Kembali

© Yayasan WWF Indonesia / Karina Lestiarsi

    



PRESS RELEASE

1.500 Pengemudi Bluebird Siap Menjadi Agen Perubahan Lingkungan

Posted on 15 August 2023
Author by Yayasan WWF Indonesia

Jakarta, 15 Agustus 2023 – Sampah plastik sudah menjadi bencana yang memengaruhi kualitas lingkungan di Indonesia. Sebagai upaya mendukung pemerintah untuk mengurangi sampah plastik, PT Blue Bird Tbk bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia dalam program Plastic Smart Cities dengan melakukan inisiatif mengganti air mineral kemasan dengan penggunaan botol minum guna ulang kepada 1.500 pengemudi taksi Blue Bird di wilayah DKI Jakarta.  

Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk mengurangi sampah plastik ke lingkungan sebanyak 30% di DKI Jakarta. Kolaborasi ini sejalan dengan program pemerintah untuk mencapai target Indonesia Bersih Sampah 2025 melalui pengurangan sampah di hulu sebesar 30%, dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2025.  

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, total timbulan sampah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai sebesar 33,1 juta ton dan 18.01% merupakan sampah plastik. Diperkirakan antara 4,8-12,7 Mt plastik terakumulasi di lautan setiap tahun (Jambeck et al., 2015), 80% di antaranya diyakini berasal dari sumber berbasis darat sedangkan 20% sisanya dari sumber berbasis laut, seperti perikanan dan industri perkapalan (Ocean Conservancy, 2017).  

Plastic Smart Cities merupakan inisiatif yang diluncurkan oleh WWF dengan misi untuk mendorong kota-kota serta pusat-pusat kegiatan pesisir untuk mengurangi kebocoran sampah plastik ke alam hingga 30% pada tahun 2030 dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan di seluruh dunia. Program Plastic Smart Cities di Indonesia telah berjalan sejak tahun 2021 dengan lokus di tiga area urban, yaitu DKI Jakarta, Kota Depok dan Kota Bogor.  

Irfan Bakhtiar, Direktur Climate & Market Transformation Yayasan WWF Indonesia menyatakan, “Kolaborasi antara PT Blue Bird Tbk dan WWF-Indonesia mengajak perusahaan untuk dapat berperan aktif dalam pengurangan sampah plastik di sumber melalui pelibatan pengemudi sebagai agent of change dan bentuk komitmen korporasi dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab. Semoga kolaborasi ini dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk melakukan perubahan dan mendorong sektor usaha lainnya berkontribusi dalam pengurangan dan penanganan sampah plastik.” 

Pada kesempatan yang sama, Mediko Azwar, Chief Marketing Officer PT Blue Bird Tbk menyatakan, “Bluebird bangga dapat menjadi bagian dari sebuah gerakan positif untuk mendukung kehidupan yang lebih baik dari terciptanya kondisi lingkungan yang sehat. Hal ini sejalan dengan komitmen visi keberlanjutan perusahaan yang dilakukan secara menyeluruh. Melalui kolaborasi ini, Bluebird berharap dapat semakin meningkatkan kesadaran pengemudi dan karyawan secara bertahap untuk mengubah perilaku mereka, agar dapat menjadi pribadi yang mendorong perbaikan kualitas lingkungan, terlebih mereka juga dapat menjadi agen perubahan karena mereka akan melayani banyak pelanggan setiap harinya.” 

Bluebird telah secara aktif melakukan kemitraan dengan berbagai pihak termasuk WWF-Indonesia guna mendukung inisiatif 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Melalui berbagai kemitraan yang dilakukan, Bluebird telah berhasil mendukung lebih dari 8.000 pengemudi dan karyawan untuk lebih bertanggung jawab dalam menggunakan kemasan plastik sekali pakai sehingga berpotensi mengurangi lebih dari 120ton botol plastik setiap tahunnya melalui pengelolaan dan substitusi.

Program kolaborasi ini merupakan wujud nyata kedua belah pihak dalam mempromosikan gaya hidup yang bertanggung jawab dan berkelanjutan demi mencegah sampah plastik yang tidak terkelola di Indonesia.  

-Selesai- 

Tentang PT Blue Bird Tbk 

PT Blue Bird Tbk. (“BIRD”) adalah perusahaan terbuka di bidang transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat yang memiliki 19 anak perusahaan dan tersebar di 18 lokasi di Indonesia (Jadetabek, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Batam, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta). 

Bluebird berkomitmen untuk memberikan pelayanan transportasi darat yang aman, andal dan nyaman dengan kemudahan akses bagi para pelanggan. Jaringan distribusi perusahaan yang ekstensif mencakup lebih dari 600 titik eksklusif di hotel, mal, pusat perbelanjaan, serta berbagai saluran reservasi secara daring. Perluasan aksesibilitas kian diperkuat dengan kehadiran aplikasi pemesanan MyBluebird yang kini telah memiliki 20 fitur terbaru dan beragam metode transaksi untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan mobilitas. 

