Mitra Kami

Kolaborasi untuk Melindungi Hutan & Keanekaragaman Hayati




Hutan memiliki peranan penting bagi kehidupan di bumi. Keberadaan hutan membantu menjaga iklim kita tetap stabil, menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Hutan mengatur pasokan air kita dan meningkatkan kualitasnya. Hutan juga menyediakan rumah bagi lebih dari setengah spesies di daratan dan menyimpan keanekaragaman hayati yang begitu kaya dan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar.

Sayangnya, keberadaan hutan semakin terancam dengan meningkatnya populasi dan kebutuhan lahan, serta perubahan iklim. Hingga saat ini, permasalahan hutan masih kerap terjadi di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Untuk menjawab kebutuhan pelestarian hutan yang kian mendesak, Pigeon memiliki visi yang sejalan yaitu untuk mewariskan Bumi yang kaya bagi masa depan bayi yang akan dilahirkan. Pigeon dan WWF bermitra bersama untuk mendukung upaya rehabilitasi hutan di Muaro Sungai Lolo, Provinsi Sumatra Barat dan meningkatkan kesadaran akan konservasi hutan.

Kemitraan ini berfokus pada tiga hal, yaitu rehabilitasi hutan melalui program NEWtrees, peningkatan kapasitas melalui sustainable livelihood workshop untuk kelompok tani lokal, serta edukasi tentang pentingnya hutan dan keanekaragaman hayati.

 

BERITA & CERITA TERKAIT

Yayasan WWF Indonesia Luncurkan E-commerce Ramah Lingkungan: shop.wwf.

Yayasan WWF Indonesia secara resmi luncurkan toko berbasis digital atau e-commerce, shop.wwf.id yang dijalankan oleh PT Panda Lestari. Toko ini merupakan sebuah solusi yang menyediakan berbagai pilihan produk lokal yang dihasilkan dari produsen dampingan Yayasan WWF Indonesia dan pelaku UMKM.

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

Get the latest conservation news with email