Papua bagian Selatan

Kepulauan

Papua

Lokasi Konservasi

Taman Nasional
Lanskap

Spesies

CENDERAWASIH

Lanskap Papua Bagian Selatan, termasuk distrik Merauke, Mappi, dan Boven Digoel seluas sekitar 9.376 juta ha, sedang mengalami ancaman dari pembangunan berskala besar. Dampak pembangunan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) meluas melampaui Distrik Merauke, sehubungan dengan sebagian besar wilayah sudah lama direncanakan untuk dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit dan hutan tanaman industri (HTI) di Distrik Boven Digoel dan Mappi. Penebangan, pengembangan perkebunan, dan kegiatan agrikultur yang sering dilakukan oleh orang-orang Non-Papua mengancam integritas lanskap secara luas yang karakteristiknya terdiri atas hutan dataran rendah, rawa gambut (termasuk situs Ramsar), mangrove, dan sungai.

Melanjutkan proyek USAID-LESTARI, WWF akan terlibat mengadvokasi praktik pengelolaan terbaik dalam konsensi yang ada, terutama yang berkaitan dengan hak-hak Masyarakat Adat, perencanaan penggunaan lahan, pemetaan masyarakat, dan manajemen sumberdaya berbasis masyarakat. WWF akan mengadvokasi secara aktif pembentukan beberapa area lindung baru di Mappi (perlindungan hidrologi/lahan gambut seluas 501,434 ha, perlindungan sosial-kultural seluas 496,354 ha, dan koridor WABUBI sebagai area ekosistem penting seluas 200,000 ha).

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Pengelolaan Hutan yang Bertanggung Jawab melalui Sistem Sertifikasi Ja

Hutan Indonesia merupakan habitat untuk keanekaragaman hayati unik yang meliputi 12 persen spesies mamalia di dunia, 7,3 persen spesies reptil dan amfibi, serta 17 persen spesies burung di seluruh dunia. Lebih dari itu, hutan juga berkontribusi pada ketersediaan air dan udara bersih yang kita nikmati setiap harinya.

Meningkatkan Produktivitas Kebun Melalui Sekolah Lapang Pertanian Berk

Sejak 2009, WWF-Indonesia telah mulai menyelenggarakan program Sekolah Lapang Pertanian Berkelanjutan yang terinspirasi dari konsep sekolah lapang UNFAO (United Nations Food and Agriculture Organization) yang telah terlebih dahulu dilakukan di Indonesia pada tahun 1989.

FB Live Streaming IPA: Ajakan untuk Generasi Zaman Kiwari Supaya Jaga

Siapa yang bisa hidup tanpa air? Tak ada satu pun makhluk hidup di dunia ini yang bisa hidup tanpa air. Namun kelestarian air yang sangat penting ini sering kita abaikan.

World Café Indoor: Cara Asyik Belajar Tentang Jejak Air

Sekelompok karyawan HSBC nampak memadati stan-stan yang terdapat di HSBC Premier Lounge, Gedung WTC 1, Jakarta. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (16/10) usai jam kerja

LOMBA FOTO “KITA DAN AIR”

LOMBA FOTO “KITA DAN AIR” Periode 1 - September 2018, Periode 2 - February 2019

Peduli Sampah Melalui Kegiatan Mulung Ciliwung

Kegiatan Mulung Ciliwung kembali dilaksanakan WWF-Indonesia, relawan HSBC, Komunitas Ciliwung Depok, beberapa relawan dari komunitas, dan instansi terkait.

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email