Papua Bagian Utara

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Lanskap

Spesies

CENDERAWASIH

Lanskap Papua Bagian Utara merepresentasikan ekosistem dataran rendah dan hutan pegunungan di bagian utara pulau Papua. Gunung Cycloop adalah bagian dari lanskap ini, sebuah area seluas 22,500 ha yang dirancang sebagai cagar alam. Cagar alam ini terdiri dari lima tipe ekosistem utama yaitu hutan hujan dataran rendah, hutan pegunungan, hutan sekunder, dan padang rumput. Hutan adat telah didirikan seluas 19,000 ha untuk melindungi Cendrawasih Elok (Macgregoria pulchra) yang merupakan satwa endemik wilayah ini. Pelanggaran batas adalah ancaman terbesar di wilayah ini, dan menjaga hutan (area resapan air) sangatlah penting terkait fungsinya sebagai sumber mata air satu-satunya bagi masyarakat di kota-kota terdekat, dan distrik Jayapura termasuk Danau Sentani.

WWF akan mendorong manajemen hutan berkelanjutan dengan pemerintah daerah dan mendukung hutan kemasyarakatan, produk hutan non-kayu, kakao organik, dan inisiatif ekowisata di bawah manajemen berbasis masyarakat. 

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Masyarakat Adat Kampung Asai, Yapen, Papua Sepakat Lakukan Tasamu Raw

Masyarakat adat kampung Asai yang terdiri dari marga Kewari, Abubar, Puari dan Raubia, sepakat melakukan Tasamu Rawanang. Tasamu Rawanang dalam bahasa Asai berarti “Pele Laut” untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Tasamu Rawanang merupakan bentuk konservasi tradisional yang mengakar di budaya masyarakat adat kampung Asai, prakteknya mulai hari ini hingga 22 Juni 2024 masyarakat sepakat menjaga dan tidak mengambil sumber daya alam di lokasi kesepakatan tersebut.

Peresmian Sekolah Lapang untuk Masyarakat Kampung Sawe Suma, Kabupate

Peresmian Sekolah Lapang untuk Masyarakat Kampung Sawe Suma, Kabupaten Jayapura, Papua

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

The Wings of The Baranusa Angel (Sayap Bidadari Baranusa)

Pulau Lapang di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur kerap disebut sebagai “The Wings of the Baranusa Angel” atau Sayap Bidadari Baranusa. Hal

Get the latest conservation news with email