PENDIDIKAN

Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Membentuk Sekolah, Komunitas dan Masyarakat menjadi Pusat Pembelajaran

Pendidikan adalah kunci untuk katalisasi Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (Sustainble Development Goals/SDG’s) demi Bumi yang lebih baik ke depan dan menjadi bekal kehidupan generasi yang akan datang. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) dapat diartikan sebagai proses untuk memfasilitasi pengembangan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai sehingga individu maupun kelompok dapat berkontribusi secara positif untuk mengurangi jejak ekologis dan juga mempertahankan keanekaragaman hayati.

Dalam menjalankan Program ESD, WWF-Indonesia menargetkan sekolah formal, komunitas dan masyarakat yang berada dalam wilayah kerja WWF-Indonesia baik lanskap maupun bentang laut Wilayah Kerja WWF-Indonesia. Kegiatan ESD di Kalimantan dilakukan pada 13 kabupaten yang berada di jantung hutan Kalimantan (Heart of Borneo), yaitu: Provinsi Kalimantan Tengah (Katingan, Murung Raya, Gunung Mas, Pulang Pisau dan Barito Utara), Provinsi Kalimantan Timur (Kutai Barat, Mahakam Ulu), Provinsi Kalimantan Barat (Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang), Provinsi Kalimantan Utara (Nunukan dan Malinau). Pada setiap kabupaten tersebut dibangun sekolah percontohan dengan tujuan untuk menjadikan sekolah sebagai pusat pembelajaran komunitas sekitar dan sekolah lainnya dengan menanamkan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan.

Hingga saat ini, total sekolah yang mendapat pendampingan intensif berjumlah 43, yang dilakukan dalam bentuk pelatihan untuk peningkatan kualitas sekolah, dan penanaman nilai-nilai pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Program ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan sekolah secara menyeluruh, yang meliputi pengajaran dan pembelajaran, budaya dan etos sekolah, murid, masyarakat, lingkungan sekolah, permainan, pengawasan, dan evaluasi.

BERITA & CERITA TERKAIT

Perkemahan Pramuka "Turtle Hero" Indonesia-Malaysia

Pramuka Sambas laksanakan Perkemahan Pramuka Penegak Pandega “Turtle Hero—World Scout Environment Programme (WSEP)”.

SMPN 25 Satu Atap Kaur Mengenal Harimau Sumatera Lebih Dekat

Dalam rangka meningkatkan kesadaran generasi muda tentang kelestarian Harimau Sumatera, WWF-Indonesia melakukan edukasi di SMPN 25 Satu Atap, Kaur.

Jadi Bagian dari Pengelolaan Hiu dan Pari? Siapa Takut!

Sobat, tahukah kamu jumlah hiu dan pari saat ini di lautan?

Jaksa Peduli Satwa: Melindungi Satwa Liar dan Ekosistem

Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi menggelar acara peluncuran "Jaksa Peduli Satwa", program kolaborasi antara Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi dan WWF-Indonesia.

Pelatihan Pengelolaan KKP di Koon

“Katong su tahu dari lama, Bapak Jou tutup perairan Koon untuk dilindungi dan suruh katong yang jaga," ucap Imam, anggota Pokmaswas Leawana.

Belajar Menjadi Pengajar Untuk ESD di Indonesia

Dari pelatihan ini, saya mendapatkan perspektif baru tentang cara mengajar yang hanya di dalam kelas menjadi proses pembelajaran yang menyenangkan.

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email