Laut Sunda Kecil dan Laut Banda

Kepulauan

Seascape

Spesies

DUGONG
PENYU
MAMALIA LAUT

Wilayah Lesser Sunda berfungsi sebagai rute migrasi dari Samudera Pasifik menuju Samudera Hindia. Wilayah ini sangat penting bagi banyak satwa yang terancam punah, termasuk Paus, Duyung, Penyu, dan Lumba-Lumba. Pembalikan massa air bersuhu rendah di sepanjang garis pantai selatan mendorong tingginya produktivitas primer yang membentuk rantai makanan dasar bagi ikan pelagis besar dan Cetacea, termasuk Paus Biru. Wilayah ini selanjutnya menjadi prioritas konservasi global karena menjadi habitat bagi 76 persen spesies terumbu karang, lebih dari 3,000 spesies ikan, dan berbagai spesies Penyu, Cetacea, Hiu, dan ikan yang terancam punah seperti Ikan Napoleon.

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Rumput Laut Pulau Kangge

Sebagian besar masyarakat Pulau Kangge yang terletak di Kecamatan Pantar Barat Laut, bermata pencaharian sebagai pembudidaya rumput laut.

Desa Seribu Pancing

Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kerap dijuluki sebagai Desa Seribu Pancing.

Reef Check EcoDiver

Hariadi dengan cekatan mencatat jenis-jenis dan kondisi terumbu karang yang ia temui saat menyelam di perairan Karang Tebabinga Derawan, Kalimantan Timur.

The Wings of The Baranusa Angel (Sayap Bidadari Baranusa)

Pulau Lapang di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur kerap disebut sebagai “The Wings of the Baranusa Angel” atau Sayap Bidadari Baranusa. Hal

Kawanan Barakuda

Momen “Barakuda Schooling” ini diabadikan oleh Muhammad Zikri Ulhaq pada Maret 2022

Sang Raja Penghuni Hutan Papua

Hutan Papua adalah rumah yang megah bagi keanekaragaman hayati, salah satunya adalah bagi burung Cenderawasih Raja (Cicinnurus regius).

Get the latest conservation news with email