Laut Barat Sumatera dan Selatan Jawa

Kepulauan

Seascape

Lokasi Konservasi

Laut

Spesies

HIU DAN PARI
DUGONG

Laut Barat Sumatera dan Selatan Jawa adalah rumah bagi berbagai macam jenis habitat karang di sepanjang pesisir Samudera Hindia, dan keragamannya lebih baik dibandingkan kawasan ekologi Samudera Hindia di negara lainnya. Lokasi ini menjadi habitat penting bagi Penyu, Mega-Mouth Sharks yang status keberadaannya kritis, Duyung, berbagai jenis Paus dan Lumba-Lumba, juga menjadi jalur migrasi bagi beberapa spesies Great Whales. Kawasan ini selanjutnya berfungsi sebagai "reservoir" terumbu karang dengan rentang distribusi terbatas di Samudera Hindia atau bagian-bagiannya, termasuk wilayah Selatan Jawa hingga Lesser Sunda di bagian timur. Wilayah hutan bakau berperan penting sebagai tempat peristirahatan di jalur migrasi berbagai jenis burung. Lokasi yang berpotensi untuk kegiatan konservasi antara lain Pantai Pangumbahan, Selat Sunda/Kepulauan Seribu, dan wilayah Ujung Kulon di sekitar Selat Sunda.

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Memperkuat Kapasitas Nelayan Purse Seine melalui Pelatihan BMP Alat Ta

Alat Tangkap Ikan Jaring Lingkar di perairan Indonesia, salah satunya di Kendari, namun metode ini memiliki potensi bycatch yang tinggi. Mempertimbangkan ini, Yayasan WWF Indonesia melakukan pengembangan dan pelatihan Better Management Practices (BMP) untuk memberikan peningkatan kapasitas dan pemahaman nelayan guna meminimalisir dan memitigasi hal tersebut.

Jalan Berliku Menuju Penetapan Kawasan Konservasi Perairan Taman Pesis

Upaya memberikan perlindungan mangrove, tuntong laut dan udang windu alam di Kabupaten Aceh Tamiang memasuki babak baru. Tantangan ke depan adalah bagaimana memastikan efektifitas pengelolaan KKP3K Taman Pesisir Aceh Tamiang.

Menjaga Habitat Gajah melalui Forum Sahabat Gajah

Menghadapi sekawanan gajah yang berbondong-bondong mendatangi kebun bukan lagi hal baru bagi masyarakat Pemerihan. Desa yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini telah menjadi desa siaga dalam

Masyarakat Adat, Sang "Guru" Pembimbing dalam Memulihkan Hubungan anta

Kita dapat mengambil beberapa pelajaran penting dari penjaga alam terkait hubungan dengan alam, pengetahuan tradisional, dan solidaritas yang memungkinkan mereka membangun komunitas dan kehidupan yang tangguh di wilayah mereka.

Pengelolaan Hutan yang Bertanggung Jawab melalui Sistem Sertifikasi Ja

Hutan Indonesia merupakan habitat untuk keanekaragaman hayati unik yang meliputi 12 persen spesies mamalia di dunia, 7,3 persen spesies reptil dan amfibi, serta 17 persen spesies burung di seluruh dunia. Lebih dari itu, hutan juga berkontribusi pada ketersediaan air dan udara bersih yang kita nikmati setiap harinya.

#Race4HuluCiliwung

Kawasan Hulu Ciliwung merupakan salah satu ekosistem penyangga kehidupan di mana banyak makhluk hidup, termasuk manusia bergantung padanya. Ayo ikut bersama kami dalam #Race4HuluCiliwung dan ambil bagian dalam upaya melestarikan salah satu ekosistem kunci ini!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email