PENDIDIKAN

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Membentuk Sekolah, Komunitas dan Masyarakat menjadi Pusat Pembelajaran

Pendidikan adalah kunci untuk katalisasi Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (Sustainble Development Goals/SDG’s) demi Bumi yang lebih baik ke depan dan menjadi bekal kehidupan generasi yang akan datang. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) dapat diartikan sebagai proses untuk memfasilitasi pengembangan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai sehingga individu maupun kelompok dapat berkontribusi secara positif untuk mengurangi jejak ekologis dan juga mempertahankan keanekaragaman hayati.

Dalam menjalankan Program ESD, WWF-Indonesia menargetkan sekolah formal, komunitas dan masyarakat yang berada dalam wilayah kerja WWF-Indonesia baik lanskap maupun bentang laut Wilayah Kerja WWF-Indonesia. Kegiatan ESD di Kalimantan dilakukan pada 13 kabupaten yang berada di jantung hutan Kalimantan (Heart of Borneo), yaitu: Provinsi Kalimantan Tengah (Katingan, Murung Raya, Gunung Mas, Pulang Pisau dan Barito Utara), Provinsi Kalimantan Timur (Kutai Barat, Mahakam Ulu), Provinsi Kalimantan Barat (Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang), Provinsi Kalimantan Utara (Nunukan dan Malinau). Pada setiap kabupaten tersebut dibangun sekolah percontohan dengan tujuan untuk menjadikan sekolah sebagai pusat pembelajaran komunitas sekitar dan sekolah lainnya dengan menanamkan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan.

Hingga saat ini, total sekolah yang mendapat pendampingan intensif berjumlah 43, yang dilakukan dalam bentuk pelatihan untuk peningkatan kualitas sekolah, dan penanaman nilai-nilai pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Program ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan sekolah secara menyeluruh, yang meliputi pengajaran dan pembelajaran, budaya dan etos sekolah, murid, masyarakat, lingkungan sekolah, permainan, pengawasan, dan evaluasi.

BERITA & CERITA TERKAIT

Panduan Lapangan, Buku Pedoman untuk Pemandu Ekowisata Pengamatan Buru

Universitas Cenderawasih meluncurkan buku “Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Pengamatan Burung di Papua’’, di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Pengamatan Burung di Papua

Inisiasi penyusunan buku panduan ini berawal dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh Program Studi Biologi Universitas Cenderawasih bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia dalam rentang tahun 2016 - 2019

Call for Proposal Consultant to Gain Commitment from Downstream Compan

Through ASPOL project, funded by HSBC, WWF Indonesia aims to gain commitment from downstream companies, including consumer goods manufacturers, retailers, hotels, and restaurants, to source sustainable palm oil for domestic consumers

KUMBANG 2022: Diskusi Strategi Kampanye Lingkungan dan Keanekaragaman

KUMBANG 2022 telah dilaksanakan dan mempertemukan perwakilan relawan Earth Hour dan Marine Buddies dari seluruh Indonesia. Simak keseruannya dalam artikel ini!

Api Semangat Kaum Muda Tanah Air Indonesia di KATA Indonesia

Kaum Muda Tanah Air (KATA) Indonesia merupakan ruang bagi kaum muda di seluruh Indonesia untuk sebuah visi bersama, Indonesia Emas 2045.

Merayakan Hari Cinta Puspa Satwa Nasional melalui Gameday

Komunitas Earth Hour Indonesia dan Marine Buddies tentunya merayakan HCPSN 2021 dengan caranya tersendiri, yaitu Game Day.

#Race4HuluCiliwung

Kawasan Hulu Ciliwung merupakan salah satu ekosistem penyangga kehidupan di mana banyak makhluk hidup, termasuk manusia bergantung padanya. Ayo ikut bersama kami dalam #Race4HuluCiliwung dan ambil bagian dalam upaya melestarikan salah satu ekosistem kunci ini!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email