alex.

Sebelumnya, Rizal Malik menjabat sebagai CEO Yayasan WWF Indonesia. Berpengalaman selama lebih dari 30 tahun dalam pembangunan berkelanjutan, Rizal pernah mengisi beberapa posisi strategis seperti Penasihat Teknis Senior untuk Sustainable Development Goals di Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB); Penasihat Komunikasi Senior di Bank Dunia; dan Sekretaris Jenderal di Transparency International Indonesia. Ia memperoleh gelar pertamanya di bidang Komunikasi dari Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia, dilanjutkan meraih gelar MA dalam Studi Pembangunan dari Universitas East Anglia, Inggris dan menyelesaikan program pascasarjana di Cornell University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT), USA.

WWF telah bekerja di Indonesia sejak tahun 1962 dan terus berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak dalam mencapai kemajuan bangsa dan membangun masa depan di mana manusia hidup harmoni dengan alam.

– SELESAI –


Catatan untuk Editor:

Informasi lengkap mengenai inisiatif “New Deal for Nature and Global” dapat dilihat di: https://explore.panda.org/newdeal

Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Ency Mataniari, Brand, Media & PR Manager WWF-Indonesia [email protected] | 0822-2199-8207


Tentang WWF-Indonesia

WWF-Indonesia adalah organisasi masyarakat madani berbadan hukum Indonesia yang bergerak di bidang konservasi alam dan pembangunan berkelanjutan, dengan dukungan lebih dari 100.000 suporter. Misi WWF-Indonesia adalah untuk menghentikan penurunan kualitas lingkungan hidup dan membangun masa depan di mana manusia hidup selaras dengan alam, melalui pelestarian keanekaragaman hayati dunia, pemanfaatan sumber daya alam terbarukan yang berkelanjutan, serta dukungan pengurangan polusi dan konsumsi berlebihan. Untuk berita terbaru, kunjungi www.wwf.id dan ikuti kami di Twitter @WWF_id | Instagram @wwf_id | Facebook WWF-Indonesia | Youtube WWF-Indonesia | Line Friends WWF Indonesia


Cerita Terkini

Restorasi gambut tak menentu, peraturan baru menguntungkan siapa?

Koalisi NGO Eyes on the Forest (EoF) menyerukan semua pihak untuk serius dalam melakukan restorasi gambut. Upaya i...

Dukung Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan, Nelayan Desa Labuan Lakuka

Oleh: Siti Yasmina Enita/Communication Officer Hampir seluruh nelayan pesisir di Kecamatan Seram Utara dan Se...

Mamalia Laut

Satwa-satwa yang masuk ke dalam kategori mamalia laut di antaranya adalah jenis...

Get the latest conservation news with email