Papua Bagian Utara

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Lanskap

Spesies

CENDERAWASIH

Lanskap Papua Bagian Utara merepresentasikan ekosistem dataran rendah dan hutan pegunungan di bagian utara pulau Papua. Gunung Cycloop adalah bagian dari lanskap ini, sebuah area seluas 22,500 ha yang dirancang sebagai cagar alam. Cagar alam ini terdiri dari lima tipe ekosistem utama yaitu hutan hujan dataran rendah, hutan pegunungan, hutan sekunder, dan padang rumput. Hutan adat telah didirikan seluas 19,000 ha untuk melindungi Cendrawasih Elok (Macgregoria pulchra) yang merupakan satwa endemik wilayah ini. Pelanggaran batas adalah ancaman terbesar di wilayah ini, dan menjaga hutan (area resapan air) sangatlah penting terkait fungsinya sebagai sumber mata air satu-satunya bagi masyarakat di kota-kota terdekat, dan distrik Jayapura termasuk Danau Sentani.

WWF akan mendorong manajemen hutan berkelanjutan dengan pemerintah daerah dan mendukung hutan kemasyarakatan, produk hutan non-kayu, kakao organik, dan inisiatif ekowisata di bawah manajemen berbasis masyarakat. 

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Panduan Lapangan, Buku Pedoman untuk Pemandu Ekowisata Pengamatan Buru

Universitas Cenderawasih meluncurkan buku “Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Pengamatan Burung di Papua’’, di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Pengamatan Burung di Papua

Inisiasi penyusunan buku panduan ini berawal dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh Program Studi Biologi Universitas Cenderawasih bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia dalam rentang tahun 2016 - 2019

Call for Proposal Consultant to Gain Commitment from Downstream Compan

Through ASPOL project, funded by HSBC, WWF Indonesia aims to gain commitment from downstream companies, including consumer goods manufacturers, retailers, hotels, and restaurants, to source sustainable palm oil for domestic consumers

Kolaborasi untuk Melindungi Hutan dan Keanekaragaman Hayati

Pigeon dan Yayasan WWF Indonesia bermitra bersama untuk mendukung upaya rehabilitasi/restorasi hutan di Nagari Muaro Sungai Lolo, Provinsi Sumatera Barat dan meningkatkan kesadaran akan konservasi hutan.

WWF Indonesia Foundation Announces Management Changes

The WWF Indonesia Foundation Board, Friday 10 September 2021, announced that it has accepted the resignation of Dicky P Simorangkir after one year leading the WWF Indonesia Foundation as Chief Executive Officer (CEO).

A Story from the Last Village in Jayapura Regency

Novilla Aru yang lebih akrab dipanggil Amo sebutan ibu dalam bahasa Nabire adalah salah satu dari sejumlah perempuan yang ada di Kampung Sawesuma, kampung di batas Kabupaten Jayapura.

#Race4HuluCiliwung

Kawasan Hulu Ciliwung merupakan salah satu ekosistem penyangga kehidupan di mana banyak makhluk hidup, termasuk manusia bergantung padanya. Ayo ikut bersama kami dalam #Race4HuluCiliwung dan ambil bagian dalam upaya melestarikan salah satu ekosistem kunci ini!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email