Mitra Kami

BCA


Mangrove adalah ekosistem yang turut berperan dalam memberikan daerah perlindungan dan perkembangan bagi keanekaragaman hayati, serta menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya. Misalnya, di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, mangrove berperan sebagai penghubung Semenanjung Ujung Kulon dengan daratan Pulau Jawa yang terancam putus akibat tingkat abrasi yang tinggi. Hal ini bisa berdampak pada kepunahan populasi Badak Jawa yang ada di sana, sedangkan kawasan tersebut merupakan satu-satunya habitat Badak Jawa saat ini.

BCA mendukung program Rehabilitasi Mangrove (NEWtrees Mangrove) di Taman Nasional Ujung Kulon yang dilaksanakan oleh WWF Indonesia dalam upaya pelestarian mangrove dan perbaikan habitat Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Dalam program ini, BCA melakukan penanaman mangrove di kawasan yang terdegradasi dan pengawasan terhadap pertumbuhan pohon-pohon melalui Geotags, serta sosialisasi dengan masyarakat untuk ikut terlibat langsung dalam kegiatan rehabilitasi.

Selain berkontribusi dalam program penanaman Mangrove, BCA juga membantu merestorasi lahan gambut di Kabupaten Bengkalis Riau yang merupakan dampak dari bencara kebakaran hutan beberapa waktu lalu.  Kebakaran hutan hingga kini masih menjadi masalah, tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Dimana hutan merupakan salah satu sumber utama kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di bumi, dimana dapat memberikan oksigen serta udara bersih untuk bernapas. 

Lebih dari itu, hutan juga merupakan rumah bagi berbagai jenis satwa dan tumbuhan, serta dapat memberikan penghidupan bagi masyarakat sekitar ataupun kelompok pengusaha dengan memanfaatkan hasil hutan. 


 

BERITA & CERITA TERKAIT

Yayasan WWF Indonesia Luncurkan E-commerce Ramah Lingkungan: shop.wwf.

Yayasan WWF Indonesia secara resmi luncurkan toko berbasis digital atau e-commerce, shop.wwf.id yang dijalankan oleh PT Panda Lestari. Toko ini merupakan sebuah solusi yang menyediakan berbagai pilihan produk lokal yang dihasilkan dari produsen dampingan Yayasan WWF Indonesia dan pelaku UMKM.

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

Get the latest conservation news with email