Mitra Kami

Samsonite



Sungai Ciliwung terbentang dari hulu Ciliwung yang terletak di daerah Puncak Bogor yang meliputi kawasan Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Cisarua hingga kawasan hilir di pantai utara Jakarta, Sungai Ciliwung mempunyai panjang 120 Km dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) 387 Km2.

Sungai Ciliwung berperan penting bagi jutaan orang mulai dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, hingga Kota Jakarta dan bermuara ke Teluk Jakarta, untuk pemanfaatan sumber air bersih yang berasal dari Kawasan hulu Ciliwung. Kawasan hulu Ciliwung menjadi salah satu area yang penting, karena termasuk area konservasi untuk melestarikan habitat macan tutul jawa (Panthera pardus melas) yang merupakan salah satu dari 21 spesies satwa liar prioritas. Untuk tetap memastikan ketersediaan air bersih dan keberadaan keanekaragaman hayati, pohon menjadi penyusun ekosistem terpenting di Kawasan Hulu Ciliwung.

NEWtrees merupakan salah satu program Yayasan WWF Indonesia (WWF-Indonesia) untuk penanaman pohon (reforestasi) di kawasan-kawasan lahan kritis dan terdegadrasi di Indonesia. NEWtrees ini adalah cara inovatif bagi lembaga untuk membantu menghutankan kembali kawasan lindung/konservasi. Dengan skema NEWtrees, tanaman akan dipantau pertumbuhannya dan dirawat selama masa-masa krusial yaitu 2 tahun pertama. Setelah tanaman berumur 2 tahun diasumsikan bahwa tanaman sudah cukup kuat. Jika dalam kurun waktu 2 tahun tersebut ada tanaman yang mati, maka tanaman mati tersebut akan diganti dengan tanaman lain (disulam).

Sebagai bagian dari tanggung jawab lingkungan, PT Samsonite Indonesia mendukung program NEWtrees dengan menanam 2,000 pohon. Program ini juga terlaksana atas dukungan Kesatuan Pemangku Hutan Bogor Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten. Dalam menjalankan Program NEWtrees, WWF-Indonesia juga bekerja sama dengan masyarakat sekitar, di mana penanaman pohon dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. Dalam jangka panjang, pohon yang ditanam diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan juga untuk meningkatkan kualitas udara, serta air di Sungai Ciliwung yang layak dikonsumsi oleh masyarakat sekitar hingga masyarakat di Kota Jakarta, selain itu program penanaman pohon tersebut dapat meningkatkan tangkapan air di kawasan hulu Ciliwung serta mengurangi risiko bencana ala

 

BERITA & CERITA TERKAIT

Yayasan WWF Indonesia Luncurkan E-commerce Ramah Lingkungan: shop.wwf.

Yayasan WWF Indonesia secara resmi luncurkan toko berbasis digital atau e-commerce, shop.wwf.id yang dijalankan oleh PT Panda Lestari. Toko ini merupakan sebuah solusi yang menyediakan berbagai pilihan produk lokal yang dihasilkan dari produsen dampingan Yayasan WWF Indonesia dan pelaku UMKM.

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

Get the latest conservation news with email