Kembali

© Yayasan WWF Indonesia

Keseruan Blue Tales with Signing Blue



Beli Yang Baik: Konsumen Bijak, Pilih Penyedia Jasa Wisata Signing Blue

Posted on 07 June 2021
Author by Ratih Permitha Syury

Agar dapat memilih jasa dan produk yang tepat, kita sebagai konsumen memerlukan informasi dari mana produk dan jasa tersebut dapat diperoleh, diproses, maupun bagaimana cara menjalankan bisnisnya. Sebagai konsumen bijak tentu hal-hal tersebut perlu diperhatikan. Sama halnya dalam berwisata, wisatawan juga diharapkan dapat memilih produk dan jasa wisata yang bertanggung jawab. Melalui kampanye Beli Yang Baik ini, konsumen atau wisatawan diharapkan dapat bertanggung jawab terhadap produk yang telah dipilih, digunakan, maupun saat setelah menggunakan produk tersebut. Beli yang Perlu, Beli yang Lokal, Beli yang Alami, Beli yang Awet, Beli yang Ekolabel, dan Mau Dibawa Kemana produk yang telah diperoleh nantinya (Info Lengkap: www.beliyangbaik.org).

Bertepatan dengan Hari Konsumen Dunia, Yayasan WWF Indonesia mengajak para mitra untuk berkontribusi dalam rangkaian kegiatan Beli Yang Baik Sustainable Consumption and Production Expo yang diselenggarakan secara hybrid (luring dan daring) ini sejak tanggal 20 April 2021 hingga 24 April 2021. Karena dilaksanakan dalam masa pandemi, kegiatan tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Kegiatan pameran ini bertujuan untuk meningkatkan kesadartahuan masyarakat dalam memilih produk dan jasa yang digunakan. Beli Yang Baik SCP Expo mewadahi para mitra pelaku usaha barang dan jasa yang bertanggung jawab untuk ditampilkan pada konsumen. Kegiatan yang diusung secara nasional ini melakukan pameran secara luring (offline), dimana para hadirin dapat berkunjung ke 15 booth yang menampilkan produk dan jasa secara langsung di Kuningan City Mall, Jakarta.Sementara itu, 100 tenant lainnya menampilkan produk dan jasa wisatanya secara daring (virtual). Kegiatan ini memberikan pengalaman baru bagi seluruh pengunjung atau konsumen yang mengunjungi pameran secara virtual.

Mitra Signing Blue sebagai penyedia wisata bahari yang bertanggung jawab, turut serta dalam rangkaian kegiatan tersebut. Sekitar 15 perusahaan penyedia jasa wisata Signing Blue mengikuti pameran tersebut, antara lain: Komunal Restaurant, Mala Tours, The Haven Seminyak Bali, The Haven Berawa , Seatrek Sailing Adventures, Fontana Bali, Artotel Sanur, Artotel Haniman Ubud, Griya Santrian Bali, Lotus Bungalow, dan Hotel Puri Sari. Melalui pameran tersebut, harapannya adalah para konsumen dapat meningkatkan kesadartahuannya terhadap pelaku usaha wisata yang bertanggung jawab melalui anggota Signing Blue.

Praktik-praktik terbaik yang telah dilakukan oleh seluruh mitra Signing Blue yang terlibat dalam pameran ini, ditampilkan baik berupa video dan foto-foto sebagai bahan dari promosi jasa wisata mitra Signing Blue yang siap diakses selama 5 hari penuh. Promosi dilakukan dengan menampilkan kegiatan-kegiatan yang memberdayakan dan melibatkan masyarakat lokal, hingga bagaimana pihak manajemen perusahaan mengelola bisnis wisatanya secara bertanggung jawab dan berkelanjutan. Tidak hanya itu, Kegiatan Beli Yang Baik SCP Expo ini juga menampilkan acara diskusi panel maupun sharing session bagi para pelaku usaha lho! Yuk, simak cerita selengkapnya di Blue Tales: Talk with Signing Blues "Produk Jasa Wisata Berkelanjutan Pilihan Konsumen Bijak".


Cerita Terkini

Foto Pilihan: Desember 2021

PETANI RUMPUT LAUTSeorang petani rumput laut di Desa Blang Merang, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), teng...

Ikan Mola-Mola Terdampar di Muara Sungai Waehaong, Teluk Ambon

Oleh: Abdul Maskur Marasabessy/MPA and Biodiversity Officer Seram Seascape Jumat, 11 Januari 2019, seekor ika...

Diskusi Konservasi: Emisi Bikin Emosi!

Perubahan iklim merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi makhluk hidup di Bumi. Dampak yang ditimbulk...

Get the latest conservation news with email