Integrasi bisnis Bluebird terdiri dari 7 pilar utama meliputi layanan taksi reguler (di bawah merek “Blue Bird” dan “Pusaka”); layanan taksi eksekutif (di bawah merek “Silver Bird”); layanan kendaraan limusin dan sewa mobil (di bawah merek “Golden Bird”); layanan sewa bus (di bawah merek “Big Bird”); layanan shuttle antar kota (di bawah merek “Cititrans”); dan layanan pelelangan mobil (di bawah merek “Caready”); serta layanan logistik (di bawah merek “Bluebird Kirim”) Bluebird telah terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia sejak 5 November 2014. 

Tentang Yayasan WWF Indonesia 

Yayasan WWF Indonesia adalah organisasi masyarakat madani berbadan hukum Indonesia yang bergerak di bidang konservasi alam dan pembangunan berkelanjutan, dengan dukungan lebih dari 100.000 suporter. Misi Yayasan WWF Indonesia adalah untuk menghentikan penurunan kualitas lingkungan hidup dan membangun masa depan di mana manusia hidup selaras dengan alam, melalui pelestarian keanekaragaman hayati dunia, pemanfaatan sumber daya alam terbarukan yang berkelanjutan, serta dukungan pengurangan polusi dan konsumsi berlebihan. Untuk berita terbaru, kunjungi www.wwf.id dan ikuti kami di Twitter @WWF_id | Instagram @wwf_id | Facebook WWF-Indonesia | Youtube WWF-Indonesia 

Tentang Plastic Smart Cities 

Plastic Smart Cities adalah inisiatif WWF yang bekerja sama dengan kota-kota di seluruh dunia untuk mencegah sampah plastik masuk ke alam. Sejak tahun 2018, inisiatif ini mendukung kota-kota dan pusat-pusat pesisir yang mengambil tindakan berani untuk menghentikan polusi plastik. WWF bekerja dengan 25 kota percontohan untuk mencapai pengurangan kebocoran plastik sebesar 30% pada tahun 2025, melalui pengelolaan sampah yang lebih baik dan memajukan ekonomi sirkular. Bersama-sama, kami bertujuan untuk mencapai 1000 kota Plastic Smart Cities di seluruh dunia untuk bergabung dalam gerakan ini pada tahun 2030. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.plasticsmartcities.id. 

 

Media Contact: 

PT Blue Bird Tbk: 

Emeralda |Head of Corporate Communications PT Blue Bird Tbk 

E: [email protected] 

P: (62) 812-8227-7271 

Rio Qashmal | Public Relations PT Blue Bird Tbk 

E: [email protected] 

P: (62) 877 – 8210 - 0137 

Karina Lestiarsi | Communication Officer WWF-Indonesia

[email protected]

+62 852 1816 1683

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1,500 BLUEBIRD DRIVERS ARE READY TO BECOME ENVIRONMENTAL AGENTS OF CHANGE


Jakarta, August 15, 2023 - Plastic waste has become a disaster that affects the environmental quality in Indonesia. As an effort to support the government in reducing plastic waste, PT Blue Bird Tbk collaborates with WWF-Indonesia in the Plastic Smart Cities program by conducting an initiative to replace bottled mineral water with the use of reusable drinking bottles to 1,500 Blue Bird taxi drivers in the DKI Jakarta area.  

The goal of this collaboration is to reduce plastic waste in the environment by 30% in DKI Jakarta. This collaboration is in line with the government's program to achieve the Indonesia Clean Waste 2025 target by reducing upstream waste by 30% and handling waste by 70% by 2025.

Based on data from the Ministry of Environment and Forestry, the total waste generated in Indonesia in 2022 reached 33.1 million tons and 18.01% was plastic waste. It is estimated that between 4.8-12.7 Mt of plastic accumulates in the ocean each year (Jambeck et al., 2015), 80% of which is believed to come from land-based sources while the remaining 20% from marine-based sources, such as fisheries and the shipping industry (Ocean Conservancy, 2017).  

Plastic Smart Cities is an initiative launched by WWF with a mission to encourage cities and coastal centers to reduce the leakage of plastic waste into nature by 30% by 2030 by working with stakeholders around the world. The Plastic Smart Cities program in Indonesia has been running since 2021 with a locus in three urban areas, namely DKI Jakarta, Depok City, and Bogor City.  

