Laut Selat Makassar dan Laut Sulawesi

Kepulauan

Seascape

Lokasi Konservasi

Laut

Spesies

PENYU
MAMALIA LAUT

Kawasan ekologi Laut Sulawesi/laut Selat Makassar merepresentasikan zona pertemuan antara populasi Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, atau percampuran antara berbagai jenis fauna dari Timur dan Barat Indonesia. Kawasan ini juga menjadi zona berkembang biak bagi sebagian besar populasi downstream. Kawasan ini kaya akan berbagai spesies yang langka dan unik. Kawasan ekologi Laut Sulawesi/laut Selat Makassar memiliki peran integral dalam konektivitas dan persebaran larva melalui "Indonesian Throughflow", tinggi akan kekayaan spesies, dan tingginya representasi keanekaragaman taksonomi dan genetik dari seluruh Indonesia. Kawasan perairan Sulawesi sangatlah penting bagi berbagai spesies Cetacea, terutama Paus Sperma yang berkembang biak di wilayah utara Sulawesi. Kawasan ini juga menjadi sumber makanan penting bagi Penyu dan menjadi koridor migrasi dan koridor migrasi pasca mereka bertelur. 

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Gandeng Pakar Internasional, KKP Urai Ancaman Sampah Laut dan Kebising

Sebagai wujud kolaborasi antara pemerintah dengan pemangku kepentingan terkait, pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Ditjen PRL dengan Yayasan WWF Indonesia.

Membangun Generasi Muda Mandiri yang Siap Pakai dan Berwawasan Konserv

Universitas Papua (UNIPA) bersama dengan Yayasan WWF Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama dalam lima tahun kedepan terhitung tanggal 16 April 2021.

KUMBANG Earth Hour Indonesia 2019: Mari Jaga Bumi!

Kegiatan KUMBANG (Kumpul Belajar Bareng) Nasional Earth Hour kembali diadakan. Tahun ini, KUMBANG Nasional Earth Hour ke-7 dilaksanakan di Resort Bumi Katulampa Bogor, Jawa Barat pada tanggal 10 - 14 Januari 2019.

Memperkuat Kapasitas Nelayan Purse Seine melalui Pelatihan BMP Alat Ta

Alat Tangkap Ikan Jaring Lingkar di perairan Indonesia, salah satunya di Kendari, namun metode ini memiliki potensi bycatch yang tinggi. Mempertimbangkan ini, Yayasan WWF Indonesia melakukan pengembangan dan pelatihan Better Management Practices (BMP) untuk memberikan peningkatan kapasitas dan pemahaman nelayan guna meminimalisir dan memitigasi hal tersebut.

Mangrove Brotherhood: Wadah Pertemuan Pegiat Lingkungan Pinrang

Pada 5 – 6 September 2020, sekitar 280 anak muda berkumpul di Dusun Tanroe, Desa Baba Binanga, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang dalam rangka kegiatan rehabilitasi pesisir dengan menanam 10.000 bibit propagul mangrove jenis Rhizophora sp.

#Race4HuluCiliwung

Kawasan Hulu Ciliwung merupakan salah satu ekosistem penyangga kehidupan di mana banyak makhluk hidup, termasuk manusia bergantung padanya. Ayo ikut bersama kami dalam #Race4HuluCiliwung dan ambil bagian dalam upaya melestarikan salah satu ekosistem kunci ini!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email