Papua Barat

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Lanskap

Menindaklanjuti pengumuman baru-baru ini dari Pemerintah Papua Barat yang akan menyisihkan 60% dari tanahnya untuk konservasi, WWF telah memperkenalkan pemetaan tempat-tempat penting bagi masyarakat dan penggunaan lahan tradisional sebagai dasar untuk tata kelola sumber daya. Beberapa kawasan yang menjadi prioritas adalah Cagar Alam Arfak, Cagar Alam Tambrauw, Cagar Alam Tambrauuw Utara dan Selatan dan Jeen Womom. Jeen Womom adalah area pesisir seluas 32.350,8 ha yang berfungsi sebagai katalisator untuk melindungi habitat bersarang Penyu Belimbing yang paling penting di Asia Pasifik. Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen untuk mengamankan provinsi ini melalui memberlakukan Rencana Tata Ruang Wilayah Papua Barat yang terdiri dari 60% kawasan dilindungi dan 40% kawasan budidaya. Ini akan memastikan bahwa area seluas 682.180 ha untuk penambangan dan 3.076 ha area kelapa sawit tidak akan diperluas.

WWF akan mempersiapkan keahlian teknis Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk meninjau rencana tata ruang regional dan penilaian lingkungan strategis.

BERITA & CERITA TERKAIT

Membangun Generasi Muda Mandiri yang Siap Pakai dan Berwawasan Konserv

Universitas Papua (UNIPA) bersama dengan Yayasan WWF Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama dalam lima tahun kedepan terhitung tanggal 16 April 2021.

KUMBANG Earth Hour Indonesia 2019: Mari Jaga Bumi!

Kegiatan KUMBANG (Kumpul Belajar Bareng) Nasional Earth Hour kembali diadakan. Tahun ini, KUMBANG Nasional Earth Hour ke-7 dilaksanakan di Resort Bumi Katulampa Bogor, Jawa Barat pada tanggal 10 - 14 Januari 2019.

Mengamati Perilaku Burung Cenderawasih di Laboratorium Alam Sejati

Kembali ke hutan, pelestarian dan pengelolaan hutan yang berkelanjutan membantu menjaga ekosistem hutan, sekolah dan laboratorium (alam) yang sesungguhnya.

Menjaga Habitat Gajah melalui Forum Sahabat Gajah

Menghadapi sekawanan gajah yang berbondong-bondong mendatangi kebun bukan lagi hal baru bagi masyarakat Pemerihan. Desa yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini telah menjadi desa siaga dalam

Masyarakat Adat, Sang "Guru" Pembimbing dalam Memulihkan Hubungan anta

Kita dapat mengambil beberapa pelajaran penting dari penjaga alam terkait hubungan dengan alam, pengetahuan tradisional, dan solidaritas yang memungkinkan mereka membangun komunitas dan kehidupan yang tangguh di wilayah mereka.

#Race4HuluCiliwung

Kawasan Hulu Ciliwung merupakan salah satu ekosistem penyangga kehidupan di mana banyak makhluk hidup, termasuk manusia bergantung padanya. Ayo ikut bersama kami dalam #Race4HuluCiliwung dan ambil bagian dalam upaya melestarikan salah satu ekosistem kunci ini!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email