Ujung Kulon

Kepulauan

Jawa

Spesies

BADAK

Taman Nasional Ujung Kulon berlokasi di ujung barat pulau Jawa, yang menjadi satu-satunya habitat bagi spesies endemik  berstatus kritis, Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). Lebih dari 60 individu Badak Jawa hidup di kawasan ini. WWF-Indonesia telah aktif sejak 1962 untuk menyelamatkan spesies ini dari kepunahan. Tantangan yang kini dihadapi dalam konservasi Badak Jawa adalah kualitas habitat dan kompetisi dengan spesies lain untuk mendapatkan pakan. Prioritas pekerjaan kami di tahun-tahun mendatang adalah program pemberantasan spesies tanaman Langkap (Arenga obtusifolia) yang merupakan tanaman invasif dan mengancam ketersediaan tanaman pakan Badak Jawa.

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Yayasan WWF Indonesia Luncurkan E-commerce Ramah Lingkungan: shop.wwf.

Yayasan WWF Indonesia secara resmi luncurkan toko berbasis digital atau e-commerce, shop.wwf.id yang dijalankan oleh PT Panda Lestari. Toko ini merupakan sebuah solusi yang menyediakan berbagai pilihan produk lokal yang dihasilkan dari produsen dampingan Yayasan WWF Indonesia dan pelaku UMKM.

Gerakan Pariwisata Bersama Masyarakat Desa Marisa, Pulau Kangge, Kepul

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 dan meredup hingga dua setengah tahun lamanya, kini lambat laun sektor pariwisata perlahan mulai bangkit kembali. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia kembali mengeliat, salah satunya wisata di Kepulauan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tersusun atas pulau - pulau kecil, Kabupaten Alor memiliki pesona bahari yang cukup popular, salah satu andalannya adalah Desa Marisa yang berada di Pulau Kangge.

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

Get the latest conservation news with email