Papua Bagian Utara

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Taman Nasional
Lanskap

Spesies

CENDERAWASIH

Lanskap Papua Bagian Utara merepresentasikan ekosistem dataran rendah dan hutan pegunungan di bagian utara pulau Papua. Gunung Cycloop adalah bagian dari lanskap ini, sebuah area seluas 22,500 ha yang dirancang sebagai cagar alam. Cagar alam ini terdiri dari lima tipe ekosistem utama yaitu hutan hujan dataran rendah, hutan pegunungan, hutan sekunder, dan padang rumput. Hutan adat telah didirikan seluas 19,000 ha untuk melindungi Cendrawasih Elok (Macgregoria pulchra) yang merupakan satwa endemik wilayah ini. Pelanggaran batas adalah ancaman terbesar di wilayah ini, dan menjaga hutan (area resapan air) sangatlah penting terkait fungsinya sebagai sumber mata air satu-satunya bagi masyarakat di kota-kota terdekat, dan distrik Jayapura termasuk Danau Sentani.

WWF akan mendorong manajemen hutan berkelanjutan dengan pemerintah daerah dan mendukung hutan kemasyarakatan, produk hutan non-kayu, kakao organik, dan inisiatif ekowisata di bawah manajemen berbasis masyarakat. 

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Kunjungan Kasih Sayang Teruntuk Mawar sang Duyung

“Seperti anak sendiri karena Mawar sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat Alor. Karena ketika kehilangan, rindu itu terasa menyakitkan”

APRIL&APP Memasok Kayu dari Sumber Kontroversial

Koalisi Anti Mafia Hutan merilis laporan temuan pelanggaran komitmen zero deforestation oleh dua raksasa penghasil pulp dan kertas di Indonesia—grup Asia Pulp and Paper (APP)/Sinarmas dan Asia Pacific Resources International Limited (APRIL). Dua grup tersebut

Menjaga Alam, Menjaga Adat

Tim Pengamanan Hutan Adat Desa Tanjung Belit melakukan patroli perdana pada 19-21 Oktober 2019 menyusul penetapan tim ini pada April lalu.

Hasil Daya Dukung Jadi Rekomendasi Pengelolaan TNK dan TNBB

WWF dan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion bersama mendorong pengawasan areal konservasi melalui pendekatan pengaturan jumlah kunjungan wisatawan.

Kemitraan Konservasi untuk Pembangunan Berkelanjutan di Desa dan Laut

Optimalkan Pengawasan di KKP Sorong Selatan

Laurens Segetmena mengenakan setelan pakaian yang nampak kusut, dengan tas kecil menggantung dibagian belakang. Hari itu, Laurens ditemani beberapa nelayan be

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email