Irfan Bakhtiar, Director of Climate & Market Transformation of WWF Indonesia stated, "The collaboration between PT Blue Bird Tbk and WWF-Indonesia invites companies to be able to play an active role in reducing plastic waste at the source through the involvement of drivers as agents of change and a form of corporate commitment in running a responsible business. Hopefully, this collaboration can inspire other companies to make changes and encourage other business sectors to contribute to the reduction and handling of plastic waste." 

On the same occasion, Mediko Azwar, Chief Marketing Officer of PT Blue Bird Tbk stated, "Bluebird is proud to be part of a positive movement to support a better life from the creation of healthy environmental conditions. This is in line with the company's overall sustainability vision commitment. Through this collaboration, Bluebird hopes to further increase the awareness of drivers and employees gradually to change their behavior, so that they can become individuals who encourage improvements in environmental quality, moreover, they can also be agents of change because they will serve many customers every day." 

Bluebird has actively partnered with various parties including WWF-Indonesia to support the 3R (Reuse, Reduce, Recycle) initiative. Through various partnerships, Bluebird has succeeded in supporting more than 8,000 drivers and employees to be more responsible in using disposable plastic packaging, potentially reducing more than 120 tons of plastic bottles annually through management and substitution.

This collaboration program is a concrete manifestation of both parties in promoting a responsible and sustainable lifestyle to prevent unmanaged plastic waste in Indonesia.

-Finished- 

About PT Blue Bird Tbk 

PT Blue Bird Tbk ("BIRD") is a publicly listed company in the field of passenger transportation and land transportation services which has 19 subsidiaries and is spread across 18 locations in Indonesia (Jadetabek, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Batam, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo and Yogyakarta). 

Bluebird is committed to providing safe, reliable, and comfortable land transportation services with easy access for customers. The company's extensive distribution network includes more than 600 exclusive points in hotels, malls, and shopping centers, as well as various online reservation channels. The expansion of accessibility is further strengthened by the presence of the MyBluebird booking application which now has 20 new features and a variety of transaction methods to support ease and comfort of mobility. 

Bluebird's business integration consists of 7 main pillars including regular taxi services (under the "Blue Bird" and "Pusaka" brands); executive taxi services (under the "Silver Bird" brand); limousine and car rental vehicle services (under the "Golden Bird" brand); bus rental services (under the "Big Bird" brand); inter-city shuttle services (under the "Cititrans" brand); and car auction services (under the "Caready" brand); as well as logistics services (under the "Bluebird Kirim" brand) Bluebird has been listed as an issuer on the Indonesia Stock Exchange since November 5, 2014. 

About WWF-Indonesia 

WWF-Indonesia is a civil society organization with a local legal entity and global network, supported by more than 100,000 supporters. Our mission is to stop the degradation of the earth’s natural environment and to build a future in which humans live in harmony with nature, by conserving the world's biological diversity, ensuring that the use of renewable natural resources is sustainable, and promoting the reduction of pollution and wasteful consumption. For the latest news, visit www.wwf.id and follow us on Twitter @WWF_id | Instagram @wwf_id | Facebook WWF-Indonesia | Youtube WWF-Indonesia | Line Friends WWF Indonesia

About Plastic Smart Cities 

Plastic Smart Cities is a WWF initiative that works with cities around the world to prevent plastic waste from entering nature. Since 2018, the initiative has supported cities and coastal centers that take bold action to stop plastic pollution. WWF is working with 25 pilot cities to achieve a 30% reduction in plastic leakage by 2025, through better waste management and advancing the circular economy. Together, we aim to reach 1,000 Plastic Smart Cities around the world to join the movement by 2030. For more information, visit www.plasticsmartcities.id. 


Media Contact: 

PT Blue Bird Tbk: 

Emeralda |Head of Corporate Communications PT Blue Bird Tbk

E: [email protected] 

P: (62) 812-8227-7271 

Rio Qashmal | Public Relations PT Blue Bird Tbk 

E: [email protected] 

P: (62) 877 - 8210 - 0137 

Karina Lestiarsi | Communication Officer WWF-Indonesia

[email protected]

+62 852 1816 1683


Cerita Terkini

Konsumsi Satwa Liar Global Menurun 30% Hal Ini Dianggap Berkaitan deng

Survei GlobeScan untuk WWF yang dikeluarkan 24 Mei 2021 dalam sebuah laporan berjudul, COVID-19: One Year Later:&n...

Misi Baru KM Gurano Bintang bagi Pendidikan, Penelitian, dan Pelayanan

Universitas Pattimura menerima hibah kapal kayu berbobot mati 34 GT KM Gurano Bintang dari Yayasan WWF Indonesia&n...

Observing Community’s Efforts to Protect Turtle Nesting Beach in Bur

Observing Community’s Efforts to Protect Turtle Nesting Beach in Buru Island The crashing waves accompany t...

Get the latest conservation news with email