PENDIDIKAN

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Membentuk Sekolah, Komunitas dan Masyarakat menjadi Pusat Pembelajaran

Pendidikan adalah kunci untuk katalisasi Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (Sustainble Development Goals/SDG’s) demi Bumi yang lebih baik ke depan dan menjadi bekal kehidupan generasi yang akan datang. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) dapat diartikan sebagai proses untuk memfasilitasi pengembangan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai sehingga individu maupun kelompok dapat berkontribusi secara positif untuk mengurangi jejak ekologis dan juga mempertahankan keanekaragaman hayati.

Dalam menjalankan Program ESD, WWF-Indonesia menargetkan sekolah formal, komunitas dan masyarakat yang berada dalam wilayah kerja WWF-Indonesia baik lanskap maupun bentang laut Wilayah Kerja WWF-Indonesia. Kegiatan ESD di Kalimantan dilakukan pada 13 kabupaten yang berada di jantung hutan Kalimantan (Heart of Borneo), yaitu: Provinsi Kalimantan Tengah (Katingan, Murung Raya, Gunung Mas, Pulang Pisau dan Barito Utara), Provinsi Kalimantan Timur (Kutai Barat, Mahakam Ulu), Provinsi Kalimantan Barat (Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang), Provinsi Kalimantan Utara (Nunukan dan Malinau). Pada setiap kabupaten tersebut dibangun sekolah percontohan dengan tujuan untuk menjadikan sekolah sebagai pusat pembelajaran komunitas sekitar dan sekolah lainnya dengan menanamkan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan.

Hingga saat ini, total sekolah yang mendapat pendampingan intensif berjumlah 43, yang dilakukan dalam bentuk pelatihan untuk peningkatan kualitas sekolah, dan penanaman nilai-nilai pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Program ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan sekolah secara menyeluruh, yang meliputi pengajaran dan pembelajaran, budaya dan etos sekolah, murid, masyarakat, lingkungan sekolah, permainan, pengawasan, dan evaluasi.

BERITA & CERITA TERKAIT

Belajar Mendongeng Bersama Paman Gery dan Masyarakat Sawesuma

Yaysan WWF-Indonesia dan Earth Hour (EH) melalui program ESD melakukan kegiatan Training of Trainer yang melibatkan perwakilan komunitas dan sekolah alam Sawesuma

Connect with Marine Buddies: Bagaimana Komunitas KPop Berperan dalam A

Pada 26 September 2021 lalu, komunitas Marine Buddies melaksanakan kegiatan diskusi Connect with Marine Buddies dengan tema “How Kpopers are Saving the Planet”, yang berkolaborasi dengan fanbase idol KPop NCT Dream Jaemin, yaitu Jaeminnesia.

Yayasan WWF Indonesia Mengumumkan Perubahan Manajemen

Badan Pengurus Yayasan WWF Indonesia hari ini, Jumat 10 September 2021, mengumumkan telah menerima pengunduran diri Dicky P Simorangkir setelah setahun memimpin Yayasan WWF Indonesia sebagai Chief Executive Officer (CEO).

THE MINISTRY OF MARINE AND FISHERIES AFFAIRS CALLS ALL PARTIES TO JOIN

The Ministry of Maritime Affairs and Fisheries (KKP) at the 3rd Shark and Ray Symposium in Indonesia invite various stakeholders to work together to synergize in conserving sharks and rays in Indonesia.

BETTER CONSUMPTION FOR SMART CONSUMERS

Taking the moment of National Consumer Day on April 20th and Earth Day on April 22nd, the WWF Indonesia Foundation held a “BETTER CONSUMPTION (BELI YANG BAIK SUSTAINABLE CONSUMPTION AND PRODUCTION EXPO”

EARTH HOUR 2021: A CALL FOR UNION TO CARE FOR NATURE AND HEALTH

The Earth Hour movement was carried out simultaneously throughout the world. Earth Hour 2021 was a moment to unite the world's population to talk about nature amidst the global health crisis of COVID-19.

#Race4HuluCiliwung

Kawasan Hulu Ciliwung merupakan salah satu ekosistem penyangga kehidupan di mana banyak makhluk hidup, termasuk manusia bergantung padanya. Ayo ikut bersama kami dalam #Race4HuluCiliwung dan ambil bagian dalam upaya melestarikan salah satu ekosistem kunci ini!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email