Mitra Kami

Artotel Group


Membangun Pariwisata Bekelanjutan bersama “ARTOTEL Earth”

Sebagai mitra resmi program Signing Blue dari WWF-Indonesia, Artotel Group berkomitmen melakukan praktik usaha yang bertanggung jawab dalam melestarikan pariwisata berkelanjutan. Manajemen hotel menunjukkan praktik yang diterapkan di hotel masing-masing dengan cara pengelolaan sampah, dan pengurangan single use plastic.

Di tahun 2019, Artotel mengusung tema ARTOTEL Earth yang merupakan kelanjutan dari program ARTOTEL For Hope yang telah dilakukan sejak tahun 2016. Rangkaian kegiatan ARTOTEL Earth yang dimulai pada bulan Desember 2019 adalah mengumpulkan donasi, pameran seni, dan pembuatan cinderamata daur ulang dari kain sprei bekas. Selama bulan Desember 2019, Artotel menyisihkan Rp.10.000 dari setiap kamar yang terjual untuk disumbangkan kepada WWF-Indonesia yang akan digunakan untuk kegiatan pelestarian kehidupan maritim dan pengelolaan limbah di Indonesia. Sebagai timbal baliknya, para tamu akan mendapatkan komik karya seniman Mulyakarya yang menceritakan tentang Labuan Bajo, salah satu area kerja WWF-Indonesia. Sedangkan untuk tamu yang tidak menginap bisa berkontribusi kepada dengan membeli komik tersebut.

Selama periode tanggal 1 Desember 2019 sampai 31 Januari 2020 seluruh ARTSPACE di properti Artotel Group menampilkan pameran seni karya Mulyakarya, kelompok seniman asal Yogyakarta yang didirikan oleh Danang Catur & Yudha Sandy. Pameran menampilkan, komik, poster, lukisan dan instalasi yang secara umum bercerita tentang destinasi wisata Indonesia yang sangat terkenal akan keindahannya namun tercemar oleh sampah.   

Artotel juga menggandeng sebuah kewirausahaan sosial (Social Enterprise) yang memproduksi barang barang daur ulang (Upcycle) bernama TRI Upcycle untuk mengurangi sampah lingkungan. ARTOTEL Earth mengumpulkan linen bekas dari semua property untuk diubah menjadi merchandise khas ARTOTEL Earth berupa tas belanja yang dapat dibeli oleh semua tamu. Hasil penjualannya akan disumbangkan juga kepada WWF–Indonesia dan TRI Upcycle. Donasi yang diterima oleh TRI Upcycle akan digunakan untuk penanaman pohon di Kalimantan Tengah.

 ‘’Melalui ARTOTEL Earth, kami ingin menunjukkan komitmen ARTOTEL Group terhadap lingkungan yg dikemas dengan seni," kata Erastus Radjimin, CEO Artotel. 







 

BERITA & CERITA TERKAIT

Yayasan WWF Indonesia Luncurkan E-commerce Ramah Lingkungan: shop.wwf.

Yayasan WWF Indonesia secara resmi luncurkan toko berbasis digital atau e-commerce, shop.wwf.id yang dijalankan oleh PT Panda Lestari. Toko ini merupakan sebuah solusi yang menyediakan berbagai pilihan produk lokal yang dihasilkan dari produsen dampingan Yayasan WWF Indonesia dan pelaku UMKM.

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

Get the latest conservation news with email