Kembali

© Yayasan WWF Indonesia

 



BMP Wisata Bahari Bertanggung Jawab

Posted on 27 September 2022
Author by Yayasan WWF Indonesia

Manusia membutuhkan kegiatan wisata untuk mencari pengalaman baru yang berbeda dengan rutinitas hariannya. Sebagai negara yang memiliki wilayah laut yang lebih luas dibandingkan daratannya, keindahan alam pesisir Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena itu, wisata bahari merupakan salah satu sektor unggulan yang menarik minat para wisatawan untuk mendapatkan pengalaman yang unik dan berbeda.

Wisata bahari merupakan sektor penting dari pariwisata secara umum, sektor ini juga memiliki nilai ekonomi yang sangat substansial. Bentuk wisata bahari pun kini semakin beragam dan menarik wisatawan, contohnya seperti menikmati hidangan di restoran mengapung atau berkeliling dengan kapal rekreasi. Namun dengan meningkatnya kunjungan wisatawan di kawasan pesisir, lambat laun akan berpotensi pada meningkatnya tekanan terhadap ekosistem pesisir, yang bila tidak diantisipasi dapat berujung pada penurunan kondisi dan kualitas perairan laut. Tak hanya itu, berbagai aktivitas wisata yang dilakukan tanpa pendampingan, atau masih minimnya pengetahuan para pemandu wisata, juga wisatawan yang melakukan aktivitas wisata, dapat berpotensi mengakibatkan masalah baru yang mengancam keseimbangan llingkungan dan biota laut. Bila tidak diantisipasi hal ini, dalam jangka panjang tentunya akan berpengaruh buruk pada keberlanjutan sektor wisata itu sendiri.

Mengantisipasi hal tersebut, kegiatan wisata bahari yang bertanggung jawab perlu diupayakan dan didorong. Salah satunya dengan menyediakan panduan yang dapat membantu operator wisata dan wisatawan untuk dapat menjalankan wisata yang berkesan, namun tetap berkelanjutan. 


Cerita Terkini

Pokmaswas Berkomitmen Menjaga KKP Sorong Selatan

“Kitong (kita) harus melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk ikut terlibat mengawasi kitong pung kekayaan (...

Better Management Practices (BMP) - Penangkapan Benih Ikan Sidat

WWF – Indonesia bekerja sama dengan pelaku perikanan yang tergabung dalam Seafood Savers (SS), melaksa...

Harimau

Harimau Sumatera adalah harimau khas Indonesia. Harimau ini memiliki tubuh yang relatif paling kecil, memiliki wa...

Get the latest conservation news with email